Film Leo, Masa Transisi Anak ke Remaja yang Sering Terlupakan

Review Film Leo
Share

digitalMamaID – Adam Sandler kembali terlibat sebagai pengisi suara animasi. Kali ini di film Leo. Film komedi musikal yang sangat hangat. Mama yang memilki anak usia pra remaja wajib nonton!

Poster Film Leo
Poster Film Leo
  • Judul : Leo
  • Rilis : 2023
  • Rating usia : 7+ (BO)
  • Durasi : 102 menit
  • Tayang di : Netflix
  • Pengisi suara : Adam Sandler,¬†Bill Burr, Cecily Strong
  • Produksi : Happy Madison Productions

Siapa sih yang tidak kenal dengan Adam Sandler? Penikmat film komedi romantis tentu mengenal aktor satu ini. Sandler sangat terkenal dengan film-film komedi romantisnya yang selalu dimainkan dengan totalitas. Di antara sekian banyak film yang dimainkannya, sebut saja yang paling popular seperti 50 First Dates (2004), Click (2006), Murder Mistery 1 (2019), Murder Mistery 2 (2023). Selain film, Sandler juga banyak mengisi suara di film animasi komedi populer seperti Hotel Transylvania (2012), Hotel Transylvania 2 (2015), Hotel Transylvania 3 (2018). Akhir tahun kemarin, Sandler kembali lagi mengisi suara di film animasi musikal untuk keluarga berjudul Leo yang tayang di Netflix.

Sinopsis Film Leo

Leo adalah film animasi musikal bergenre komedi besutan sutradara Robert Marianetti, David Smigel dan David Wachtenheim yang rilis akhir 2023. Film yang diproduseri oleh Adam Sandler ini juga menampilkan Adam Sandler sebagai pemeran utama bernama Leo, seekor kadal tua peliharaan kelas 5 sebuah sekolah dasar yang mempunyai rahasia dengan anak-anak di kelas itu. Di film ini Sandler membawa putri-putrinya untuk mengisi suara juga. Benar-benar film keluarga ya, Mama!

Leo diceritakan sebagai kadal tua sekarat yang dipelihara berpuluh-puluh tahun di sekolah dasar Fort Myers. Ia yang sudah tua melewati banyak generasi di sekolah itu, sampai akhirnya dia tiba di tahun 2023 dengan usia lanjut. Leo yang hidup di sebuah kandang berlapis kaca bersama seekor kura-kura tua bernama Squirtle (Bill Burr) sering mengobrol soal murid-murid sekolah, mereka sangat hapal dengan karakter masing-masing anak karena setiap hari memperhatikannya dari dalam kandang. Leo mempunyai mimpi untuk keluar kandang dan bercita-cita untuk mati di alam bebas. Sampai akhirnya, cita-citanya hampir tercapai!

Di kelas yang Leo tinggali, wali kelas Mrs Salinas (Allison Strong) akan cuti hamil, dan harus digantikan dengan Ms Malkin (Cecily Strong), guru tua yang galak kepada anak-anak. Keseruan pun dimulai! Ms Malkin adalah tipe guru yang ditakuti anak-anak. Ia sangat disiplin, senang memberi tugas yang banyak, termasuk memberi tugas untuk anak-anak agar bergantian mengurus binatang peliharaan kelas di rumah masing-masing anak.

Summer (Sunny Sandler) adalah anak pertama yang memberanikan diri untuk membawa Leo ke rumah. Summer adalah siswi pintar dan cerewet sehingga banyak temannya yang tak nyaman. Saat membawa Leo ke rumah Summer, mereka menjadi akrab karena Leo ternyata menyenangkan. Apakah hal yang membuat Leo menyenangkan?

Keesokan harinya Summer memohon kepada Ms Salinas agar boleh membawa lagi Leo ke rumah. Tapi, tentu ia harus bergantian dengan anak-anak yang lain. Akhirnya seluruh anak bergantian sampai berebut untuk membawa Leo pulang ke rumah masing-masing. Kepada anak-anak di kelas, Ms Salinas memberi tugas membuat proyek akhir saat pameran sekolah. Dia menargetkan agar anak-anak memenangkan lomba proyek antar kelas itu agar mendapatkan hadiah jalan-jalan bersama. Untuk menggapai tujuan itu, anak-anak bekerja sama, namun dibarengi kekecewaan terhadap Leo. Lalu, apakah anak-anak memenangkan proyek tersebut? Dan apa yang membuat anak-anak kecewa dengan Leo?

“Guys, you don’t have to be afraid of change. Change is a beautiful part of life,” Ms. Salinas.

Transisi pra remaja

Film dengan tema anak-anak pra remaja ini sangat seru ditonton oleh anak usia 7 tahun ke atas. Baiknya film ini ditonton dengan pendampingan orang tua karena banyak bagian yang akan anak tanyakan atau terkesan sedikit nakal karena memang tema yang diangkat adalah transisi anak pra remaja. Seperti perubahan fisik, pikiran-pikiran usil anak-anak dan lainnya.

Leo sebagai kadal tua sekarat ini adalah refleksi untuk orang tua yang sedang memiliki anak pra remaja. Anak di usia pra remaja mengalami banyak perubahan baik secara fisik dan emosi. Mereka tidak bisa dibilang anak-anak lagi, tapi juga belum remaja. Leo yang digambarkan sebagai kadal tua yang senang mendengarkan anak adalah ajakan bagi kita agar menjadi teman sekaligus orang tua yang akrab dengan anak seperti teman tapi juga bisa memberi nasehat seperti orang tua.

Selain itu, ada mimpi Leo juga Ms Salinas yang menggambarkan bahwa mimpi tak terbatas oleh usia. Film komedi musikal yang sangat hangat ini cocok mama tonton akhir pekan ini. Yuk, Mama kita tonton Leo bareng dengan anak-anak! [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *