5 Rekomendasi Variety Show Korea, Cocok untuk Self Healing

Ilustrasi variety show Korea
Share

digitalMamaID – Bukan hanya terkenal dengan drama dan budaya pop saja, industri hiburan Korea juga terkenal dengan variety show yang seru dan matang dalam setiap pembuatannya. Variety show Korea selalu berhasil mengeksekusi ide sederhana menjadi tayangan yang menarik. Hadir dengan skala yang tidak main-main, melibatkan puluhan hingga ratusan kru.

Dari banyaknya genre variety show yang ada. Kali ini digitalMamaID merangkum lima variety show Korea yang cocok untuk self healing. Cocok untuk menemani jeda di sela-sela aktivitas Mama yang rasanya nggak pernah beres, ya? Berikut rekomendasinya!

1. Europe Outside Your Tent

Variety show Korea Variety show Korea Variety show Korea

Sumber Foto: Mydramalist.com

Europe Outside Your Tent merupakan program variety show perjananan empat orang aktor di beberapa negara Eropa dengan cara berkemah. Sebelumnya di musim pertama, aktor Yoo Hae Jin, Jin Sun Kyu, Park Ji Hwan dan Yoon Kyu Sang melakukan perjalanan ke Swiss dan Italia. Musim kedua aktor Jo Jin Woong, Choi Won Young, Park Myung Hoon dan Kwon Yool melakukan perjalanan di Spanyol. Kemudian di musim ketiga dengan cast yang sama di musim pertama kembali melakukan perjalanan ke Norwegia.

Mereka menggunakan mobil sewaan dalam setiap perjalanan dari satu kota ke kota lain, bahkan dari satu negara ke negara lain untuk mencari perkemahan, terkadang mereka pun berjalan kaki ala-ala backpacker melewati kebun atau melewati gang-gang kecil sambil menikmati pemandangan-pemandangan alam yang luar biasa indah. Mereka pun memasak dengan bahan-bahan seadanya yang mereka bawa sendiri dari Korea atau beli di minimarket terdekat.

Nah, di musim keempat kali ini Outside Your Tent kembali hadir dengan formasi yang agak berbeda, kali ini menampilkan empat orang aktris berbakat yaitu Ra Mi Ran, Han Ga In, Jo Bo Ah dan Ryu Hye Young. Mereka kali ini akan melakukan perjalanan ke Selatan Prancis. Seperti apa ya perjalanan seru mereka? Episode perdananya sudah bisa kita tonton loh mulai Minggu kemarin, 18 Februari 2024 di TVN.

2. Unexpected Business

Variety show Korea

Sumber Foto: Mydramalist.com

Unexpected Business adalah program variety show mengelola bisnis tidak terduga milik seseorang, yang semasa hidupnya hampir tidak pernah bisa berlibur karena terus bekerja menjaga tokonya. Menampilkan aktor kawakan Cha Tae Hyun dan Jo In Sung yang baru pertama kali tampil di acara varietas. Mereka berdua akan mengelola bisnis tersebut selama 10 hari kedepan, dengan bantuan teman-teman selebriti sebagai pekerja part time.

Dalam musim pertama, mereka mengelola warung kelontong kecil milik seorang lansia di daerah Provinsi Gangwon. Musim kedua, mereka mengelola toko swalayan yang cukup besar di pedesaan Naju, Provinsi Jeolla Selatan. Musim kedua dinilai paling menarik karena hadirnya Kim Woo Bin yang sudah lama hiatus akibat pengobatan kanker nasofaring pada tahun 2017 lalu. Juga hadirnya Lee Kwang Soo dan geng Brother Squad-nya, sampai kehadiran Kim Hye Soo, aktris veteran kebanggan Korea.

Terakhir musim ketiga yang baru saja selesai tayang di 1 Februari lalu, kali ini mereka mengelola toko swalayan di Monterey, kota pelabuhan di California tengah, Amerika Serikat. Sayangnya musim kali ini banjir kritikan karena isu kebersihan dalam pembuatan kimbap dan penjualan kimbap yang tidak pernah tercapai yaitu 300-400 perhari. Serta Jo In Sung dan Cha Tae Hyun yang dinilai sering terlihat mengobrol dengan pelanggan

Tapi walaupun begitu, daya tarik program ini selain karena pelayanan yang ramah, dan mie kepiting salju andalan Jo In Sung, yang membuat acara ini tidak membosankan adalah  komunikasi duo aktor hebat ini dengan warga setempat yang terlihat begitu hangat dan akrab.

3. Genius Paik

Variety show Korea

Sumber Foto: Mydramalist.com

Variety show Korea ini menantang Baek Jong Won untuk membangun bisnis restoran di sebuah negara yang dirahasiakan. Pada musim pertamanya Baek Jong Won dengan timnya yaitu aktor Lee Jang Woo, Yuri ‘SNSD’, John Park dan BamBam ‘Got7’, awalnya mereka diterbangkan ke Maroko dan ditantang membuka kedai makanan di pasar malam Jemaa el-Fnaa bersaing dengan 150 kedai lainnya. Namun, syuting tidak berjalan lancar karena isu soal kehalalan makanan. Maroko sendiri merupakan negara mayoritas muslim.

Akhirnya Baek Jong Won pindah ke Napoli, Italia, yang terkenal sebagai tempat kelahiran pizza margherita, espresso, pasta, keju dan orang Italia sendiri terkenal sangat bangga dengan budaya makanan mereka. Disini mereka harus menjalankan restoran Korea, bernama ‘Baekbanjip’. Banyak tantangan yang dihadapi, namun Baek Jong Won yang mahir dalam menganalisa bisnis, menciptakan menu selalu berhasil membalikkan keadaan. Ia cepat dalam mencari solusi dan selalu bersikap tenang dalam keadaan apapun.

Musim kedua Genius Paik kembali hadir di kota San Sebastian, Spanyol. Kota yang terkenal memiliki kuliner terbaik dan punya restoran-restoran 16 bintang Michellin setiap radius 15 mil (25 km). Kali ini Baek Jong Won harus membuka dua cabang sekaligus, berupa restoran ‘Bantxu’ dan kedai makanan ringan. Tim pun bertambah dengan kehadiran aktor Lee Kyu Hyung, Hyo Yeon ‘SNSD’, Fabrizio Ferrari (koki Italia) dan Eric ‘The Boyz’.

Episode terakhir mereka tayang pada 4 Februari 2024 lalu, dengan 14 episode kita akan disuguhkan dengan berbagai tampilan menu khas Korea, yang tentunya bikin ngiler ya..

4. Youn’s Stay

Variety show Korea

Sumber Foto: Mydramalist.com

Sukses dengan Youn’s Kitchen selama dua musim di Gili Trawangan (Indonesia) dan Garachico (Spanyol), kali ini Na PD membuat Youn’s Stay yaitu penginapan khusus untuk ekspatriat yang sedang bermukim di Korea. Masih sama dengan sebelumnya acara ini menampilkan aktris veteran Yoon Yuh Jeong sebagai manajer, Lee Seo Jin, Jung Yu Mi, Park Seo Jun, dan Choi Woo Shik.

Penginapan Youn’s Stay sendiri berada di Gurye, Provinsi Jeolla Selatan. Mereka menggunakan Hanok, rumah khas tradisional masyarakat Korea Selatan yang dilengkapi sistem pemanas ondol. Ondol yaitu sistem pemanasan dengan membuat sebuah lorong (gudeul) di lantai ruangan. Ada tiga penginapan di dalamnya, yaitu Mi, Seon dan Jin. Ketiganya dipercaya sudah berdiri selama 200 tahun.

Selain mengelola penginapan, mereka juga menyediakan akomodasi menuju penginapan dan menjamu para tamu dengan berbagai makanan tradisional Korea. Hidangan-hidangan tersebut dibuat secara langsung oleh para cast. Mulai dari Bugak, Tteokgalbi, Dakgangjeong dan Tteokbokki Gungjung.

Program ini tayang ketika pandemi covid 2021, dengan 12 episode yang sangat menarik dengan suguhan pemandangan yang indah dan skill memasak Jung Yu Mi dan Park Seo Jun  yang mirip chef bintang 5. Youn’s Stay wajib jadi list variety terbaik.

5. Korean Hostel in Spain

Variety show Korea

Sumber Foto: Mydramalist.com

Lagi-lagi besutan Na PD, acara yang menampilkan cast Three Meals A Day, Cha Seung Won, Yoo Hae Jin dan Bae Jung Nam ditantang untuk mengelola alburgue di Villafranca del Bierzo, Spanyol selama 10 hari. Alburgue adalah dorm besar yang bisa menampung banyak orang, rata-rata dengan bed bertingkat, dilengkapi kamar mandi dan wastafel serta makanan dengan harga terjangkau.

Alburgue disediakan untuk para peziarah yang melakukan perjalanan 800 km ke Camino de Santiago de Compostela. Camino dalam bahasa Spanyol adalah jalan kaki. Sedangkan Santiago adalah nama kota di Spanyol. Santiago de Compostela adalah nama katedral di Kota Santiago yang akan menjadi tujuan akhir para peziarah.

Kenapa jalan kaki? Menurut sejarah kekristenan, seorang tokoh terkenal bernama Yakobus meninggal dan jasadnya dibawa oleh para pengikutnya dari Yerusalem menuju Santiago dengan berjalan kaki. Sejak saat itu para peziarah ramai mengunjungi makan Yakobus di Santiago de Compostela.

Tapi seiring terkenalnya rute ini, kini bukan hanya peziarah tapi orang-orang dari seluruh dunia berjalan di rute tersebut dengan alasan kesehatan atau healing. Rutenya sendiri bukan hanya satu, tapi tersebar dari beberapa penjuru dunia, ada yang dari Perancis, Portugis, dan beberapa titik di Spanyol.

Disini Cha Seung Won sebagai chef utama selalu dengan murah hati membuat makanan enak dengan porsi yang banyak. Para peziarah sampai dibuat kagum dengan pelayanan dan kebersihan alburgue Korean Hostel ini. Program ini tayang pada tahun 2019, dan ini wajib masuk list tontonan variety show Mama, karena Camino de Santiago bukan hanya perjalanan ziarah semata tapi lebih dari itu, perjalanan ini lebih ke terapi self healing. Banyak pemandangan indah dan motivasi luar biasa dari orang-orang hebat yang memutuskan melakukan perjalanan ini.

Adakah yang sudah masuk di daftar tontonan, Mama? [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *