Drakor Welcome to Samdalri: Haenyeo Tangguh Hingga Persahabatan Tulus

Drakor Welcome to Samdalri
Share

digitalMamaID – Drakor Welcome to Samdalri baru saja tamat. Tidak hanya kisah yang memikat, fakta-fakta di balik drakor ini juga menarik disimak.

Bagi pecinta drakor, serial 16 episode yang tayang di Netflix ini sangat membekas. Duet aktingaktor papan atas, Ji Chang Wook (sebagai Jo Young Pil) beradu akting dengan Shin Hye Sun (sebagai Cho Samdal) berhasil membuat penonton gagal move on.

Sinopsis cerita

Drakor Welcome to Samdalri bercerita tentang Cho Sam Dal yang merantau dari tempat kelahirannya di Samdalri, Jeju. Ia pindah ke Seoul untuk mewujudkan mimpinya menjadi seorang fotografer.

Di Seoul, Cho Sam Dal mengenalkan diri sebagai Cho Eun Hye. Ia pun berhasil menjadi fotografer terkenal.

Singkat cerita, anak magang yang bekerja dengan Cho Eun Hye membuat berita hasutan ke media di Seoul. Ia mengarang cerita bahwa dirinya dirundung habis-habisan oleh Cho Eun Hye. Mentalnya hancur hingga nyaris bunuh diri.

Cho Eun Hye yang saat itu hendak mengadakan pameran fotografi sampai batal. Keadaan memaksanya untuk kembali ke Samdalri dan kembali menjadi Cho Sam Dal.




Baca juga Drakor Gyeongseong Creature, Spoiler Alert

Fakta menarik

Selain alur cerita yang ringan dan menghibur, drakor Welcome to Samdalri juga mengangkat beberapa fakta yang menarik, loh! Berikut fakta-faktanya:

Haenyeo sebagai simbol kekuatan di pulau Jeju

Ibu Cho Sam Dal diceritakan sebagai haenyeo. Haenyeo sendiri berarti “wanita laut”. Mereka adalah perempuan-perempuan penyelam di Pulau Jeju yang mengambil hasil laut untuk dijual.

Hanyeo dapat menyelam 5-20 meter di bawah laut tanpa bantuan alat sama sekali. Mereka bisa menahan napas hingga 2 menit. Dikutip melalui laman resmi Visit Jeju, para penyelam ini dulunya dilakukan oleh perempuan dan laki-laki. Setelah beberapa lama kegiatan ini dilakukan hanya oleh wanita, sedangkan lelakinya mengurus rumah atau berkegiatan lain.

Selain dari drakor Welcome to Samdalri, potret haenyeo Pulau Jeju juga bisa dilihat di drakor drakor Our Blues. Di drakor tersebut, haenyeo jelas ditampilkan sebagai simbol kehidupan matriarki di Pulau Jeju. Kehidupan masyarakatnya didominasi oleh para perempuan. Pantas saja, di drakor Welcome to Samdalri yang punya banyak suara bahkan yang menentukan wilayahnya boleh diadakan tempat hiburan itu dari kelompok haenyeo alias grupnya ibunya Cho Sam Dal.

Para aktor senior mengenakan baju haenyeo asli

Karakter para hanyeo di drakor Welcome to Samdalri ini tidak hanya diperlihatkan satu dua kali saja. Hampir seluruh episode dalam drama ini, ada cerita mengenai hanyeo. Untuk itu para aktor senior benar-benar menggunakan baju hanyeo asli yang digunakan untuk menyelam. Dive suit ala haenyeo ini terbuat dari bahan yang cukup tebal dan ketat. Selain itu juga dibuat tahan air sehingga membuat kulit sulit bernafas.

Shi Hye Sun melalui kanal YouTube K Content Voyage mengungkapkan rasa terkesannya ketika para aktor mengenakan baju selam ala haenyeo ini. “Pasti panas ya pakai baju itu,” ucapnya berkomentar kepada Ji Chang Wook yang turut hadir di kanal tersebut. Ia benar-benar takjub karena para pemain senior masih dapat tersenyum dan tertawa saat mengenakan kostum itu.

 

Baca juga Drakor Daily Dose of Sunshine

Mengambil foto dari Instagram Shin Hye Sun

Di awal-awal episode, ketika Cho Sam Dal diceritakan dituduh menjadi pelaku bullying, ada adegan dimana media mengunggah foto yang ada di media sosialnya Cho Sam Dal yang saat itu dikenal sebagai Cho Eun Hye. Ternyata foto tersebut memang asli dari Instagram Shin Hye Sun. Melalui kanal YouTube K Content Voyage berjudul [Jep-foiler] Welcome to Samdalri Cast Commentary (ep. 1-2) | Ji Changwook x Shin Hyesun Ji Changwook tekejut saat melihat episode yang tayang dan memperlihatkan scene bocornya media sosial Cho Eun Hye oleh para wartawan. “Wah foto itu dari instagram asli aku,” ucap Hye Sun sambil tertawa. “Serius?,” ucap Ji Chang Wook.

 

Baca juga Drakor Missing: The Other Side, Seru dan Bikin Penasaran

Cerita tentang persahabatan yang tulus

Cerita lainnya yang menarik perhatian para penikmat K-drama di drakor Welcome to Samdalri adalah mengenai kisah persahabatan Cho Sam Dal dan kawan-kawannya yang sangat loyal. Persahabatan mereka sangat lucu, menghibur, dan cukup hangat. Sahabat Cho Sam Dal bahkan yang menjadi alasan Cho Sam Dal kembali ceria setelah insiden kasus anak didiknya yang menghasut media di Seoul.

Ketika Cho Sam Dal dirundung oleh netizen Korea, sahabat-sahabatnya ini membantu memikirkan bagaimana caranya agar namanya bisa bersih kembali. Bahkan temannya  nekat menghancurkan kamera wartawan yang hendak meliput kegiatan privat Cho Sam Dal di rumahnya. 

Jika Mama mencari drakor yang hangat juga menghibur, Welcome to Samdalri bisa menjadi alternatif tontonan saat senggang. Selamat menonton! [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *