Produk Digital yang Membantu Aktivitas Mama

Ilustrasi porduk digital yang membantu aktivitas sehari-hari/Foto: BlackSalmon/Getty Images
Share

digitalMamaID – Gaya hidup masa kini sangat erat dengan dukungan teknologi. Dari bangun tidur sampai tidur lagi, perangkat digital dan internet memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Mama bisa menggunakan berbagai produk digital yang membantu meringankan berbagai aktivitas Mama, mulai dari berkomunikasi, menyelesaikan pekerjaan, hiburan, sampai belanja!

Gaya hidup digital konon dapat memberikan dampak buruk bagi manusia. Namun layaknya mata pisau, jika digunakan untuk kebaikan, maka kebaikan jugalah yang akan didapatkan.

Dampak transformasi digital

Salah satu perubahan terbesar yang dibawa oleh gaya hidup digital adalah mengubah cara kita berkomunikasi. Dengan kemajuan teknologi, komunikasi menjadi lebih cepat, mudah, dan murah. Aplikasi pesan instan, media sosial, dan email memungkinkan kita berhubungan dengan siapa saja di seluruh dunia dalam hitungan detik. Telekonferensi dan video call juga telah mengubah cara kita bekerja dan berinteraksi, menghapus batasan geografis dan waktu.

Teknologi digital juga mengubah dunia kerja secara signifikan. Konsep kantor tradisional perlahan bergeser ke arah kerja jarak jauh dan fleksibel. Perangkat lunak kolaborasi dan alat manajemen proyek memungkinkan tim bekerja bersama secara efisien meskipun berada di lokasi yang berbeda. Selain itu, munculnya platform freelance dan gig economy memberikan peluang kerja baru yang lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan individu.

Bidang pendidikan tak luput dari pengaruh digitalisasi. Pembelajaran online dan e-learning menjadi semakin populer, memungkinkan akses pendidikan yang lebih luas dan fleksibel. Siswa dapat belajar dari mana saja dan kapan saja, dengan berbagai sumber daya digital yang tersedia. Platform pendidikan online seperti Coursera, edX, dan Khan Academy menyediakan kursus dari institusi ternama di seluruh dunia.

Hiburan dan konsumsi media juga mengalami perubahan. Streaming musik dan video, game online, dan media sosial menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Netflix, Spotify, YouTube, dan platform sejenisnya menawarkan berbagai konten yang bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja. Ini memberi pengguna kebebasan untuk memilih apa yang ingin mereka konsumsi tanpa batasan waktu dan tempat.

Tantangan dan risiko

Namun, gaya hidup digital juga membawa tantangan dan risiko. Ketergantungan pada perangkat digital dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti mata lelah, gangguan tidur, dan gaya hidup sedentari. Selain itu, masalah privasi dan keamanan data menjadi perhatian utama, mengingat banyaknya informasi pribadi yang disimpan dan dibagikan secara online. Cyberbullying dan kecanduan internet juga merupakan risiko yang perlu diwaspadai.

Meski ada tantangan, manfaat gaya hidup digital tidak bisa diabaikan. Teknologi digital meningkatkan efisiensi dan produktivitas, memungkinkan akses informasi yang cepat, serta membuka peluang baru di berbagai bidang. Inovasi terus berkembang, menciptakan solusi untuk masalah sehari-hari dan memberikan kenyamanan yang belum pernah ada sebelumnya.

Produk digital yang membantu aktivitas

Produk digital bisa bermacam bentuk, misalnya berupa aplikasi dan channel YouTube. Berikut beberapa rekomendasi produk digital yang membantu Mama menjalani berbagai aktivitas sehari-hari.

  1. Calm

Aplikasi Calm
Aplikasi Calm

Calm adalah aplikasi mindfulness untuk pemula dan penggemar meditasi. Calm membantu pengguna untuk menemukan ketenangan batin dan mengatasi stres dalam hidup. Fitur di aplikasi Calm ada banyak dan lengkap untuk menjadi panduan meditasi dan hidup berkesadaran. Terdapat juga panduan meditasi, relaksasi sebelum tidur, musik yang menenangkan dan podcast seputar mindful living.

  1. Diary Ku

Aplikasi Diary Ku
Aplikasi Diary Ku

Diary Ku adalah aplikasi buku harian digital yang dapat diakses meski tidak tersambung dengan internet. Berisi kertas kosong yang bisa dihiasi sesuai kebutuhan dan perasaan pengguna. Pengguna dapat menuliskan kejadian harian berupa refleksi atau apapun yang di alami selama satu hari.

  1. Yoga with Adriene

Adriene adalah seorang instruktur yoga yang membagikan video edukasi yoga di platform YouTube miliknya. Gerakan yoga yang diajarkan Adriene cocok untuk pemula maupun orang yang sudah pernah belajar atau melakukan yoga sebelumnya.

  1. Bacasuara

Kalau kamu orang yang suka baca buku, namun tidak ada waktu untuk membaca, atau kamu orang yang senang mendengar podcast buku, maka Bacasuara adalah channel yang tepat untuk kalian kunjungi. Mengetahui isi buku tidak lagi hanya bisa didapatkan dari membacanya saja, namun bisa juga didapatkan dari apa yang orang lain bacakan.

  1. Get Sleepy

Get Sleepy berisi cerita dongeng pengantar tidur yang disertai musik-musik lembut yang menenangkan. Cerita yang dituturkan pendongeng di Get Sleepy merupakan cerita berbahasa Inggris.

Gaya hidup digital telah mengubah cara hidup kita. Penggunaan produk digital bisa membawa manfaat besar sekaligus tantangan yang perlu diatasi. Dengan memahami dan mengelola dampak teknologi digital, kita dapat memanfaatkan keuntungan yang ditawarkannya sambil meminimalkan risikonya. Di era modern ini, menjadi adaptif dan bijak dalam menggunakan teknologi adalah kunci untuk meraih manfaat maksimal dari gaya hidup digital.[*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bingung cari konten yang aman untuk anak?
 
Dapatkan rekomendasi menarik dan berikan pendapatmu di Screen Score!
Ilustrasi melatih anak bicara/Bukbis Ismet Candra Bey/digitalMamaID