10 Barang Terbaik Kebutuhan Newborn

Ilustrasi kebutuhan newborn
Share

digitalMamaID – Menyambut kelahiran bayi merupakan momen spesial bagi seorang ibu. Rasanya tidak ada satupun yang bisa menggambarkan rasa syukur dan bahagianya momen itu. Rasanya, semua kebutuhan newborn harus terpenuhi.

Walau akan ada malam-malam berat tanpa tidur, tangisan sepanjang hari, kelelahan. Tapi semua itu akan sirna ketika melihat tumbuh kembangnya yang sehat. Setuju kan, Mama?

Merawat newborn perlu perhatian ekstra karena, di usianya dari 0 sampai 4 bulan masih sangat rentan dengan berbagai penyakit. Ia juga masih beradaptasi dengan dunia barunya. Untuk itu berbagai barang untuk kebutuhan newborn harus Mama siapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Tentu saja tidak perlu Mama beli semua, bisa disiati dengan menyewa atau menerima lungsuran dari sanak saudara.

Berikut barang-barang yang perlu Mama persiapkan untuk kebutuhan newborn:

1. Pompa elektrik (Spectra H1 Premium – Wearable Electric Breastpump)

Barang kebutuhan newborn

Newborn sudah bisa diberi ASI (Air Susu Ibu) dalam beberapa jam setelah lahir. Ini merupakan makanan penting pertamanya yang dianjurkan. Namun, terkadang bayi belum bisa menghisap secara langsung, begitupun dengan Mama yang belum bisa mengeluarkan ASI karena berbagai faktor. Untuk itu, pompa elektrik menjadi pilihan yang tepat bagi Mama untuk dapat mengASIhi si kecil secara maksimal. Temukan pompa ASI terbaik di sini!

2. Kursi bayi (Nuna Leaf Curv Bouncer)

Barang kebutuhan newborn

Adakalanya lelah terus menggendong bayi atau saat Mama perlu mengerjakan sesuatu. Tidak ada salahnya untuk rehat sejenak dan membaringkan si kecil di kursi bayinya, sambil menemani aktivitas harian Mama. Gerakan lembut kursi bayi yang berayun akan membuatnya nyaman dan lama-kelamaan akan tertidur pulas. Intip produknya di sini.

3. Botol susu (Dr Brown’s 5oz Glass Wide-Neck “Options+”)

Barang kebutuhan newborn

Tidak semua ibu dapat melakukan Direct Breastfeeding (DBF), misalnya ibu pekerja. Untuk itu, Mama wajib memiliki beberapa botol susu untuk menyimpan ASIP. Karena, newborn bisa menyusu sekitar 8 sampai 12 kali dalam sehari. Botol susu kaca diyakini lebih aman dan punya ketahanan seumur hidup. Sedangkan botol susu dari plastik polikarbonat tahan hingga 4 sampai 6 bulan saja. Inikah botol yang Mama cari?

4. Sterilizer (OONEW Digital Steam Sterilizer and Dryer)

Apakah Mama termasuk yang masih sering mencuci botol susu lalu merebusnya di air mendidih? Ternyata proses ini kurang baik jika dilakukan terus-menerus karena, kandungan plastik polikarbonat pada botol susu biasa bisa melepaskan senyawa BPA (Bisphenol-A) yang tentu berdampak negatif pada kesehatan. Sebaiknya Mama mulai beralih menggunakan steamer atau sterilizer sebagai pilihan untuk mensterilkan botol susu si kecil. Lihat detailnya di sini, ya!

5. Mesin pembuat susu formula (Burabi Milk Maker)

Barang kebutuhan newborn

Jika Mama ingin beralih ke susu formula karena satu dan lain hal, pastikan takarannya sesuai. Sebab pembuatan susu formula yang terlalu encer atau terlalu kental akan berpengaruh untuk si kecil yang masih sensitif. Mulai dari sembelit, dehidrasi, keracunan air, hingga keterlambatan perkembangan. Sebaiknya, Mama menggunakan mesin pembuat susu formula. Selain mempermudah pekerjaan juga membantu Mama anti gagal  dalam membuat susu karena takaran, temperatur sudah dihitung dan disesuaikan oleh smart device ini sesuai merk susu formula yang digunakan. Tertarik? Lihat di sini!

6. Box bayi (Joie Travel Cot Kubbie Sleep)

Newborn menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Rata-rata bayi baru lahir menghabiskan 17 jam untuk tidur setiap harinya. Jadi pastikan si kecil tidur di tempat yang aman dan nyaman. Jika Mama ingin tidur berdampingan dengan si kecil tanpa mengganggu ruang geraknya, box bayi bisa menjadi pilihan. Selain ringkas dan mudah dipindahkan, ini juga aman karena dikelilingi sekat atau pagar. Berminat?

7. Pacifier ( Brown’s HappyPaci Silicone Pacifier)

Penggunaan pacifier atau empeng memang masih pro dan kontra. Ada sebagian orang tua yang khawatir bayi menjadi bingung puting atau struktur gigi bayi berubah menjadi tonggos. Tapi kenyataannya, pacifier cukup penting untuk memenuhi kebutuhan oral mulut bayi dan juga naluri bayi untuk menghisap. Selain itu, pacifier pun dipercaya menurunkan risiko bayi terkena Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau sindrom kematian mendadak. Jadi tidak ada salahnya jika Mama sesekali menggunakan pacifier untuk si kecil. Temukan produk terbaiknya di sini.

8. Stroller sekaligus car seat (Babydoes 2249 Drivers+Ts Compact Stroller)

Jika Mama ingin berpergian bersama dengan newborn untuk imunisasi pertamanya atau sekedar healing, sebaiknya membawa kereta dorong. Ini lumayan membantu meringankan pekerjaan Mama, apalagi kereta dorong punya tempat penyimpanan untuk barang bawaan Mama. Tinggal sesuaikan saja posisi kursi berbaring untuk new born, karena ia belum bisa menopang kepala dan duduk sempurna. Pilih kereta dorong dengan rem yang praktis sehingga aman melewati jalan menanjak dan menurun. Banyak pilihan stroller di pasaran, Mama bisa pilih yang sesuai dengan kebutuhan, dengan harga bersaing bahkan kita bisa mendapatkan stroller sekaligus car seat.

9. Calming baby cream (Buds Organics Calming Rub Cream Jar 30 ml)

Based on a true story, krim ini memang ajaib untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat kembung atau kolik. Pernah memiliki pengalaman bayi dengan kolik itu luar biasa melelahkan, karena tiap kali tidur pasti menangis, tidak nyaman, bisa tidur jika digendong terus-menerus. Rasanya mimpi buruk. Sampai akhirnya, lewat cerita dari mulut ke mulut, bertemulah dengan krim ajaib ini. Setelah secara rutin digunakan, perlahan-lahan bayi menjadi lebih rileks dan tidur lebih pulas. Krim ini juga dapat digunakan untuk meringankan gejala flu atau sekedar untuk menghangatkan tubuh si kecil.

10. Gendongan (Gemu Baby Gendongan Instan Geos Busa Gen 2 Premium+)

Menggendong bayi tentu banyak manfaatnya, selain menenangkan juga untuk bonding antara ibu dan anak. Tapi, menggendong new born bukanlah perkara mudah, karena tulang antara leher dan kepala yang belum kuat, Mama harus ekstra hati-hati dalam menentukan posisi. Pemilihan gendongan juga menjadi perhatian utama karena bahan yang nyaman membuat bayi lebih rileks.

Barang-barang kebutuhan newborn di atas hanyalah beberapa rekomedasi. Keputusan membeli selanjutnya ada di tangan Mama. Mama bisa mencicil barang-barang yang dibutuhkan mulai dari sekarang. Siapkan budget sesuai kebutuhan dan data-data barang yang benar-benar Mama butuhkan. Sebaiknya beli barang yang bisa digunakan turun menurun. Persiapkan juga mental Mama dan support system di sekeliling Mama. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bingung cari konten yang aman untuk anak?
 
Dapatkan rekomendasi menarik dan berikan pendapatmu di Screen Score!
Ilustrasi melatih anak bicara/Bukbis Ismet Candra Bey/digitalMamaID