Fitur Baru TikTok: Pembatasan Penggunaan untuk Anak-anak

Fitur baru TikTok
Share

digitalMamaID – Aplikasi media sosial TikTok meluncurkan sejumlah fitur baru yang pastinya jadi kabar gembira untuk para orang tua. Salah satunya membatasi penggunaan aplikasi untuk anak-anak dan remaja. 

Pembatasan screen time ini akan berlaku bagi mereka yang berusia di bawah 18 tahun. Orang tua juga punya otoritas buat ngatur langsung penggunaan aplikasi ini bagi anak-anaknya. 

Apa aja nih fitur baru TikTok ini? Dan gimana cara mengaktifkannya? Kita akan bahas semuanya di sini. 

Pembatasan screen time untuk anak

Dalam rilis resminya, TikTok mengumumkan bahwa pengguna di bawah 18 tahun akan otomatis punya pembatasan pemakaian aplikasi hingga 60 menit setiap harinya. Jika screen time sudah melampaui 1 jam, maka pengguna harus memasukkan login kembali dengan password yang sudah dipilih ketika membuat akun. 

Sama halnya dengan mereka yang masih berusia di bawah 13 tahun. Pembatasan penggunaan aplikasi ditentukan hingga 60 menit per harinya. 

Ketika sudah mencapai batas, orang tua wajib memberikan izinnya untuk memasukkan kembali password untuk memperpanjang penggunaan jika diperlukan. 

TikTok mengatakan bahwa fitur ini diluncurkan untuk meningkatkan kesadaran para pengguna di bawah umur tentang berapa lama mereka menghabiskan waktunya dalam aplikasi. Dengan adanya peringatan serta keharusan memasukkan kembali kata sandi, diharapkan membuat mereka lebih bijak dalam mengelola waktunya. 

“Ini didasarkan pada imbauan yang kami luncurkan tahun lalu untuk mendorong remaja untuk membatasi penggunaan aplikasi; hasilnya, penggunaan alat waktu layar kami meningkat sebesar 234%.” lengkap Cormac Keenan, Head of Trust and Safety TikTok. 

Fitur tambahan ini disebut menyempurnakan fitur pembatasan untuk pengguna di bawah umur yang sudah ada sebelumnya. Diantaranya, membuat akun menjadi privat, pembatasan penggunaan direct message untuk anak di bawah 16 tahun dan tidak memperbolehkan pengguna di bawah 18 tahun untuk menjadi host Live. 

Orang tua punya kontrol dalam Fitur Family Pairing

Selain manajemen screen time, TikTok juga nambahin beberapa fitur dalam mode Family Pairing. Mode yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 ini, memungkinkan anak di bawah umur untuk membuat akun dengan proteksi dan kuasa penuh dari orang tuanya. 

Nah, sekarang mereka menambahkan beberapa fitur dalam mode Family Pairing ini, yaitu:

  • Pembatasan penggunaan aplikasi yang bisa diubah oleh orang tua sesuai kebutuhan. Fitur ini memungkinkan pengguna menyelaraskan kegiatan dengan kebutuhan menggunakan TikTok tiap harinya. 
  • Halaman untuk memantau penggunaan aplikasi sekarang juga hadir bagi orang tua. Dengan begitu, mereka tidak akan ketinggalan informasi tentang screen time para anak.
  • Pengguna juga bisa mematikan notifikasi jika dirasa dibutuhkan. TikTok akan menghentikan pemberitahuan atau rekomendasi apapun ke akun yang bersangkutan. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan kesehatan well-being dan bisa lebih fokus ke kegiatan sehari-hari. 

“Kami berharap fitur ini akan terus membantu keluarga membangun dialog berkelanjutan tentang keamanan dan kesejahteraan di dunia digital kita.” 

Untuk mengaktifkan mode Family Pairing, orang tua bisa menyambungkan akun anak dengan memindai barcode yang ditampilkan dalam opsi fitur ini. Nantinya, secara otomatis semua fitur dalam mode ini akan bisa dipantau dari device Mama, lho! Fitur baru TikTok ini layak dicoba, ya! [*]

1 thoughts on “Fitur Baru TikTok: Pembatasan Penggunaan untuk Anak-anak

  1. Pingback: BARU! Kebijakan Pengguna Pinterest Demi Keamanan Remaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *