Cara Menemukan Kamera Tersembunyi

gambar kamera tersembunyi dipasang di dinding kertas

digitalMamaID – Belakangan netizen resah karena adanya akun media sosial yang membagikan gambar dan potongan video hasil kamera tersembunyi. Bagaimana cara menemukan kamera tersembunyi?

Hal-hal seperti ini membuat kita, khususnya perempuan, tidak nyaman dan khawatir saat menggunakan toilet umum. Kita bisa menjadi lebih waspada terhadap peristiwa ini.

Menurut survei dari pengguna Airbnb di Amerika, 11% responden menyatakan bahwa mereka menemukan kamera pengintai di tempat mereka menginap.

Terdapat banyak alasan dibalik pemasangan kamera pengintai ini. Beberapa pemilik akomodasi memasangnya untuk berjaga-jaga apabila terjadi sebuah pencurian properti, orang-orang mencurigakan, dan kejahatan lainnya.

Namun, kamera pengintai juga dapat digunakan untuk kejahatan. Di Korea Selatan, terdapat lebih dari 30.000 kasus perekaman ilegal dengan kamera tersembunyi yang dilaporkan ke polisi.

Di Indonesia, perekaman ilegal dengan kamera tersembunyi seperti ini juga sudah terjadi. Foto dan video itu diambil secara ilegal dari toilet umum. Foto dan videonya disebarkan di media sosial, bahkan ada yang dijual lewat Telegram.

tangakapan layar netizen di akun base yang melaporkan adanya akun yang memposting hasil dari kamera tersembunyi
Keluhan netizen tentang kamera tersembunyi

Menemukan kamera tersembunyi tidak selalu mudah. Lensa yang sangat kecil dan lokasi yang tersembunyi membuat kita harus mencarinya dengan teliti. Kaspersky membagikan 4 cara yang bisa kita lakukan untuk menemukan kamera tersembunyi.

Libatkan seorang profesional

Mempercayakan pencarian kepada teknisi ahli dengan peralatan khusus adalah cara yang paling efektif untuk menemukan kamera pengintai tersembunyi. Mama bisa menemukan teknisi ahli di situs Craigslist atau situs web layanan pekerjaan lainnya.

Dengan melibatkan seorang ahli profesional, pencarian akan menjadi lebih efisien. Jika Mama berencana untuk pindah atau tinggal di suatu tempat untuk sementara waktu, mempekerjakan seorang ahli akan sepadan dengan biaya dan tenaga yang dikeluarkan.

Gunakan peralatan khusus

Mama dapat membeli detektor radiasi elektromagnetik, detektor optik, dan peralatan lain untuk mendeteksi kamera tersembunyi dan menggunakannya untuk memeriksa setiap ruangan. Alat paling sederhana yang dapat dipadang secara manual adalah LED merah dan filter lampu merah. Lensa kamera akan muncul sebagai titik terang ketika disinari oleh filter lampu merah. Perangkat ini dapat mendeteksi tidak lebih dari 10 meter.

Jika Mama akan memeriksa kamera pengintai sendiri, periksalah kamar mandi dan kamar tidur dengan teliti yang merupakan lokasi potensial untuk merekam hal yang tidak seharusnya. Periksa juga alarm asap danperalatan rumah tangga yang biasanya merupakan tempat persembunyian. Jangan lupa untuk memeriksa jam, vas bunga, lukisan, dan mainan.

Metode ini sangat cocok untuk untuk Mama yang memiliki keterampilan dan ketelitian yang tinggi.

Pencarian dengan ponsel pintar

Terkadang, yang Mama butuhkan hanyalah senter dan kamera ponsel pintar untuk menyelesaikan masalah. Matikan lampu dan tutup gorden agar ruangan menjadi gelap. Kemudian, aktifkan kamera dan senter ponsel ke arah yang dicurigai sebagai tempat persembunyian kamera. Jika benar terdapat kamera pengintai tersembunyi, Mama akan melihat cahaya silau dilayar ponsel. Jika tidak bisa menggunakan kamera dan senter ponsel secara bersamaan, Mama bisa menggunakan senter terpisah.

Dalam beberapa kasus, Mama bahkan dapat melakukannya tanpa senter. Terdapat kamera pengintai yang menggunakan iluminasi inframerah untuk merekam dalam kegelapan. Ini membuatnya tidak terlihat oleh mata manusia tetapi dapat terlihat mengginakan kamera ponsel. Meskipun metode ini gratis, ada kemungkinan tidak semua ponsel pintar dapat mendeteksinya. Tipe ponsel memengaruhi kemampuan dalam mendeteksi kamera pengintai.

Dengan menggunakan metode ini, mungkin akan tidak maksimal karena tidak semua kamera pengintai dapat terdeteksi. Namun tetap lebih baik daripada tidak sama sekali.

Gunakan aplikasi terpercaya

Program aplikasi dapat menemukan kamera pengintai tersembunyi. Terdapat dua kategori aplikasi, aplikasi pertama menemukan kamera pengintai dengan silau lensa atau senter seperti yang sudah dijelaskan diatas. Contohnya adalah aplikasi Glint Finder yang mendeteksi silau kamera saat senter mengenai lensa.

Aplikasi kedua dirancang untuk mencari kamera pengintai nirkabel. Agar dapat berfungsi, aplikasi harus terhubung dengan jaringan Wi-Fi terdekat. Aplikasi menampilkan daftar perangkat tertaut setelah pemindaian jaringan. Periksa apa pun yang mencurigakan, termasuk laptop dan ponsel pintar. Alat khusus dapat membedakan peralatan yang tidak berbahaya dari alat pelacak oleh pengidentifikasi.

Metode ini tidak cocok untuk rumah atau hotel dengan banyak perangkat terhubung melalui Wi-Fi. Namun ini bisa menjadi opsi bagi pelancong untuk berjaga-jaga.

Apa yang harus dilakukan jika menemukan kamera pengintai?

Jika Mama menemukan sesuatu yang terlihat seperti kamera pengintai atau alat pelacak lainnya, ambil fotonya dan lakukan pencarian gambar untuk mencari tahu benda apa itu. Ini mungkin tidak berbahaya.

Tetapi jika benda tersebut benar kamera pengintai, Mama harus segera menghubungi polisi, administrasi hotel, atau layanan pemesanan yang Mama gunakan agar kejadian ini tidak terjadi lagi dikemudian hari.

Lebih baik waspada daripada menyesal

Beberapa cara diatas adalah bagaimana kita memastikan tidak ada orang jahat, orang iseng, atau pemilik penginapan yang merekam secara ilegal tanpa izin  Walaupun diharapkan kejahatan seperti ini tidak menimpa Mama dan keluarga, langkah ini sebaiknya tetap dilakukan untuk melindungi diri sendiri ketika sedang tidak berada di rumah sendiri. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *