Podcast untuk Anak, Sebuah Panduan untuk Orang Tua

Ilustrasi podcast untuk anak

digitalMamaID – Kalau Mama sedang mencari hiburan untuk anak sekaligus mengedukasi, podcast bisa menjadi solusinya. Podcast merupakan rekaman audio yang membahas topik tertentu. Kita dapat menikmatinya tanpa harus menatap layar gadget, lho!

Dalam Bahasa Indonesia, padanan kata podcast ialah siniar. Pendengar podcast terus meningkat setiap tahunnya begitu juga konten yang kian beragam. Meskipun konten anak-anak belum terlalu banyak, tersedia beberapa pilihan menarik yang terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan, 1 dari 4 anak merupakan pendengar podcast. Jumlah pendengar podcast, termasuk dari kelompok anak, berkembang pesat ketika periode lockdown pada pandemi Covid-19.

Apakah podcast baik untuk anak?

Tidak hanya menghibur, mendengarkan podcast yang dibuat untuk keluarga dan anak-anak tentunya memiliki banyak manfaat. Berikut adalah manfaat dari mendengarkan podcast dikutip dari commonsensemedia.org.

Sebagai media edukasi

Podcast merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat kita manfaatkan dari perkembangan teknologi. Tidak hanya untuk mendengarkan cerita yang menarik, podcast juga dapat menjadi media untuk belajar pelajaran seperti sains, sejarah, dan bahasa. Ketika anak-anak mendengarkan podcast, mereka juga dapat mempelajari kosa kata baru, meningkatkan keterampilan literasi dan berbahasa, meningkatkan perhatian dan ingatan, serta meningkatkan tingkat imajinasi dan rasa ingin tahu.

Menjalin kedekatan keluarga

Keluarga bisa menghabiskan waktu  dengan mendengarkan podcast bersama. Mendengarkan podcast dapat memulai diskusi mengenai topik penting seperti kesehatan, pubertas, dan rasisme. Dengan membiasakan untuk membahas topik tersebut bersama anak-anak, mereka akan merasa nyaman dan aman untuk bercerita dan mengungkapkan isi pikirannya.

Mengurangi aktivitas bermain gadget

Di era teknologi seperti saat ini, anak-anak sudah banyak yang tidak asing lagi dengan bermain gadget. Mendengarkan podcast dapat mengurangi kebiasaan tersebut. Anak-anak dapat menikmati hiburan tanpa perlu khawatir menatap layar. Podcast membiarkan anak-anak menggunakan imajinasi mereka dan juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Dengan begitu, anak-anak dapat menyeimbangkan hidup mereka dengan mengurangi kebiasaan bermain dengan gadget.

Belajar di mana saja

Kelebihan mendengarkan podcast adalah kita dapat mendengarkannya dimanapun dan kapanpun. Ketika sedang bepergian, sedang memasak, dalam perjalanan di mobil, bahkan ketika mau tidur. Tidak ada batasan untuk mendengarkan podcast sehingga dapat disesuaikan dengan jadwal apapun ketika ingin menikmatinya.

Anak-anak dan keluarga dapat mendengarkan podcast sesuai dengan keinginannya, entah itu mendengarkan cerita atau mendengarkan orang yang sedang berbagi pengalaman. Podcast memiliki beragam pilihan tergantung dengan kesesuaian usia. Untuk memastikan bahwa sebuah podcast sesuai untuk didengarkan anak-anak, Mama bisa memeriksa ulasan dan peringkat dari podcast tersebut, dibeberapa platform terdapat kategori yang dapat menunjukkan genre sebuah podcast.

Cara mendengarkan podcast

Podcast tersedia dalam bentuk streaming online atau dengan aplikasi khusus podcast yang dapat diunduh. Berikut merupakan beberapa platform populer untuk mendengarkan podcast yang bisa Mama coba.

Spotify

Spotify dikenal sebagai aplikasi musik, namun kita juga dapat mendengarkan podcast di Spotify. Untuk mendengarkannya, kita hanya perlu mengunduh aplikasinya tanpa dipungut biaya apapun alias gratis. Terdapat banyak konten dari seluruh dunia yang dapat kita dengarkan di Spotify. Beberapa selebriti Indonesia juga merupakan podcasters di Spotify, lho!

Anchor

Anchor merupakan aplikasi gratis yang merupakan anak dari Spotify. Bedanya, Anchor dikhususkan untuk podcast saja. Selain untuk mendengarkan podcast, kita juga bisa membuat podcast sendiri di Anchor.

Apple Podcast

Apple podcast juga menjadi salah satu platform terbaik untuk mendengarkan podcast. Terdapat beragam kategori podcast dari berbagai negara yang bisa dinikmati. Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis. Untuk mendengarkan Apple podcast, kita harus berlangganan terlebih dahulu. Namun tentu saja dengan berlangganan kita dapat mendengarkan konten eksklusif!

Noice

Noice merupakan aplikasi mendengarkan podcast lokal yang memiliki jaringan podcast terbesar di Indonesia. Selain podcast, kita juga dapat mendengarkan radio dan audiobook. Tentu pilihan kontennya datang dari podcasters Indonesia yang tidak kalah menarik dari podcasters luar negeri.

Mendengarkan podcast sangat direkomendasikan baik untuk anak, remaja, hingga dewasa. Tidak hanya anak yang dapat mempelajari hal baru melalui podcast, orang tua pun dapat mempelajari hal baru! Jadi, Mama mau dengerin podcast apa nih? [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *