4 Tujuan Wisata Alam di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

Ilustrasi wisata alam di Korea. Foto: Tawatchaiprakobkit/Getty Images.
Share

digitalMamaID Popularitas K-Pop dan K-Drama mengantarkan Korea Selatan sebagai salah satu tujuan wisata yang diidamkan banyak orang. Menjajal wisata alam di Korea bisa jadi agenda liburan yang menyenangkan!

Korea Selatan merupakan negara di Asia Timur yang memiliki empat musim. Negeri ginseng yang berada di Semenanjung Korea ini kaya akan wisata alam, mulai dari gunung, laut, cagar alam, dan taman.

Mendaki gunung merupakan salah satu hobi yang umum orang Korea. Saat libur,  banyak keluarga yang menjadwalkan untuk mendaki gunung. Bahkan, orang-orang usia lanjut di sana pun masih banyak yang menjalankan hobi ini. Tak heran, orang-orang usia lanjut banyak yang masih sehat dan mampu bekerja meski tidak muda lagi. Itulah sebabnya, wisata alam merupakan salah satu wisata yang masih dipertahankan oleh pemerintah Korea Selatan.

Jelajahi wisata alam Korea Selatan

Mama sedang merencanakan berlibur ke Korea? Jangan lewatkan empat wisata alam berikut ini:

1. Seoraksan National Park

Seoraksan National Park
Seoraksan National Park/Visitkorea.or.kr

Taman Nasional Seoraksan merupakan salah satu tujuan wisata pegunungan yang terletak di Sokcho-si, Gangwon-do. Seoraksan atau gunung Seorak memiliki beberapa puncak yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Di salah satu puncak terdapat gondola atau kereta gantung yang akan mengantar para pengunjung menuju puncak Gwongeumseong dengan perjalanan sekitar 10 menit serta ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Di pertengahan Gunung Seorak, terdapat puncak Ulsanbawi. Ulsanbawi merupakan formasi batu yang terdiri dari 6 puncak batu besar dengan ketinggian mencapai 900 meter di atas permukaan laut. Terdapat jalur pendakian hingga ke puncak Ulsanbawi, dan butuh waktu sekitar 3 hingga 5 jam berjalan kaki untuk mencapai puncaknya.

2. Damyang Bamboo Forest

Damyang Bamboo Forest/Visitkorea.or.kr
Damyang Bamboo Forest/Visitkorea.or.kr

Pernah melihat bagaimana dramatis dan romantisnya suasana sebuah hutan bambu di drama Jepang? Nah, Mama juga bisa menemukannya di Korea Selatan. Damyang Bamboo Forest terletak di daerah Jeollanam-do. Terbentang dengan luas sekitar 160.000 meter persegi. Mama bisa berjalan santai di sini, sambil menikmati syahdunya nuansa bambu. Cocok juga sebagai tujuan bulan madu, lho!

3. Tongyeong Cable Car

Tongyeong Cable Car/Visitkorea.or.kr
Tongyeong Cable Car/Visitkorea.or.kr

Wisata alam kali ini menawarkan pemandangan yang tak kalah menarik dari lainnya. Tongyeong Cable Car adalah stasiun kereta gantung yang akan mengantar para wisatawan menuju puncak Gunung Mireuk. Terletak di Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do, Hallyeosudo Cable Car merupakan kereta gantung dengan panjang lintasan 1.975 meter. Mama akan disuguhi pemandangan laut dengan pulau-pulau kecil serta bukit-bukit di sekitarnya. Turun dari kereta gantung, Mama bisa berjalan beberapa menit saja menuju puncak pegunungan Mireuk. Jangan khawatir, jalur lintasan menuju puncak Gunung Mireuk bukan medan yang sulit untuk dilalui. Jalurnya berupa tangga yang memang sudah disiapkan untuk jalur lintasan para wisatawan agar mudah mencapai puncak pegunungan Mireuk.

4. Ulleung Island

Ulleung Island/Visitkorea.or.kr
Ulleung Island/Visitkorea.or.kr

Jika tadi sudah kita bahas tentang wisata alam berupa gunung, kini kita beralih ke wisata alam dengan pemandangan tepi laut. Pulau Ulleung, tempat wisata dengan lintasan pejalan kaki sepanjang tepi pulau ini terletak di daerah Gyeongsangbuk-do. Pemandangan laut dengan tebing-tebing tinggi akan memuaskan mata Mama. Sama seperti Pulau Nami dan Pulau Jeju, untuk mencapai Pulau Ulleung, Mama harus menyeberang menggunakan kapal feri dahulu dari Pohang. Lintasan tepi laut pulau Ulleung adalah pilihan tepat untuk menyegarkan kembali pikiran yang penat. Udara segar, angin laut, dan indahnya pemandangan tebing indah sepanjang pulau jadi suguhan utama.

Wisata alam di Korea Selatan menawarkan pengalaman yang menakjubkan. Mama tak akan menyesal meski harus merogoh kocek lebih dalam. Sudah siap hiking di Korea Selatan? [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *