Suara Perempuan Berharga, Jangan Tukar dengan Apapun

Konferensi pers Suara Perempuan Berharga oleh Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) dan Koalisi Perempuan Indonesia di Gedung Bawaslu RI Jakarta, Kamis, 18 Januari 2024.
Share

digitalMamaID – Suara perempuan penting untuk menentukan arah politik dan demokrasi Indonesia. Perempuan tidak boleh takut membuat pilihan yang benar pada Pemilu 2024.

Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) Indonesia bersama Koalisi Perempuan Indonesia menggelar jumpa pers di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyerukan pentingnya suara perempuan dalam Pemilu 2024. “Suara perempuan berharga adalah sebuah kenyataan. Berharga untuk menjadi pintu masuk perjuangan bagi terbangunnya wajah politik, demokrasi, dan pemerintahan yang berpihak pada kepentingan perempuan, anak, disabilitas, dan kelompok marjinal lain,” kata Direktur SPAK Indonesia Maria Kresentia pada jumpa pers di Gedung Bawaslu RI, Jalan M.H. Thamrin Jakarta, Kamis, 18 Januari 2024.

Dari segi jumlah saja, perempuan merupakan kelompok masyarakat yang besar. Separuh penduduk Indonesia adalah perempuan. Menurut data Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemilih perempuan pada Pemilu 2024 ini mencapai 102,58 juta atau sekitar 50% dari seluruh jumlah pemilih.

“Data ini menunjukkan, perempuan menjadi kunci penting arah politik, demokrasi dan pemerintahan Indonesia ke depan,” kata Maria.

Jangan tukar suara dengan apapun

Jangan berpikir satu suara Mama itu tidak ada artinya. Maria mengatakan, setiap suara penting untuk masa depan Indonesia. “Karena berharga untuk masa depan negeri, jangan jual atau tukar suara kita dengan apapun,” katanya.

Mama perlu mewaspadai jual beli suara atau politik uang. Praktik seperti ini bisa terjadi kapanpun, bahkan sesaat sebelum masuk ke bilik suara. Politik uang membuat kualitas demokrasi menjadi buruk.

“Praktik politik uang menjadikan politik berbiaya tinggi yang akan menghasilkan pemimpin daerah yang selalu berpikir untuk mengembalikan modalnya dan tidak akan memikirkan kepentingan rakyat,” ujar Maria.

Ia menambahkan, mereka yang terpilih karena politik uang biasanya orang yang tidak memiliki kompetensi dan kepemimpinan.  Pemimpin baru justru tidak punya pengetahuan dan keterampilan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

“Uang negara yang kelak dikelola, berpotensi untuk dikorupsi untuk kepentingan pemodal atau kepentingan pribadi,” katanya.

Jangan takut membuat pilihan

Posisi perempuan yang strategis harus dimanfaatkan dengan membuat pilihan yang benar. SPAK dan KPI menyebut, pilihan yang benar ialah dengan memilih calon yang akan memajukan Indonesia dengan memastikan keberagaman sebagai kekayaan Indonesia.

Perempuan perlu memilih calon yang membuka peluang dan kebebasan bagi perempuan, anak, disabilitas, dan kelompok marjinal lain di seluruh Indonesia.

“Akan mengantar seluruh daerah di Indonesia menjadi bagian penting dari setiap kebijakan nasional,” kata Sekjen Koalisi Perempuan Indonesia Mike Herawati Tangka.

Pelajari latar belakang calon

Dalam menggunakan hak pilih, kata Mike, perempuan didorong untuk mempelajari rekam jejak kandidat. Sebab perilaku di masa lalu bisa jadi akan terulang. Selain itu visi misi dan progran kerja juga harus diteliti. Salah satunya, apakah melibatkan perempuan dalam mewujudkan Indonesia yang adil dan sejahtera.

Pastikan calon yang akan dipilih tidak terlibat dalam tiga hal ini:

  1. Korupsi
  2. Pelecehan dan kekerasan terhadap anak, perempuan, disabilitasm, dan kelompok marjinal lainnya.
  3. Diskriminatif atau mengedepankan SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan)

Gunakan hak pilih

Memilih merupakan hak setiap warga negara. Menurut Mike, perempuan sebagai pemilih perlu menjaga integritas proses pemilihan. Ada beberapa hal yang bisa Mama lakukan, nih!

  1. Pastikan kita terdaftar dan memiliki dokumen untuk memilih sesuai ketentuan
  2. Datang lebih awal ke TOS serta perhatikan penjelasan dan tata cara pemilihan dari petugas
  3. Pastikan kita mengikuti seluruh tata cara pemilihan dan mencoblos sesuai ketentuan
  4. Jangan terpengaruh dengan suara-suara yang mencoba mempengaruhi Mama saat menunggu di TPS (Tempat Pemungutan Suara). Pilihan Mama bersifat rahasia!
  5. Jangan merasa terintimidasi dengan kehadiran orang atau sekelompok orang dari calon atau kelompok tertentu
  6. Jangan ragu untuk mengikuti proses perhitungan suara
  7. Jika Mama menemukan dugaan pelanggaran, sampaikan pada pengawas pemilihan terdekat

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mendorong perempuan untuk turut mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024. Menurutnya, pengawasan Pemilu merupakan bagian penting dari proses demokrasi.

Suara perempuan perharga. Selamat menggunakan hak pilihmu, Mama! [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *