DOMIKADO Tayang di Youtube! Tontonan Anak yang Seimbang

Serial DOMIKADO produksi Visinema

Sebagai orang tua, bahagia rasanya kalau menemukan sebuah tontonan yang bagus untuk anak. Domikado tayang di Youtube!

Lama tidak berselancar di jagad Twitter, suatu ketika menemukan cuitan Ryan Adriyandhy. Ryan sebelumnya dikenal sebagai komika, tetapi ia juga meretas jejask sebagai ilustrator dan animator. Twit itu berisi tentang DOMIKADO. Dari sana perkenalan dengan DOMIKADO bermula.

Domikado adalah tayangan edutainment anak yang diproduksi Visinema buah karya Anggia Kharisma dan Ryan Andriandhy. Memadukan edukasi dan entertainment, DOMIKADO tayang setiap Jumat di kanal Youtube Domikado_ID.

Konsep DOMIKADO ini menggabungkan antara puppet show, animasi, dan visual yang khas anak-anak. Penuh warna dan segar sekali. Di Taman Domikado, kita akan bertemu dengan Astrobek, Bea, Beo, Cis-Cis, Cricket, dan Odi.

Durasi setiap episodenya tidak panjang, tapi cukup untuk anak-anak, yaitu sekitar 10 menit. Setiap penayangannya mengusung sebuah cerita yang mengandung nilai-nilai baik, pengetahuan, selain itu juga sangat menghibur.

Misalnya episode pertama yang berjudul “Belajar Tangga Nada”. Penghuni Taman Domikado ingin memberi kado spesial untuk Cis-Cis yang sedang berulang tahun. Mereka ingin mempersembahkan sebuah lagu. Agar bisa bernyanyi dengan baik, mereka belajar tangga nada. Ternyata saat mereka belajar tangga nada, salah satu dari mereka menemukan bakat terpendam!

Di episode dua, anak-anak diajak untuk mengenal soal rayap. Iya, rayap! Hewan yang memakan kayu-kayu sehingga perabotan dari kayu jadi rapuh lalu rusak. Eh tapi, rayap tidak jahat, lho! Astrobek, si bebek pintar memberi penjelasan tentang rayap.

Dengan animasi yang digarap apik, penjelasan soal rayap jadi mudah dipahami. Apalagi ditambah dengan lagu dengan irama gembira.

Lagu-lagu di DOMIKADO ini sungguh menggemaskan. Lagunya bernada ceria, mudah diterima oleh anak-anak, dan pastinya membuat berdendang. Seru!

Animasi di serial DOMIKADO
Animasi di serial DOMIKADO

Enam karakter DOMIKADO

DOMIKADO menampilkan enam karakter yang bermain bersama di Taman Domikado. Enam karakter ini memiliki sifat yang berbeda-beda, mewakili keberagaman untuk menyampaikan pesan-pesan baik. Kenalan dengan mereka, yuk!

Odi si awan yang baik hati

Odi bertindak sebagai narator di setiap episodenya. Ia akan mengantarkan kita ke cerita episode itu.

Beo di penjaga kebersihan

Beo berwujud burung beo yang ceriwis. Ia bertugas menjaga kebersihan dan kerapihan di Taman Domikado.

Bea si penyanyi merdu

Jika ada suara merdu dari Taman Domikado, pastilah itu suara Bea. Burung bersuara merdu ini akan mengajak kita bernyanyi dan bermain musik bersama.

Cricket si penasaran

Cricket adalah anjing yag selalu ingin tahu banyak hal. Ada banyak hal yang membuatnya penasaran! Ia jadi mencari tahu tentang banyak hal.

Cis-Cis si tukang main

Cis-Cis adalah kucing yang tinggal di Taman Domikado. Baginya, taman itu adalah rumah yang nyaman. Ia bisa bermain dan belajar di sana. Saking nyamannya, Cis-Cis kelihatan mengantuk terus, nih!

Astrobek si penyuka belajar

Seperti namanya, Astrobek adalah bebek astronot. Ia suka mempelajari ilmu pengatahuan. Pantas saja ia jadi tempat bertanya teman-temannya.

Keenam karakter ini berbeda-beda tetapi mereka bisa bermain bersama-sama karena Taman Domikado adalah taman bermain semua teman!

Keresahan kreator

DOMIKADO lahir dari keresahan para kreatornya karena minimnya tontonan edukasi yang ramah untuk anak dan keluarga. Generasi Mama mungkin masih ingat betapa masa kecil kita bahagia karena menanti Si Unyil dan teman-temannya hadir di televisi. Era digital yang demikian pesat telah menghadirkan banyak sekali konten untuk anak. Tapi konten yang mengedukasi dan menghibur jumlahnya lebih sedikit. Televisi pun kini sudah digeser dengan kehadiran Youtube. Kehadiran DOMIKADO yang di Youtube menjadi harapan buat orang tua di Indonesia.

“Sebagai orang tua, saya selalu ingin bisa memberikan tontonan edukasi yang bermanfaat juga menghibur untuk anak saya. Minimnya tontonan yang ramah untuk anak dan keluarga menjadi kegelisahan saya dan membuat kami menghadirkan program edutainment DOMIKADO. Inilah bentuk komitmen Visinema untuk berkontribusi memajukan dunia pendidikan dan hiburan untuk anak dan keluarga Indonesia,” kata kreator DOMIKADO Anggia Kharisma yang juga menjabat sebagai Chief Content Officer Visinema Studios.

Ia percaya konten yang baik dan bisa dinikmati oleh anak dan keluarga bisa menjadi cara bonding anak dan orang tua.

Titik temu edukasi dan entertainment

Ryan Andriandhy selaku kreator sekaligus desainer karakter DOMIKADO mengatakan, edutainment merupakan penggabungan dari edukasi dan entertainment. “Edukasi adalah apa yang mau disampaikan lewat DOMIKADO. Menghibur adalah bagaimana konten edukasi ini kami coba sampaikan. Banyak konten anak di Indonesia yang sering kurang seimbang dalam menggabungkan keduanya. Terkadang terlalu mendidik lupa menghibur, atau sebaliknya terlalu fokus di hiburan, bobot edukasinya jadi terlupakan,” tuturnya.

Kreator DOMIKADO Ryan Andriandhy dan Anggia Kharisma
Kreator DOMIKADO Ryan Andriandhy dan Anggia Kharisma.

DOMIKADO diharapkan bisa menjadi titik keseimbangan antara edukasi dan hiburan. Setiap ide kreatif dikembangkan dengan mempertimbangkan tim kurikulum khusus. Sehingga sisi edukasi yang disampaikan sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak.

Paduan antara puppet show, animasi, musik, grafis visual, dan kehadiran bintang tamu akan memperkaya sisi hiburan DOMIKADO. Setiap episode menghadirkan bintang tamu sebagai pengisi suara. Beberapa yang sudah hadir adalah Kristo Imanuel, Najeela Shihab, Quinn Salman, dan banyak lagi.

DOMIKADO mengingatkan pada serial Sesame Street atau yang terbaru Waffle and Mochi yang tayang di Netflix. Tapi karena tayangan ini tidak diproduksi di Indonesia, sentuhan kelokalannya sangat kurang. Untuk tontonan anak, sentuhan khas lokal ini sangat penting untuk membuat anak mengenal lingkungannya.

DOMIKADO tayang di Youtube Domikado_ID setiap Jumat pukul 16.00 WIB. Rencananya akan hadir 24 episode yang berisi berbagai cerita menarik.

Wah, layak ditunggu nih, Mama! Kebahagiaan orang tua bisa memberikan tayangan yang seru dan bermanfaat bagi anak. Ini bukan kebahagiaan sederhana, lho! Butuh banyak orang dengan niat baik untuk mewujudkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *