Twitter Centang Biru Berbayar, Bagaimana Cara Mengenalinya?

Ilustrasi twitter

Sosial media Twitter tengah ramai menjadi perbincangan karena layanan centang biru berbayar. Layanan ini resmi diberlakukan per tanggal 7 November 2022. Sebelum diresmikan, CEO Twitter Elon Musk telah memberitahukan layanan centang biru berbayar melalui cuitan di akun pribadinya.

Dengan layanan centang biru berbayar, semua orang bisa mendapatkannya dengan biaya 7,99 dollar AS atau RP 125 ribu per bulan tanpa memandang latar belakang pemilik akun. Layanan berbayar ini disebut dengan Twitter Blue.

Centang biru dapat memberikan power untuk akun-akun kecil. Hal ini cukup menuai pro dan kontra mengingat konsekuensi layanan ini bisa disalahgunakan. Apalagi selam aini juga sudah banyak sekali akun yang menyamar sebagai politisi dan publik figur. Penyamaran ini memicu potensi penipuan yang tentunya bisa merugikan banyak pihak. Jika akun semacam ini bisa menggunakan layanan Twitter Blue, bakal kacau kan?

Bagaimana mengenali Twitter centang biru berbayar?

Menyadari hal itu, kini terdapat perbedaan untuk mengetahui akun centang biru resmi dan akun centang biru berbayar. Akun centang biru resmi dimiliki oleh seseorang yang telah dikonfirmasi oleh pihak Twitter bahwa pemilik akun tersebut merupakan seseorang terkemuka atau asli.

Informasi tersebut dapat dilihat saat kita mengklik centang biru pada profil Twitter seseorang. Untuk akun yang memiliki centang biru tidak resmi, akan tertulis di profilnya ‘Akun ini terverifikasi karena berlangganan Twitter blue’.  Sedangkan untuk akun resmi, tertulis ‘Akun ini terverifikasi karena merupakan akun terkemuka dalam kategori pemerintahan, berita, hiburan, atau kategori tertentu lainnya’.

Sempat ditangguhkan

Pro dan kontra atas Twitter Blue yang sempat mencuat membuat layanan ini dihentikan. Tapi penangguhan itu hanya bersifat sementara. Elon Musk akan meluncurkan kembali layanan ini pada 2 Desember mendatang.

Pengguna yang tertarik menggunakan layanan Twitter Blue bisa mengatur dari akunnya. Caranya, buka menu Profil kemudian pilih Twitter Blue. Pilih tombol Berlangganan $/tahun berwarna biru. Selanjutnya ikuti petunjuk pembelian dalam aplikasi.

Adanya informasi centang biru pada profil Twitter memudahkan kita untuk lebih berhati-hati. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, kita dapat terhindar dari akun palsu yang menyerupai akun milik orang lain. Jadi, harus lebih teliti dalam bersosial media ya, Mama! [*]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *