LMS 2022: Teknologi Jadi Aspek Penting Pengembangan Media

Local Media Summit 2022 (LMS 2022)

Local Media Summit 2022 (LMS 2022) sukses digelar. Pelajaran penting dari ajang akbar media lokal pertama di Indonesia ini ialah pentingnya pemanfaatan teknologi termasuk berbagai platform digital dalam pengembangan media lokal yang berkelanjutan.

Selain itu, bagaimana mendapatkan donor atau pendanaan, strategi bisnis, produksi konten yang menarik, dan distribusi konten juga turut berpengaruh. Semua itu menjadi pembahasan di Local Media Summit 2022 yang digelar selama dua hari, 28-29 Oktober 2022 di auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta. Kegiatan akbar ini diinisiasi oleh Suara.com dan International Media Support (IMS) diikuti lebih dari 300 peserta terdiri dari pimpinan media lokal, CEO maupun pemimpin redaksi, agency, private sector, lembaga donor, pengelola platform global, juga pemerintah. Mereka hadir baik secara offline maupun online.

Secara resmi LMS 2022 ditutup pada Jumat malam ditandai dengan dengan conference bertema Reinventing Local Media: Finding Opportunities and Overcoming the Challenges, dengan pembicara Pemimpin Redaksi Radar Selatan Sunarti Sain, Anggota Dewan Pers Sapto Anggoro, Corporate Communications Director of Danone Arief Mujahidin, dan Managing Partner Inventure Yuswohady. Sesi yang menarik ini memancing cukup banyak diskusi, terutama berkaitan dengan tantangan media lokal serta masa depan media digital secara umum.

Harus diantisipasi

Selama dua hari penuh penyelenggaraan, telah digelar dua konferensi, sembilan workshop, dua sharing session, tiga coaching clinic, pameran, hingga networking night. Keberlangsungan bisnis media menjadi tema utama dalam acara ini. Topik yang dibahas antara lain bagaimana mendapatkan donor atau pendanaan, strategi bisnis media lokal, distribusi konten, pemanfaatan teknologi hingga platform, dan produksi konten yang menarik dan kekinian.

“Perkembangan di industri media digital sangat cepat, bisa hitungan hari. Ini yang harus diantisipasi, agar media lokal tetap adaptif, mengikuti perkembangan audiens dan menjalin kolaborasi. Lokal media yang kami maksud tidak hanya ruang lingkup geografis, namun juga media yang memiliki segmen pembaca khusus,” kata Suwarjono, CEO PT Arkadia Digital Media Tbk, yang juga Pemimpin Redaksi Suara.com.

Dalam sesi Networking Night yang dipandu oleh Inaya Wahid dan team dari Hamburger Podcast, beberapa perwakilan media lokal bahkan berkesempatan tampil di hadapan tamu berbagai lembaga donor, perusahaan, agency, kedutaan asing, untuk menyampaikan konsep media mereka. Para praktisi media lokal ini, seperti Yulianus Ario Jempau dari Floresa, Siti Latifah (Kutub.id), Nuril Arifin (Sukabumi Update) dan lainnya, rata-rata mengakui bahwa membangun kolaborasi dan jaringan adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan media lokal, dan karenanya bersyukur bisa mengikuti kegiatan seperti LMS 2022 ini.

Hal sama pun diakui oleh para peserta lain, dalam berbagai kesempatan perbincangan di sela-sela kegiatan. “Ini acara bagus dan bermanfaat sekali. Salut kami kepada Suara.com bisa menggelar acara seperti ini Pak. Belum ada sebelumnya media yang mengadakan ini. Ini patut diadakan secara rutin tiap tahun ini,” kata Pemimpin Redaksi Kabar Papua Syamsuddin Levi.

Agenda tahunan

Usulan dan harapan agar kegiatan ini bisa diadakan kembali tahun depan dan bila perlu rutin setiap tahun, memang menjadi salah satu obrolan hangat sepanjang kegiatan, khususnya antara peserta dan penyelenggara. Yang menarik, bahkan di beberapa kesempatan terpisah, para pimpinan media lokal saling tak mau kalah mengusulkan agar lokasi kegiatan mendatang dipusatkan di daerah mereka, entah itu di Sukabumi, Banyuwangi, Pekanbaru, Batam, bahkan Manado.

Lantaran merasakan penting dan bermanfaatnya kegiatan ini, cukup banyak pula peserta dari media lokal yang bahkan sengaja hadir bersama timnya, malah sampai lebih dari 1-2 orang. Penyelenggara sendiri tetap berkomitmen mengakomodir mereka dengan senang hati, termasuk bahkan menerima pendaftaran di lokasi (on the spot) untuk khalayak yang berminat mengikuti kegiatan. Batasannya hanya selama belum melewati kapasitas tempat acara.

Fakhrurrodzi dari RiauOnline misalnya, bahkan membawa dan mendaftarkan salah seorang personil Tim IT-nya, untuk mengikuti, belajar, serta berdiskusi langsung dalam berbagai sesi yang digelar selama LMS 2022. “Ini kesempatan bagus, ya, jelas tak mau-lah kami sia-siakan. Jarang-jarang bisa belajar langsung banyak hal, termasuk soal-soal teknis seperti server, programmatic, monetisasi video dan lainnya, dari satu kegiatan besar seperti ini,” katanya.

Ada banyak memang pengetahuan bernas dan bermanfaat yang bisa diserap peserta di sepanjang kegiatan ini. Diskusi dan wawasan tentang ekosistem bisnis serta masa depan media digital –terutama media lokal– misalnya, termasuk topik yang dibahas oleh narasumber kompeten sejak sesi seminar pertama. Demikian pula dalam sesi seminar penutup yang masih betah ditongkrongi ratusan peserta.

Sementara dalam sesi-sesi workshop yang digelar, peserta memperoleh berbagai insight dan pengetahuan, mulai dari paparan dari IMS, soal strategi menghimpun pendanaan, model bisnis podcast, monetisasi video, serba-serbi hoaks dan peran media dalam mengatasinya, cara mengatasi serangan siber, memaksimalkan media sosial dan aspek SEO. Digitalmama.id berkesempatan untuk berbagi tentang pengembangan komunitas dan ide-ide kolaborasi.

Local Media Summit 2022 selain mendapat dukungan ratusan media lokal, juga hasil dari kolaborasi berbagai pihak selaku kolaborator. Antara lain yakni Kedutaan Norwegia, Kedutaan Belanda, Yayasan Kurawal, Bank Rakyat Indonesia (BRI), BNI, Bank BTN, Bank BTPN, AWS, Daily Motion, Notix, MGID, Danone, Telkom, Pertamina, Chandra Asri, Adaro, Djarum Foundation, Sinarmas dan Merdeka Copper Gold.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *