Local Media Summit 2022: Membangun Ekosistem Media Lokal

Seratus media lokal akan menghadiri Local Media Summit 2022 yang akan dilaksanakan di Jakarta, 27-28 Oktober 2022. Panitia telah mendapatkan komitmen pendanaan bagi 100 media lokal untuk berpartisipasi di perhelatan akbar yang diharapkan bisa menjadi ekosistem media lokal agar terus bertumbuh.

Panitia Local Media Summit 2022 yang diinisiasi Suara.com dan International Media Support (IMS) ini akan menyeleksi penerima pendanaan dari media yang sudah mendaftar ikut Local Media Summit 2022 melalui laman www.localmediasummit.com. Media yang sudah mendaftar akan diseleksi berdasarkan kriteria tertentu seperti wilayah liputan, ragam isu yang diliput, atau keunikan. Pendanaan ini mencakup pembiayaan transportasi dan akomodasi peserta selama acara yang dilaksanakan di Perpustakaan Nasional, Jakarta.

“Kami mengundang teman-teman media lokal untuk segera mendaftar, sehingga mudah-mudahan mendapatkan peluang untuk bisa mengikuti beragam acara dalam Local Media Summit,” ujar CEO Suara.com Suwarjono dalam pernyataan persnya, Kamis, 6 Oktober 2022.

Program Manager IMS Eva Danayanti menyatakan, Local Media Summit 2022 merupakan bagian dari proyek Startup for Media Startup (SMS) yang dilakukan IMS sejak akhir 2021 bekerja sama dengan Suara.com. Sejak tahun lalu, IMS dan Suara.com sudah melakukan workshop, coaching, dan mentoring untuk sejumlah media lokal di Indonesia agar bisa memiliki bisnis yang viable atau berkelanjutan.

“LMS akan digelar setiap tahun untuk menemukan media lokal baru yang potensial untuk dibantu pengembangannya. IMS menilai Summit seperti ini sangat penting untuk pengembangan ekosistem media lokal di Indonesia,” kata Eva.

LMS 2022 ini didesain sebagai pertemuan media lokal dengan stakeholder media lainnya seperti pemerintah, Lembaga donor, kedutaan asing, agensi iklan, perusahaan, dan Lembaga swadaya masyarakat. Summit ini terdiri dari beragam acara seperti konferensi, workshop, coaching clinics, networking nights, sharing ideas, dan wall of fame.

Konferensi pembuka menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan konferensi penutup mendatangkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki. Terdapat sembilan workshop, empat coaching clinics, dan dua sharing ideas yang mendatangkan pembicara dari Amazon Web Service, Google, IMS, DailyMotion, MGID, dan banyak ahli berpengalaman terkait media dari dalam dan luar negeri.

Kegiatan hari pertama akan ditutup dengan Networking Night yang akan dipandu Inayah Wahid dan Jesse dari HAMburger Podcast. Networking Night merupakan makan malam kasual yang mempertemukan media lokal dan undangan-undangan seperti kedutaan, Lembaga donor, Lembaga swadaya masyarakat, dan stakeholder media lainnya. Beberapa kolaborator acara juga berkomitmen menggelar side events sebelum dan sesudah Local Media Summit.

Dua puluh media lokal terpilih juga nanti akan ditampilkan di Wall of Fame yang akan dipajang selama LMS 2022 digelar. Media lokal yang tertarik untuk ditampilkan profilnya di Wall of Fame tinggal memastikan kesediaannya saat mengisi formular pendaftaran peserta. Digitalmama.id telah telah memastikan untuk hadir di kegiatan yang baru pertama kali digelar di Indonesia ini.

Bagi media lokal yang berminat untuk mengikuti Local Media Summit 2022, bisa mendaftarkan diri melalui tautan ini:
https://microsite.suara.com/localmediasummit/participant.

One thought on “Local Media Summit 2022: Membangun Ekosistem Media Lokal

  1. Pingback: LMS 2022: Teknologi Jadi Aspek Penting Pengembangan Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *