Persiapan Mudik Agar Keluarga Lebih Nyaman

Ilustrasi persiapan mudik
Share

digitalMamaID – Tak terasa sudah sampai di penghujung Ramadan, anak-anak mulai libur sekolah! Apakah Mama akan mudik tahun ini? Intip persiapan mudik ini supaya keluarga lebih nyaman.

Mudik menjadi tradisi yang sangat dinantikan oleh banyak orang, terutama saat momen liburan tiba. Namun, perjalanan mudik juga memerlukan persiapan yang matang agar perjalanan berjalan lancar dan nyaman. Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah persiapan barang bawaan.

Daftar barang penting

Berikut barang-barang penting yang harus Mama bawa ketika mudik:

1. Kartu Identitas dan Dokumen Penting

Pastikan Mama membawa kartu identitas seperti KTP atau SIM, dan dokumen penting seperti kartu keluarga atau surat izin mengemudi jika diperlukan. Dokumen ini penting untuk identifikasi diri dan keamanan perjalanan.

2. Uang Tunai, Kartu Debit/Kredit, Kartu e-money

Walaupun saat ini banyak transaksi keuangan dilakukan secara online, jangan lupa untuk tetap membawa uang tunai secukupnya untuk keperluan darurat. Serta, pastikan juga membawa kartu debit atau kredit sebagai cadangan jika kehabisan uang tunai. Yang tak kalah penting bawa juga kartu e-money untuk keperluan di jalan tol.

3. Obat-obatan Pribadi

Bawa obat-obatan pribadi yang mungkin Mama butuhkan selama perjalanan. Sertakan juga obat-obatan umum seperti obat sakit kepala, perut, atau demam.

4. Gadget, Charger dan Power Bank

Jangan lupakan gadget seperti smartphone, tablet, atau kamera untuk dokumentasi perjalanan. Pastikan juga membawa charger dan power bank agar tidak kehabisan daya saat di perjalanan. Pilih power bank dengan kapasitas yang cukup besar untuk mengisi ulang baterai smartphone atau tablet Mama beberapa kali. Power bank yang sesuai dengan kebutuhan Mama bisa dilihat di sini.

Persiapan mudik5. Makanan Ringan dan Air Minum

Selalu siapkan makanan ringan seperti biskuit, buah, atau kacang-kacangan untuk mengatasi lapar di perjalanan. Ini juga membantu menghemat waktu saat istirahat. Juga isi penuh botol-botol air minum agar menghindari dehidrasi terutama saat perjalanan jauh. Botol-botol plastik bebas BPA yang ringan banyak dijual di marketplace, salah satunya dapat Mama lihat di sini.

Botol minum persiapan mudik6. Dokumen Kendaraan

Jika Mama menggunakan kendaraan pribadi, pastikan membawa dokumen kendaraan seperti STNK, BPKB, dan asuransi kendaraan.

7. Tablet atau Laptop

Jika perjalanan Mama membutuhkan akses internet atau pekerjaan dan hiburan, membawa tablet atau laptop bisa sangat membantu. Untuk perjalanan jauh seperti mudik, lebih baik membawa alat elektronik yang ringan seperti tablet. Saat ini banyak produk tablet kapasitas tinggi yang terjangkau, Mama bisa lihat di sini.

8. Airpods Bluetooth

Menjadi penumpang di dalam mobil atau transportasi umum bisa menjadi waktu yang tepat untuk mendengarkan musik, podcast, atau audiobook favorit Mama. Earpods Bluetooth akan membantu Mama menikmati hiburan tanpa mengganggu orang lain di sekitar, apalagi penggunaannya nirkabel. Mama bisa temukan airpods nyaman di sini.

9. Stroller dan Car Seat

Bagi Mama yang membawa bayi dan mobil pribadi, membawa stroller dan car seat bisa sangat membantu saat perjalanan mudik. Car seat sangat memudahkan Mama agar Mama dan anak lebih nyaman dan aman di perjalanan. Car seat bisa digunakan anak sejak 0-4 tahun. Sementara stroller akan membantu Mama saat berjalan-jalan. Saat ini sudah banyak stroller yang sudah sepaket dengan car seatnya. Mama bisa temukan di sini.

Stroller car seat persiapan mudik10. Koper

Mudik dengan anak tentu membutuhkan banyak pakaian ya, Mama. Apalagi bila menginap berhari-hari. Bila biasanya mama menggunakan tas duffel atau ransel, membawa koper bisa lebih praktis lho. Koper bisa memuat banyak barang yang biasanya dibawa di beberapa tas, juga meringankan karena tidak perlu dijinjing. Ukuran koper bisa disesuaikan dengan kebutuhan Mama. Koper tahan banting dengan harga terjangkau bisa Mama temukan di sini.



Mudik merupakan momen berharga untuk berkumpul dengan keluarga. Persiapan mudik yang cermat diperlukan akan momen kumpul keluarga berjalan lancar, aman, dan nyaman. Jangan lupa, tetap patuhi peraturan lalu lintas dan istirahat yang cukup selama perjalanan. Semoga mudik Mama menyenangkan dan berkesan! [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *