10 Trik Google Search untuk Mempermudah Pencarian

Ilustrasi trik Google Search
Share

digitalMamaID – Google menjadi mesin pencari paling populer saat ini. Tiap kali dihadapkan oleh rasa penasaran akan sesuatu, maka googling jadi solusi! Google selalu jadi tempat pertama untuk mencari informasi. Mama bisa coba trik Google Search ini untuk mempermudah pencarian.

Semrush menyebut, Google mempunyai algoritma (disebut “sistem peringkat”) untuk memberikan hasil penelusuran yang cepat dan akurat kepada pengguna. Namun realitanya, terkadang informasi yang didapatkan tidak semua akurat dan relevan. Hal ini membuat kita lebih lama dalam melakukan pencarian.

Tapi, tahukah Mama sebenarnya ada trik googling untuk mempermudah pencarian dan mendapatkan jawaban yang diinginkan. Coba, deh, beberapa trik Google Search ini!

1. Gunakan tanda kutip (“…”) untuk mencari kalimat dengan urutan yang sama

Seringkali ketika mencari tahu tentang sesuatu tapi ingin yang spesifik dan sama persis seperti yang di ketik. Misalnya, tentang resep warisan nenek moyang. Maka Mama bisa letakkan kalimat tersebut diantara tanda kutip (“resep warisan nenek moyang”), lalu klik. Nah, hasil pencariannya akan menunjukkan artikel dengan urutan kalimat dan kata-kata yang sama persis.

trik googling

2. Gunakan tanda penghubung atau strip (-) untuk pengecualian

Trik ini bermanfaat jika Mama ingin menghilangkan kata-kata tertentu untuk mempersempit pencarian. Misalnya Mama mau mencari tentang karakter Sanrio tanpa ada Kuromi. Maka Mama bisa mengetik Sanrio -Kuromi. Hasilnya adalah semua hal tentang Sanrio tanpa ada Kuromi.

Trik googling

3. Gunakan site: untuk mencari informasi di website yang spesifik

Jika ingin mencari suatu topik hanya dari website tertentu. Misalnya Mama ingin mengetahui seputar literasi digital hanya dari website digitalMamaID. Maka bisa mengetikkan literasi digital site: Digitalmama.id.

Trik googling4. Gunakan filetype: untuk mencari informasi dalam jenis file tertentu

Alih-alih artikel blog, mungkin sebagian Mama senang mencari tentang sesuatu dari dokumen resmi atau bahkan publikasi ilmiah. Biasanya informasi tersebut berupa file pdf. Jika ingin mencari informasi dalam bentuk file seperti .pdf, .xls, .ppt, .doc, dan sebagainya, Mama bisa gunakan trik Google Search ini. Misalnya ingin mencari tentang keamanan digital dalam bentuk .ppt,. Maka ketikkan keamanan digital filetype: ppt. Hasilnya, akan tampil deretan website yang menyediakan informasi tersebut dengan jenis file yang diinginkan.

Trik googling

5. Gunakan tanda bintang (*) untuk menemukan informasi dengan kalimat yang terpotong

Pernahkah Mama penasaran dengan lirik sebuah lagu yang tidak sengaja Mama dengar di suatu tempat? Trik googling menggunakan tanda bintang ini cocok untuk menemukan informasi dengan kalimat terpotong. Misalnya untuk mengingat potongan lirik sebuah lagu.

6. Melakukan dua pencarian sekaligus dengan menggunakan “OR”

Mama bisa loh mencari dua topik sekaligus dalam sekali pencarian di Google. Caranya adalah dengan menyematkan kata OR di antara dua topik yang ingin dicari dalam waktu bersamaan. Misalnya Mama ingin tahu tentang resep kue brownies dan ide bekal anak secara bersamaan.

Trik Google Search

7. Gunakan dua titik (..) untuk menemukan konten dengan jumlah tertentu

Jika mencari rekomendasi tentang sesuatu tapi Google hanya menampilkan lima atau sepuluh saja. Berikan dua titik (..) dan akhiri dengan angka atau jumlah yang diinginkan. Maka artikel  yang paling mendekati keinginan akan muncul sesuai dengan jumlah yang dicari.

Trik Google Search

8. Gunakan intitle: untuk menemukan judul dengan kata kunci tertentu

Mungkin Mama adalah blogger yang seringkali kehabisan ide untuk konten menulis. Padahal konsistensi menulis sangat berperan penting untuk menggenjot SEO website. Daripada bingung, Mama bisa riset dengan intitle: dan kata kunci tertentu yang dicari. Ini memungkinkan untuk mendapatkan deretan inspirasi ide konten untuk menulis.

Trik Google Search

9. Gunakan tanda kurung siku “[..]” untuk mencari konten yang mirip agar traffic dan SEO website terjaga

Banyak konten website yang serupa dan saling bersaing di Google. Dikutip dari situs Niagahoster, jika hal ini terjadi di dalam sebuah website yang sama, akan memunculkan konten kanibal. Artinya satu konten mematikan konten lainnya dari sisi traffic. Namun, jika terjadi di website berbeda, maka bisa mengindikasikan adanya konten plagiat. Hal ini tentu merugikan dari segi traffic dan kredibilitas.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Mama bisa memeriksa terlebih dahulu konten-konten serupa dengan cara memasukkan kata kunci ke dalam tanda kurung siku “[…]”. Lalu mama akan menemukan deretan konten yang memiliki kesamaan judul dan isi.

Trik Google Search

10. Gunakan inurl: untuk mencari konten dengan kata kunci tertentu di URL

Jika situs Mama masih tenggelam, cara mengakalinya bisa dengan menggunakan strategi backlink yaitu memasang link referensi di website orang lain (guest blog). Namun, mencari referensi yang relevan itu cukup sulit dan membutuhkan waktu.

Untuk itu Mama bisa mengakali dengan cukup ketikkan inurl: kata kunci. Maka  hasilnya Google akan menampilkan deretan website yang berpotensi menjadi guest blog dan niche yang sesuai.

Trik Google Search

Semoga trik Google Search ini bisa membantu pencarian Mama jadi lebih efektif dan efisien ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *