Review Film Exhuma: Bukan Cerita Horor Biasa

Film Exhuma
Share

digitalMamaID – Film Exhuma yang bergenre horor ini laris diserbu penonton. Tidak hanya di Korea, tetapi juga Indonesia. Tidak hanya menyuguhkan cerita yang menegangkan, Exhuma memiliki banyak unsur menarik. Spoiler alert!

Kualitas film Korea yang tayang sejak tanggal 22 Februari 2024 ini berhasil membuat kagum banyak orang. Hal ini bahkan diakui oleh Joko Anwara, sutradara Indonesia yang banyak membuat film horor. Melalui akun X-nya, Joko Anwar menyebut film Exhuma ini bukan horor biasa. “Exhuma adalah film horror yang jarang muncul: menakutkan sampai level pikiran. Hampir tidak ada jumpscare, slowburn (tipe film horror favorit saya), dan penceritaan yang dewasa tapi tak mengesampingkan elemen fantasi,” tulisnya di akun X @jokoanwar, Minggu, 3 Maret 2024.

 



Sinopsis Film Exhuma

Film Exhuma berkisah mengenai dua orang dukun ternama dari Korea Selatan yang harus terbang ke Los Angeles untuk menemui kliennya yang bernama Park Ji Yeong (Kim Jae Cheol). Ji yeong meminta bantuan kepada dua dukun itu untuk mencari tahu peristiwa yang terjadi kepada keluarganya sehingga membahayakan anaknya yang baru lahir.

Dua dukun Hwa Rim (Kim Go Eun) dan juga Bonggil (Lee Do Hyun) mengetahui bahwa keluarga Park Ji Yeong diganggu oleh makhluk gaib. Makhluk itu menyerang setiap anak sulung lelaki dalam keluarganya.

Singkat cerita Hwa Rim mengetahui bahwa teror gaib yang dialami keluarga mereka itu ternyata datang dari roh nenek moyangnya mereka. Hwa Rim kemudian menyarankan adanya ritual pemindahan kuburan nenek moyang. Namun untuk pemindahan kuburan tersebut Hwa Rim meminta bantuan dengan dua rekannya yang lain, yaitu Sang Deok (Choi Min Shi) yang merupakan ahli fengshui dan seorang ahli kubur Yong Geun (Yoo Hae Jin).

Setelah mencari tahu dan juga mengecek kuburan mendiang nenek moyang mereka, Sang Deok merasa ada yang tidak beres dengan letak kuburannya. Secara fengshui, letaknya kurang bagus dan ia merasakan firasat yang tidak baik. Dari sini lah petualangan mistis keempat rekan kerja tersebut dimulai.

Belajar dari dukun asli

Akting Kim Go Eun saat memerankan Hwa Rim yang merupakan seorang dukun dalam film Exhuma menuai banyak pujian. Bahkan aktor senior Choi Min Shi memuji akting dari Kim Go Eun saat menjadi dukun dalam film tersebut.

Melalui kanal YouTube Tongtong Culture saat wawancara bersama pemeran film Exhuma, Choi Min Shi mengatakan peran yang dibawakan Kim Go Eun ini menjadi daya tarik tersendiri. Demi menjalankan perannya Kim Go Eun mengaku berguru pada dukun asli agar penampilannya maksimal.

“Pengusiran setan adalah ritual yang sangat besar dan ini adalah ritual yang sangat sulit. Kami merencanakan alurnya dengan guru dukun terlebih dahulu dan berlatih beberapa hari,” ucapnya.

Menceritakan konflik Korea dan Jepang

Film Exhuma tidak hanya menceritakan kisah hantu yang menyeramkan. Ternyata film ini hendak mengangkat kisah tanah yang dahulu direbutkan saat konflik antara Korea dan Jepang. Dalam film ini muncul hantu siluman Jepang yang sengaja dikubur di dalam tanah yang menjadi kuburan misterius nenek moyang Park Ji Yeong. Pada akhirnya diketahui bahwa siluman tersebut merupakan “penjaga” dari tanah tersebut agar seolah-olah tanah yang terlarang itu tidak dapat diinjak oleh siapapun termasuk oleh orang Korea. Siapapun yang mengganggu tanah tersebut akan mendapatkan kesialan.

Wah, pantas saja film ini sukses jadi box office di Korea! Film ini juga masuk ke deretan film Korea yang laris di Indonesia. Mama berani nonton? [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *