Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat untuk Mama

Image by Pictavio from Pixabay
Share

digitalMamaID – Setelah menjalani puasa seharian, ada baiknya Mama menyediakan makanan yang sehat sebagai menu berbuka puasa.

Konsumsi makanan sehat saat berbuka puasa dapat mengembalikan energi Mama dan keluarga.

Apalagi, buat Mama yang harus menjalani rutinitas menjaga anak dan menyelesaikan urusan rumah tangga selama berpuasa.

Selain itu, makanan sehat seperti kurma dan jus buah tanpa gula dapat mengembalikan kadar gula darah ke tingkat normal.

Tidak dianjurkan pula berbuka puasa dengan makanan tinggi lemak seperti gorengan atau minuman manis seperti sirup.

Jenis makanan itu dapat menyebabkan tubuh lebih lesu dan berisiko meningkatkan berat badan hingga berlebihan.

Dirangkum dari situs resmi Siloam Hospital dan Halodoc, setidaknya ada sejumlah makanan yang dikategorikan sehat untuk menu berbuka puasa sebagai berikut:

1. Kurma

Buah yang manis ini sangat mudah ditemukan selama bulan puasa. Kurma mengandung karbohidrat sederhana yang bisa menjadi sumber energi untuk tubuh.

Selain itu, kandungan serat pada kurma membuat lebih cepat kenyang sehingga mencegah kita makan berlebihan saat berbuka puasa.

2. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Mengonsumsi telur saat berbuka puasa juga membuat Mama lebih cepat kenyang sehingga bisa mengatur porsi makan malam lebih baik.

Image by Silvia from Pixabay
Image by Silvia from Pixabay

3. Buah-buahan

Selain kurma, buah lainnya juga bisa menjadi menu pilihan berbuka puasa. Buah-buahan lainnya bisa disantap bersamaan dengan kurma.

Mama dapat mengolah buah-buahan segar dalam bentuk salad, jus buah, atau sup buah. Salah satu buah yang baik untuk berbuka puasa yaitu semangka karena megandung banyak air dan kandungan vitaminnya tinggi.

Selain semangka, ada pisang yang mengandung gula alami serta serat.

Image by Matthias Böckel from Pixabay

Image by Matthias Böckel from Pixabay

4. Sayuran

Sayuran bisa menjadi menu pilihan untuk buka puasa. Mama bisa menyajikan sayuran dalam bentuk salad atau sup sayur. Untuk menambah kelezatannya, sayuran dapat dikombinasikan dengan protein seperti telur atau daging ayam.

Mengonsumsi sup sayur dengan campuran sayur segar seperti wortel, bayam, atau sawi dapat mengembalikan energi sekaligus cairan tubuh yang hilang selama puasa.

Image by -Rita-‍ und mit ❤ from Pixabay

Image by -Rita-‍ und mit ❤ from Pixabay

5. Daging ayam

Selain dapat dicampur dalam sayur, daging ayam enak juga kalau dikonsumsi dengan karbohidrat seperti kentang rebus atau kentang tumbuk.

Jangan lupa untuk memilih daging ayam tanpa kulit ya Ma, untuk mengurangi lemak yang tak perlu.

Selain itu, daging ayam dapat diolah dalam beragam jenis makanan, mulai dari sup, ayam panggang, ayam kukus, atau soto bening.

Kandungan nutrisi dalam daging ayam, seperti protein maupun vitamin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh setelah berpuasa.

Image by tomwieden from Pixabay

Image by tomwieden from Pixabay

6. Daging merah

Daging merah merupakan salah satu sumber protein, lemak, dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah anemia.

Jika sulit didapatkan, daging merah dapat digantikan dengan hati ayam dan sayur tinggi zat besi, seperti bayam, brokoli, dan kentang.

Image by Wow Phochiangrak from Pixabay

Image by Wow Phochiangrak from Pixabay

7. Ikan

Selain daging merah dan daging ayam, ikan bisa menjadi alternatif menu buka puasa sehat.

Kandungan protein dan vitamin B dalam ikan dapat membantu mengembalikan energi MAma dan keluarga. Lebih baik jika mengonsumsi ikan yang mengandung lemak baik (omega-3), seperti tuna, salmon, atau ikan sarden.

Image by StockSnap from Pixabay

Image by StockSnap from Pixabay

8. Air mineral

Jangan lupakan air mineral dalam menu buka puasa Mama ya.

Mengonsumsi air mineral penting demi memenuhi kebutuhan cairan tubuh, terlebih selama bulan puasa.

Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh secara berkala sejak berbuka hingga sahur.

Gunakan metode 2-4-2, yaitu dua gelas saat berbuka, empat gelas di sela-sela waktu berbuka dan sahur, serta dua gelas saat sahur.

Nah, semoga sejumlah makanan di atas dapat menjadi pilihan menu berbuka puasa bagi Mama yang ingin gaya hidup lebih sehat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *