Menjaga Semangat Berwirausaha

Share

digitalMamaIDSemangat berwirausaha kaum milenial untuk  mulai berwirausaha harus selalu dijaga. Kewirausahaan ini merupakan semangat yang diperlukan untuk menghadapi ekonomi berkelanjutan di era industri  5.0.

Hal ini menjadi tema talkshow bertajuk “UMANILA: Usaha Milik Kaum Milenial” yang diselenggarakan oleh Ars University, Sabtu, 27 Januari 2024 di Aula Ars Univesity, Jalan Sekolah Internasional nomor 1-2, Kota Bandung.

Hadir sebagai bintang tamu sekaligus pembicara utama ialah dosen filsafat UIN Kalijaga, Yogyakarta Dr. Fahrudin Faiz. Ia menyampaikan matera yang berjudul “Elevate the Fearless Soul Up”. Ia mengatakan pada saat sedih  kita jangan menganggap itu sebagai kesedihan karena aku dan kesedihan adalah sumber ilmu pengetahuan.

“Untuk enterpreneur disarankan menghindari lima jari tangan kiri, yaitu karakter penjilat, sok kuasa, tidak jelas, narsis, usil. Sebaliknya, jalani lima jari tangan  kanan yaitu teladan,  pembimbing, adil, cinta, pengetahuan dan ketrampilan,” tuturnya.

Fahrudin yang menjadi idola jutaan netizen milenial di Indonesia ini mengungkapkan petingnya agar memahami pola hidup yang dinamis. Tidak semua hal bisa bisa kita kontrol. Ada hal-hal yang terjadi di luar kendali kita. Itu sebabnya perlu mentalitas yang siap menghadapi dinamika hidup semacam ini.

Sementara itu, Dekan Fakultas Komunikasi dan Desain (FKD) Ars University Dr. Dasrun Hidayat, S.Sos., M.Si mengatakan, Mencetak lulusan  yang bisa  menciptakan lapangan pekerjaan merupakan salah satu perwujudan visi dan misi kampus. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Pelaksana Malik Abdul Rasyid. “Kegiatan ini relevan dengan visi dan misi Ars University dalam mengembangkan jiwa wirausaha milenial,” katanya.

Talk show ini juga menghadirkan beberapa narasumber ahli dan pelaku UMKM, antara lain Dr. Djoko Utomo (Badan Arsip Nasional RI), Auliya Agung Pratama, S.E. (Manager Sentra Wilayah UMKM Bandung Raya), Eka Yudistira, S.E. (Officer Sentra UMKM/Pesat Wilayah I Bank BJB), Ilham Pinastiko (CEO Pala Nusantara), dan Tetty Ariyani, S.Ikom (Ketua UKM POOCI). Kelima narasumber ini membahas  terobosan program terbaru BJB terkait pengemasan program enterpreneur muda sebagai wadah pelaku utama UMKM,  strategi pemasaran, inovasi produk, pengembangan bisnis dan tantangan yang akan dihadapi pengusaha UMKM. Beberapa dosen FKD juga hadir dalam acara ini, antara lain Dr. Nila Nurlimah, Dr. Amalia, Maya Retnasari, M.Ikom, Femi Oktaviani, M.Ikom, dan Elliana Susan, M.Ikom.

Salah seorang peserta talk show Bulan Rizkia mengatakan, ia terinspirasi untuk memulai usaha mandiri yang sesuai dengan minatnya. “Terima kasih atas kegiatan yang sangat berharga ini, saya sangat terinspirasi untuk membuka usaha fashion secara online,” katanya.

Peserta lainnya, Neng Heni  mengungkapkan kebahagiaannya bisa berjumpa dengan bintang tamu acara ini. “ Saya sangat mengidolakan Pak Faiz. Saya selalu mengikuti ceramah beliau lewat YouTube Ngaji Filsafat. Ceramahnya sangat menyejukkan,” katanya. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *