Generasi Z Perlu Memahami Etika Bermedia Sosial

Seminar Siberkreasi bertajuk "Anak Indonesia Beretika di Media Sosial" di Aula Kampus Ars University Bandung, Kamis, 11 Januari 2024.
Share

digitalMamaID – Generasi Z perlu memehami soal etika bermedia sosial. Hal ini penting agar aktivitas Gen Z di media sosial aman dan tetap produktif.

Hal inilah yang mendorong diselengarakannya Seminar Siberkreasi Ars University yang bertajuk “Anak Indonesia Beretika di Media Sosial” yang digelar di Kampus Ars University Jalan Terusa Sekolah Internasional, Antapani, Kota Bandung, Kamis, 11 Januari 2024. Ratusan siswa dari SMAN 23 Bandung, SMA Pelita, dan SMK MVP Internasional hadir sebagai peserta seminar ini.

Hadir sebagai pembicara adalah Rosa Annisa Safira dan Wusana Bayu Pamungkas S.Pt M.I.Kom. Keduanya merupakan aktivis muda yang berkontribusi positif di media sosial. Materi yang disampaikan menginspirasi para peserta, mengajak generasi muda untuk menggunakan media sosial secara beretika dan tidak terjerumus dalam arus negatif.

“Kegiatan seperti ini perlu untuk mendidik dan meningkatkan literasi digital, khususnya Generasi Z yang intensif menggunakan media sosial,” kata Dekan Fakultas Komunikasi dan Desain (FKD) ARS University Dr. Dasrun Hidayat, S.SOS, M.I.KOM seperti dikutip dari siaran pers yang diterima redaksi digitalMamaID. Hadir pula di acara ini beberapa dosen FKD, antara lain Dr. Nila Nurlimah, Dra., M.Si, Maya Retnasari, M.Ikom dan Iris Fatia Maharani, S.Sos., M.Ikom.

Seminar ini diselenggarakan oleh mahasiswa semester 5 jurusan Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Social Media Strategist di Ars University. Ketua Panitia kegiatan ini, Risti Nur Rihadhatul Aisy mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa SMA di Kota Bandung agar cerdas bermedia sosial.

Salah seorang peserta seminar mengaku terinspirasu untuk selalu bijak saat menggunakan media sosial. “Terima kasih atas kegiatan ini, saya terinspirasi untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana pengembangan diri,” katanya.

Peserta lainnya mengungkapkan, di era digital ini, banyak generasi muda terperangkap dalam penggunaan media sosial. “Maka seminar ini bermanfaat sekali bagi kami agar bisa berselancar di media sosial dengan aman,” katanya. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *