Memahami “Terms of Service” yang Rumit, Manfaatkan Website Ini

Ilustrasi terms of service atau kebijakan layanan
Share

digitalMamaID – Sebelum menggunakan sebuah aplikasi, biasanya kita “dipaksa” untuk menyetujui ketentuan layanan atau terms of service. Kita harus menyetujui ketentuan tersebut tanpa membaca dan benar-benar memahami ketentuan tersebut. Ada website yang bisa membantu kita memahami terms of service ini, lho, Mama!

Pernahkah Mama membaca atau mendengar cerita soal pengguna pinjaman online (pinjol) yang ditagih utangnya ke teman atau kenalan yang ada di daftar kontaknya. Pengguna tidak dengan sengaja mendaftarkan nomor kita atau temannya sebagai penjamin. Akan tetapi, saat memasang aplikasi pinjol tersebut, pengguna telah memberi persetujuan kepada aplikasi untuk mengakses seluruh nomor kontak, mengirim pesan, bahkan membuat panggilan. Semua itu tertera di ketentuan layanan yang telah disetujui saat memasang aplikasi itu di ponsel. Sayangnya, semua itu dilakukan tanpa sadar.

Sepertinya nyaris tak ada yang membaca ketentuan layanan itu. Selain terlalu panjang, tulisannya pun kecil-kecil. Ditambah lagi ketergesaan ingin segera menggunakan aplikasi, ketentuan layanan ini makin tidak terbaca. Pengguna langsung menyatakan sudah membaca dan memahami, meski pada kenyataannya tidak sama sekali.

Masalah inilah yang coba dipecahkan oleh Tosdr.org, sebuah platform yang fokusnya menyederhanakan informasi dalam syarat dan ketentuan layanan (terms of service) berbagai situs web dan layanan online. Nama website ini sendiri merupakan singkatan dari Terms of Service; Didn’t Read.

Membantu pengguna layanan digital

Website Tosdr.org ini berusaha memberikan pemahaman yang lebih jelas dan mudah dipahami kepada pengguna tentang apa yang mereka setujui ketika menggunakan layanan online tertentu. Tosdr.org menjadi perpanjangan tangan bagi pengguna internet yang ingin mengerti implikasi dari setiap persetujuan yang mereka buat saat menggunakan layanan daring. Situs ini menilai dan mengulas syarat dan ketentuan berbagai layanan berdasarkan beberapa kriteria, seperti privasi, hak cipta, dan kontrol pengguna.

Kelebihan utama Tosdr.org adalah menyajikan informasi yang kompleks dalam bentuk poin-poin yang mudah dimengerti. Ini membantu pengguna untuk langsung mengetahui aspek penting dalam terms or service tanpa harus membaca dokumen yang panjang dan sulit dipahami.

Tosdr.org dibangun oleh komunitas sukarelawan yang terdiri dari pengembang, pengacara, dan aktivis privasi digital. Proyek ini merupakan hasil kerja sama dari individu-individu yang peduli dengan transparansi informasi dalam syarat dan ketentuan layanan daring.

Awalnya, proyek ini dimulai pada tahun 2012 oleh Hugo Roy dan Michiel de Jong sebagai upaya untuk membuat informasi tentang terms of service lebih mudah dipahami oleh pengguna internet. Sejak saat itu, proyek ini terus berkembang dengan kontribusi dari sukarelawan yang tergabung dalam komunitas yang berbagi tujuan yang sama.

Tosdr.org merupakan proyek open-source yang artinya kode sumbernya dapat dilihat dan diperbaiki oleh siapa pun yang ingin berkontribusi. Dalam perjalanannya, proyek ini mengandalkan dukungan dari komunitas untuk menyediakan informasi yang akurat dan berguna bagi pengguna internet di seluruh dunia.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by digitalMamaID (@digitalmamaid)

Klasifikasi

Tosdr.org membuat klasifikasi untuk memberi peringkat pada layanan berdasarkan seberapa baik atau buruk syarat dan ketentuan layanan mereka terhadap kepentingan pengguna. Klasifikasi ini mengikuti skala A hingga E, mirip seperti nilai di sekolah.

Berikut penjelasan setiap klasifikasi grade di Tosdr.org:

1. Grade A

  • Layanan dengan skor Grade A memiliki syarat dan ketentuan yang sangat baik bagi hak-hak pengguna.
  • Mereka biasanya memberikan kontrol yang baik kepada pengguna atas data pribadi dan memiliki praktik privasi yang kuat.
  • Informasi yang jelas dan transparan disediakan kepada pengguna.

2. Grade B

  • Layanan dengan skor Grade B umumnya baik namun mungkin memiliki beberapa aspek yang perlu diperhatikan.
  • Meskipun tidak sebaik Grade A, mereka memberikan sebagian besar hak-hak dasar kepada pengguna.

3. Grade C

  • Grade C menunjukkan bahwa layanan memiliki beberapa ketentuan yang mempengaruhi hak-hak pengguna.
  • Mungkin ada area yang memerlukan perhatian lebih terutama terkait privasi dan kontrol pengguna.

4. Grade D

  • Layanan dengan skor Grade D memiliki syarat dan ketentuan yang memerlukan perbaikan signifikan.
  • Ada banyak ketentuan yang merugikan pengguna atau kurang transparan.

5. Grade E

  • Ini adalah skor terendah yang menandakan bahwa layanan memiliki banyak masalah serius dalam syarat dan ketentuan mereka.
  • Penggunaan layanan ini dapat memiliki implikasi yang sangat merugikan bagi privasi atau hak-hak pengguna.

Klasifikasi grade ini membantu pengguna untuk dengan cepat mengetahui seberapa baik atau buruk suatu layanan dalam memperlakukan hak-hak mereka. Dengan menggunakan sistem peringkat ini, Tosdr.org membantu pengguna untuk membuat keputusan yang lebih cerdas dan berbasis informasi ketika memilih layanan daring yang mereka gunakan.

Manfaat layanan Tosdr.org

Pengguna bisa memanfaatkan website Tosdr.org dalam beberapa cara, antara lain:

1. Mendapatkan informasi sebelum memakai layanan

Sebelum menggunakan layanan atau membuat akun baru, kunjungi Tosdr.org untuk melihat peringkat dan ringkasan syarat dan ketentuan layanan tersebut. Ini membantu untuk memahami risiko dan keuntungan yang terkait dengan penggunaan layanan tersebut.

2. Pemahaman yang lebih baik

Jika Mama ingin memahami lebih dalam tentang aspek tertentu dari terms of service suatu layanan, Tosdr.org menyajikan informasi secara terperinci tentang poin-poin penting. Ini membantu untuk mengetahui dampak penggunaan layanan terhadap privasi, hak cipta, dan kontrol pengguna.

3. Membandingkan layanan

Tosdr.org memungkinkan pengguna untuk membandingkan syarat dan ketentuan layanan dari beberapa platform. Ini membantu dalam memilih layanan yang lebih sesuai dengan preferensi privasi dan hak-hak pengguna.

4. Keputusan yang lebih sadar

Dengan informasi yang disediakan oleh Tosdr.org, pengguna dapat membuat keputusan yang lebih sadar ketika menggunakan layanan online. Ini memungkinkan pengguna mempertimbangkan risiko dan keuntungan dengan lebih baik sebelum menyetujui terms of service sebuah layanan.

5. Memberikan umpan balik

Tosdr.org menerima kontribusi dari pengguna. Jika Anda menemukan informasi yang tidak tepat atau ingin berbagi penilaian tentang suatu layanan, Anda bisa memberikan umpan balik kepada Tosdr.org. Ini membantu dalam meningkatkan kualitas informasi yang disediakan kepada pengguna lainnya.

Memanfaatkan layanan seperti Tosdr.org membantu pengguna agar lebih sadar akan hak-hak mereka dalam penggunaan layanan daring. Dengan informasi yang lebih transparan dan mudah dicerna, pengguna dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan berbasis informasi ketika berinteraksi dengan layanan online.

Cara mengakses layanan

Mama dapat mengakses layanan tosdr.org melalui browser web di alamat https://tosdr.org/. Begitu sampai di situs web mereka, Mama akan menemukan berbagai informasi terkait syarat dan ketentuan layanan dari berbagai situs dan layanan daring yang telah mereka tinjau.

Navigasi di situs ini cukup intuitif. Mama dapat mencari layanan tertentu menggunakan kotak pencarian atau melalui daftar layanan yang telah dikategorikan. Setiap layanan memiliki halaman tersendiri yang berisi ringkasan poin-poin penting dari terms of service, serta peringkat grade (A hingga E) yang menunjukkan kualitas dari layanan tersebut.

Selain itu, Tosdr.org juga memiliki ekstensi browser yang dapat membantu pengguna melihat ringkasan ketentuan layanan secara langsung saat mengunjungi situs web tertentu. Ekstensi ini tersedia untuk beberapa browser populer seperti Chrome, Firefox, dan Safari.

Mulai sekarang, setiap akan menggunakan layanan online, Mama bisa mengunjungi Tosdr.org lebih dahulu untuk mengetahui terms of service penyedia layanan. Supaya tahu konsekuensi apa saja yang kita tanggung saat menggunakan layanan tersebut. Selamat mencoba! [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *