Drakor Daily Dose of Sunshine Selami Persoalan Kesehatan Mental

Drakor Daily Dose of Sunshine
Share

digitalMamaID – Drama Korea (drakor) Daily Dose of Sunshine membahas tentang kesehatan mental yang sekarang sedang banyak dibicarakan. Wajib masuk daftar tontonan Mama, nih!

Drakor Daily Dose of Sunshine merupakan adaptasi dari webtoon dengan judul Internasional Morning Comes to Psychiatric Wards yang ditulis oleh seorang mantan perawat. Serial yang tayang di Netflix ini disutradarai oleh Lee Jae-kyoo dan dibintangi oleh Park Bo-young, Yeon Woo-jin, Jang Dong-yoon, dan Lee Junh-eun.

Drama seri Korea ini berkisah tentang seorang perawat penyakit dalam yang dipindahkan ke bangsal neuropsikiatri. Awalnya, Jung Da-eun (Park Bo-young) sangat kesulitan menjalankan tugasnya. Menjadi perawat di bangsal neuropsikiatri adalah pengalaman baru baginya. Tugasnya pun berbeda jauh dari pekerjaan sebelumnya.

Pasien-pasien yang memiliki keunikan masing-masing menjadi tantangan tersendiri baginya. Beberapa kesalahan dalam menangani pasien tak bisa dihindarinya, namun Da-eun tak putus asa. Dia selalu belajar dari kesalahan dan mencoba untuk memperbaikinya. Dengan usaha kerasnya, Da-eun bisa menangani pasien-pasiennya. Bahkan, karena ketulusan hatinya Da-eun dijuluki perawat yang baik hati.

Gangguan kepribadian

Di rumah sakit yang sama tempat Da-eun bekerja, Dong Go-geun (Yeon Woo-jin) yang bekerja sebagai dokter spesialisasi proktologi memiliki kepribadian yang tak menentu. Go-geun terpaksa harus rutin datang ke bangsal neuropsikiatri untuk menyembuhkan kepribadiannya. Di sanalah, Go-geun bertemu dengan Da-eun.

Go-geun adalah sosok pria yang humoris dan perhatian. Dia kerap kali memperhatikan Da-eun secara diam-diam. Go-geun mulai mengagumi Da-eun karena melihat perjuangan dan kerja keras Da-eun ketika memperlakukan pasien-pasiennnya.

Anehnya, Go-geun tidak pernah menyembunyikan jari-jari tangannya saat bertemu dengan Da-eun. Padahal, Go-geun selalu menyembunyikan jari-jari tangannya di saku celana.

Dari keanehan tersebut Go-geun mulai berpikir bahwa ada perasaan yang tidak biasa dalam hatinya kepada Da-eun. Ia pun mulai mendekati Da-eun dan memberikan perhatian lebih kepadanya.

Gangguan kecemasan

Di sisi lain, sahabat Da-Eun, Song Yu-chan (Jang Dong-yoon), ternyata sudah lama menderita gangguan kecemasan. Hal itu  karena tekanan pekerjaan sebelumnya. Itu sebabnya ia memilih bekerja di restoran milik orangtuanya.

Namun, pada saat-saat tertentu saat Yu-chan merasa tertekan gangguan tersebut kerap kali muncul menghampirinya, sampai membuat dadanya sesak dan susah bernafas. Ia berusaha menyembunyikannya dari Da-eun.

Suatu saat, Go-geun yang merupakan salah satu pelanggan resto ayam milik Yu-chan memesan ayam seperti biasanya. Tanpa disengaja Go-geun mendapati Yu-chan yang tengah menahan sesak di dadanya. Saat itu pula Go-geun berpikir bahwa kondisi Yu-chan tidak baik-baik saja.

Akhirnya, Go-geun menyarankan Yu-chan untuk berobat ke bangsal psikiatri. Namun Yu-chan menolaknya. Go-geun merasa tidak ada pilihan lain, untuk itu ia memberitahu Da-eun tentang kondisi Yu-chan.

Usaha Da-eun meyakinkan Yu-chan pun berhasil, akhirnya Yu-chan bersedia untuk berobat ke bangsal psikiatri.

Depresi

Konflik drakor ini pun tidak berakhir sampai disini. Puncaknya adalah ketika Da-eun mengalami depresi akibat salah satu pasien yang dekat dengannya.

Pasien tersebut memilih untuk mengakhiri hidupnya. Kejiwaan Da-eun sangat terguncang, perasaan bersalah selalu menghantuinya. Ia mulai menunjukkan tanda-tanda yang tidak biasa.

Dari malas melakukan aktivitas hingga kerap ingin menyendiri. Go-geun dan Yu-chan mulai menghawatirkan kesehatan Da-eun. Berbagai cara mereka lakukan hingga mengirim Da-eun ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan.

Awalnya Da-eun menolak untuk melakukan pengobatan karena dia belum menyadari jika jiwanya mengalami gangguan. Da-eun pun kerap kali memberontak ketika dilakukan pemeriksaan. Hingga pada suatu saat, Da-eun mengingat semua yang terjadi kepadanya.

Pulih

Keinginannya untuk cepat pulih membuat kesembuhannya semakin cepat. Akan tetapi, Da-eun merasa tidak pantas untuk kembali bekerja menjadi perawat di bangsal psikiatri. Ia berencana mengundurkan diri dan mencari pekerjaan lain.

Go-geun yang mengetahui niat Da-eun berusaha keras untuk menghentikannya, dan meyakinkan Da-eun bahwa pekerjaan menjadi perawat adalah profesi yang cocok untuknya. Namun, usaha Go-geun tidak berhasil untuk mengurungkan niat Da-eun.

Hingga kepala perawat berusaha menemui Da-eun dan meyakinkannya. Dengan penuh keyakinan Da-eun berusaha untuk kembali bekerja. Tapi, di sisi lain para keluarga pasien terus menolak kehadiran Da-eun. Mereka membuat kegaduhan di rumah sakit tempat Da-eun bekerja.

Permasalahan yang dialami Da-eun kian rumit. Rasanya Da-eun ingin menyerah dan mengundurkan diri, namun semua orang yang menyayanginya selalu memberikan dukungan lebih kepadanya.

Ternyata gangguan kesehatan mental bisa menghampiri siapa saja, dokter dan perawat tak terkecuali. Dari drakor Daily Dose Of Sunshine ini penonton bisa menyelami berbagai jenis gangguan mentaal. Pemahaman tentang kesehatan mental sangat penting untuk menghapus stigma penderita gangguan kesehatan mental. Pemahaman yang baik ini juga bisa menjadi dasar untuk membentuk sistem dukung yang kuat bagi penderita gangguan kesehatan mental agar bisa pulih.

Mama bisa menonton akhir kisah Da-eun di Netflix, ya! Selamat menonton! [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *