Serial Netflix Gadis Kretek, Ambisi dan Cinta yang Kandas

Serial Netflix Gadis Kretek
Share

digitalMamaID – Sejak penayangannya, serial Netflix Gadis Kretek menjadi perbincangan penonton Indonesia. Tidak hanya karena dibintangi pemain papan atas,  tapi juga menyuguhkan kisah perlawanan perempuan dengan plot twist yang megejutkan.

Serial ini berkisah tentang seorang gadis bernama Dasiyah yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Ia sangat tertarik dengan dunia kretek yang ketika itu didominasi oleh kaum pria. Jeng Yah – begitu Dasiyah akrab disapa – begitu mencintai kretek. Ia ingin suatu hari bisa meracik saus kretek untuk rokoknya. Namun, perempuan masih dianggap sebelah mata ketika itu. Jangankan meracik saus, memasuki ruangannya saja tidak diperbolehkan.

Dasiyah hanya dapat melihat ruangan tempat para lelaki meramu saus kretek hanya dari luar. Tak pernah ia tahu bagaimana isi dari ruangan tersebut. Namun sosok Soeraja, orang yang bekerja di pabrik kretek Bapak Dasiyah itu menangkap ambisi dan keinginan Daisyah. Diam-diam ia membantu Dasiyah masuk ke dalam ruang saus dan juga terlibat dalam pemilihan tembakau untuk kretek pabrik Pak Idroes, bapak Dasiyah. Padahal, Soeraja ialah orang kepercayaan keluarga Dasiyah. Hanya dialah yang menangkap ketertarikan dan juga bakatnya Dasiyah itu.

Unsur patriarki yang kental

Serial Netflix Gadis Kretek diadaptasi dari Novel karangan Ratih Kumala. Tayangan ini menjadi buah bibir penikmat serial di Indonesia karena cerita yang menguras emosi. Berlatar salah satu kota di Jawa Tengah pada tahun 1960-an, Gadis Kretek mengangkat soal ketimpangan antara perempuan dan laki-laki.

Beberapa kali tokoh perempuan selalu disebut-sebut tidak bisa mengambil peran untuk hal yang penting. Diceritakan, seorang perempuan seorang perempuan hanya bisa jadi pelinting rokok saja. Dasiyah tidak memiliki kekuasaan ketika ingin menyuarakan pendapatnya ketika pemasok tembakau yang biasanya bekerja sama dengan bapaknya bermain culas. Ia juga tidak bisa berbuat apa-apa ketika merasa ada rasa yang berbeda dari kretek yang diproduksi di pabrik bapaknya. Beberapa isu mengenai peran wanita yang dikerdilkan disuguhkan dalam cerita Gadis Kretek ini.

Ambisi mempertemukan cintanya

Ketika Soeraja menangkap keinginan Dasiyah yang begitu besar, lelaki ini pun sekuat tenaga membantu agar ia untuk dapat mewujudkan mimpinya. Soeraja membantu Dasiyah memasuki ruangan saus yang sebelumnya tidak mungkin diinjak oleh Dasiyah. Hal itu membuat hati Dasiyah tersentuh. Diam-diam ia mulai memiliki perasaan kepada Soeraja. Ternyata perasaan itu bukan hanya milik Dasiyah saja.  Soeraja pun nyatanya jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Dasiyah.

Akhirnya mereka berdua menyampaikan persoalan hati ini kepada orangtua Dasiyah. Pada mulanya, orangtua Dasiyah menentang hubungan keduanya. mereka menyampaikan  pernyataan ketertarikan satu sama lain terhadap orang tua Dasiyah. Alasannya, Dasiyah telah memiliki tunangan. 

Hubungan ini pun akhirnya kandas saat Dasiyah dan ayahnya ditangkap karena jadi korban fitnah pergolakan politik tahun 1965 usai terjadinya G30S/PKI. Nama Pak Idroes dan Dasiyah terseret, mereka ditangkap lalu dipenjara. Hal itu tidak hanya membuat Dasiyah kehilangan cintanya, tapi juga kehilangan cita-citanya membuat saus kretek andal di pabriknya sendiri. 

Serial Netflix ini menyajikan cerita dengan alur maju dan mundur. Serial Gadis Kretek terdiri dari lima episode dan dapat ditonton di Netlix mulai 2 November 2023. Mama sudah nonton atau belum, nih? [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bingung cari konten yang aman untuk anak?
 
Dapatkan rekomendasi menarik dan berikan pendapatmu di Screen Score!
Ilustrasi melatih anak bicara/Bukbis Ismet Candra Bey/digitalMamaID