Kapan Saat yang Tepat Memakai Air Purifier di Rumah?

Ilustrasi air purifier
Share

digitalMamaID – Polusi udara menjadi topik hangat di linimasa. Banyak keluarga mempertimbangkan menggunakan penyaring udara atau air purifier untuk mengurangi dampaknya. Kapan sebaiknya mulai menggunakan air purifier di rumah? Simak penjelasannya di sini, Mama!

Apakah Mama punya hewan peliharaan di rumah? Atau memiliki anggota keluarga yang memiliki alergi pernapasan? Bila iya, hewan peliharaan berbulu biasanya memicu bersin dan asthma pada penderita alergi pernapasan. Tanpa hewan peliharaan pun terkadang udara kotor bisa ada di dalam rumah.

Udara yang seharusnya bersih akan terkontaminasi. Belum lagi bila berbicara soal polusi udara yang sekarang menjadi topik utama yang selalu di tajuk utama banyak media. Mama mungkin akan selalu mengecek situs pengukur kualitas udara seperti IQAir dan mulai berpikir untuk kembali memakai masker dan tidak banyak keluar rumah seperti pandemi lalu.

Untuk menciptakan hunian yang mempunyai kualitas udara baik biasanya akan dimulai dari kebersihan rumahnya terlebih dahulu. Seperti menggunakan vacuum cleaner, menyapu dan mengepel. Namun, selain itu Mama juga bisa memakai air purifier atau pemurni udara. Namun, pertanyaannya adalah, kapan sebaiknya Mama memakai air purifier di rumah? Dilansir dari The Healthy, berikut waktu kapan sebaiknya Mama memakai air purifier di rumah.

1. Saat musim alergi

Musim alergi dapat menjadi momok bagi banyak keluarga. Apakah anggota keluarga Mama sering bersin-bersin, hidung gatal, atau mata merah bila berhadapan dengan udara kotor? Air purifier dengan filter HEPA efektif dalam menghilangkan alergen seperti serbuk sari dan bulu hewan, kulit mati hewan dan bau dari udara, akan membantu Mama dan keluarga mengatasi gejala alergi.

2. Saat ada asap rokok

Jika ada anggota keluarga yang merokok di dalam rumah, udara dalam ruangan bisa menjadi berbahaya. Air purifier dengan filter karbon aktif dapat membantu menghilangkan bau asap rokok dan senyawa berbahaya dari udara, menjaga kualitas udara yang lebih baik.

3. Saat anak balita atau bayi

Bayi dan anak balita sangat rentan terhadap polusi udara. Menggunakan penyaring udara di kamar tidur mereka dapat membantu menjaga udara yang bersih, memastikan tidur yang nyaman, dan mengurangi risiko masalah pernapasan.

4. Saat cuaca ekstrem

Cuaca ekstrem seperti kebakaran hutan atau polusi udara yang tinggi dapat membuat kualitas udara di luar sangat buruk. Air purifier bisa menjadi penyelamat di dalam rumah, menciptakan zona udara bersih dan sejuk untuk keluarga Mama.

5. Saat wabah atau musim flu

Di musim flu atau saat wabah penyakit menyebar, menjaga kualitas udara di dalam rumah adalah langkah bijak. Air purifier dengan teknologi penghilangan bakteri dan virus dapat membantu melindungi keluarga dari penyebaran penyakit.

Kualitas udara di dalam rumah adalah faktor penting dalam menjaga kesehatan keluarga. Alat penyaring udara merupakan teknologi yang dapat membantu Mama menciptakan udara bersih dan sehat di dalam rumah. Dengan teknologi yang tepat, Mama dapat memberikan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman bagi keluarga tercinta. [*] 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *