Anak-anak Main Medsos, Apa yang Harus Diperhatikan?

Podcast Aku Ingin Tahu Eps. 1: Anak Boleh Ga Main Medsos?
Share

digitalMamaID – Memiliki akun media sosial kini seakan menjadi identitas digital setiap individu. Hal ini tidak terkecuali bagi anak-anak lho, Mama! Banyak anak yang sekarang sudah memiliki akses dan aktifitas di media sosial. Tapi, sebenarnya apakah boleh anak-anak boleh main medsos?

Menurut Santi Indra Astuti, Program Manager Tular Nalar, aturan umum media sosial membatasi penggunaan bagi anak usia di atas 13 tahun. Namun, berdasarkan UUD PDP (Perlindungan Data Pribadi), batasan usia yang lebih tinggi yaitu di atas 17 tahun, dengan pertimbangan bahwa di usia tersebut anak sudah memiliki sense of safety dan kematangan berpikir.

Namun, kenyataannya, banyak anak di bawah batasan usia yang sudah memiliki akun media sosial. Hal ini terutama karena kebutuhan belajar. Banyak kegiatan pembelajaran anak memanfaatkan media sosial untuk tugas dan sumber materi belajar. Hal ini memiliki dua sisi, positif dan negatif. Di satu sisi, anak bisa memanfaatkan media sosial secara baik untuk belajar dan berinteraksi. Namun, di sisi lain, anak-anak main medsos juga berisiko terpapar konten yang mungkin tidak sesuai dan berinteraksi dengan berbagai pengguna yang dapat memberikan dampak buruk.

Orang tua sebagai penjaga harus memiliki keterampilan untuk menjaga agar tetap aman meski anak-anak main medsos. Ini tak ubahnya seperti memiliki rumah. Kita ingin rumah tetap aman saat ditinggal pergi.

”Kenapa rumah dikunci atau digembok? Satu, supata rumahnya aman, tidak ada orang yang masuk, orang yang tidak dikenal, ya kan? Harta bendanya aman, orang-orang di dalam rumah itu juga aman. Faktor keamanan itu nomor satu. Nah sama, kita juga harus mengamankan rumah kita di ruang digital,” kata Program Manager Tular Nalar Santi Indra Astuti di Podcast Aku Ingin Tahu yang tayang pada Minggu, 1 Oktober 2023.

Ia mengatakan, media sosial dan akun lain milik kita di dunia digital ibarat rumah kita. Di dalamnya terdapat data dan informasipribadi kita. Maka itu perlu dijaga keamanannya. “Dijaganya pakai apa? Pakai password,” ujarnya.

Lalu, bagaimana cara menjaga agar password tetap aman? Bagaimana jika anak-anak yang sudah mempunyai media sosial diminta untuk membagi passwordnya? Ada beberapa hal yang perlu diketahui saat anak-anak main medsos. Saksikan selengkapnya di Podcast Aku Ingin Tahu di YouTube digitalMamaID. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *