Promo 11.11 dan Singles Day yang Jadi Momentum Tebar Diskon

Ilustrasi promo 11.11

digitalMamaID – Tanggal 11 November jadi salah satu hari yang dinanti oleh banyak orang karena biasanya pada hari itu bertabur diskon alias promo 11.11! Semua platform belanja online jor-joran memberi penawaran menarik. Padahal, 11 November itu merupakan Singles Day atau hari jomblo, lho! Kok jadi hari diskon sedunia sih?

Jadi begini ceritanya, Mama… Singles Day bermula dari negara Tiongkok atau China. Perayaan ini diciptakan oleh empat mahasiswa Nanjing University pada 1993. Mereka memilih 11 November karena terdiri dari empat angka satu yang dianggap cocok mewakili para jomblo.

Pada mulanya, Singles Day hanya dirayakan oleh laki-laki. Tapi kemudian meluas menjadi hari perayaan para jomblo, baik laki-laki maupun perempuan.

Sebenarnya, Singles Day ini seperti mengolok-olok orang berpasangan yang merayakan Valentine’s Day atau hari kasih sayang. Nah, Singles Day diperingati untuk merayakan kesendirian para jomblo ini. Tapi, dalam suasana yang bahagia. Bukan hari yang muram karena sedih seorang diri, justru dirayakan dengan penuh suka cita.

Seperti kita tahu, China merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. China juga mengalami ketidakseimbangan populasi antara laki-laki dan perempuan. Situasi ini mendorong kultur baru di masyarakat China, khususnya anak muda, yaitu kultur hidup melajang. Ini membuat Singles Day menjadi sangat populer di China.

Pionir promo 11.11

Raksasa e-commerce asal China, Alibaba mempopulerkan Singles Day sebagai hari penuh diskon. Alibaba memanfaatkan Singles Day untuk mengkampanyekan belanja online dengan spesial promo 11.11. Pada hari itu selama 24 jam, konsumen dimanjakan dengan potongan harga yang menggiurkan. Para jomblo ini bisa bersuka ria merayakan Singles Day dengan belanja online sampai puas! Tentu saja promo ini bisa diikuti siapa saja, yang tidak jomblo juga boleh ikut.

Pada 2020, Alibaba berhasil mencatat penjualan lebih dari 71 miliar dollar Amerika Serikat pada Singles Day dan membuatnya sebagai shopping event terbesar di seluruh dunia mengalahkan Black Friday dan Cyber Monday, dua shopping event besar yang berasal dari Amerika Serikat!

Strategi Alibaba ini lantas menjadi strategi marketing digital di banyak negara, utamanya Asia. Bahkan sekarang, mereka tidak hanya membuat promo 11.11 saja! Hampir di semua tanggal kembar kini menjadi momen berburu diskon di berbagai platform belanja online.

Jadi.. Mama sudah check out apa saja hari ini? [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *