Cara Menghemat Baterai HP, Lakukan 5 Langkah Mudah Ini

Ilustrasi cara menghemat baterai HP

Baterai handphone yang cepat sekali habis atau boros bisa mengganggu aktivitas Mama sehari-hari. Tentunya, dengan banyaknya aktivitas Mama di era digital ini yang mayoritas menggunakan handphone. Mama bisa menjajal cara menghemat baterai Hp ini agar aktivitas tidak terganggu.

Ponsel sudah menjadi bagian penting penunjang kebutuhan sehari-hari. Tidak sekadar alat komunikasi, tetapi juga untuk bekerja, mendapatkan informasi, berbelanja, olah raga, sampai menghilangkan stres. Semakin banyak yang diakses dan semakin lama waktu pemakaian, baterai HP jadi cepat habis. Mama mengalami hal seperti ini?

Lalu, bagaimana sih cara menghemat baterai HP agar tidak cepat habis? Selama ini, kita sering beranggapan baterai HP yang cepat habis disebabkan karena pengisian daya yang tidak benar. Misalnya pengisian daya yang dilakukan selama kita tidur. Ternyata tidak demikian, Mama! Dikutip dari Smartfren.com, saat ini kebanyakan handphone sudah dibekali teknologi yang akan menghentikan daya listrik secara otomatis ketika baterai telah terisi penuh. Jadi pengisian daya yang terlalu lama seharusnya tidak mengganggu performa baterai.

Agar baterai handphone tahan lama atau menjaganya tetap awet, bisa dilakukan siklus pengisian daya secara teratur. Maksudnya, Mama bisa mengisi daya handphone saat baterainya sudah 40 persen dan cabut kabel charger ketika baterai sudah terisi sekitar 80 persen.

Selain sebagai cara agar baterai handphone awet, cara ini juga berguna untuk menjaga siklus baterai handphone agar tidak merusak sistem di dalamnya.

Ada beberapa langkah mudah yang dapat diterapkan agar baterai handphone bisa bertahan lebih lama. Berikut ini lima cara menghemat baterai ponsel Mama:

1. Aktifkan dark mode

Sebagian besar handphone telah dibekali dengan fitur mode gelap (dark mode). Selain nyaman di mata, mode ini ternyata juga bisa menghemat daya baterai, khususnya pada handphone  dengan layar OLED. Pada layar OLED, piksel akan mati jika menampilkan warna hitam, sehingga hal ini dapat membuat baterai menjadi tahan lama. Agar lebih efektif, Mama juga bisa mengaktifkan dark mode di berbagai aplikasi lain seperti di Instagram, WhatsApp, dan juga YouTube.

2. Matikan fitur GPS

Seperti yang telah diketahui, fitur GPS (Global Positioning System) memiliki kemampuan untuk melacak lokasi secara real time. Namun, jika diaktifkan secara terus-menerus, fitur ini nyatanya dapat menguras daya baterai handphone. Oleh karena itu, sangat disarankan agar fitur GPS hanya diaktifkan sedang benar-benar membutuhkannya, seperti ketika sedang mencari rute ke suatu lokasi. Mama bisa mengaktifkan fitur ini lewat menu pengaturan. Pilih Settings, lalu pilih Location dan geser toggle Location Service. Fitur GPS juga dapat dimatikan dengan memilih opsi yang ada di menu-bar yang terletak di halaman utama HP.

3. Selalu gunakan Wi-Fi

Data seluler yang aktif secara terus-menerus juga dapat mempercepat konsumsi daya baterai handphone. Cara menghemat baterai handphone selanjutnya adalah dengan mematikan data seluler dan beralih menggunakan koneksi Wi-Fi. Jika sedang ingin megoptimalkan penggunaan baterai, Mama bisa mengaktifkan fitur Airplane Mode. Akan tetapi, fitur airplane mode ini akan menonaktifkan layanan provider sehingga HP tidak dapat menerima panggilan maupun SMS.

4. Hindari widgets dan wallpaper bergerak

Live wallpaper memang terlihat menarik karena mampu menampilkan animasi bergerak. Namun, pemakaian fitur ini sebaiknya dihindari jika ingin baterai handphone lebih tahan lama. Selain itu, fitur widget yang hadir di layar homescreen juga bisa berpotensi meningkatkan konsumsi daya baterai. Maka dari itu, periksalah widget mana yang tidak terlalu dibutuhkan, lalu segera nonaktifkan. Langkah ini bisa menghemat pemakaian baterai handphone.

5. Aktifkan power saving mode

Jika baterai handphone berada dalam keadaan kritis, maka Mama dapat mengaktifkan power saving mode. Mode khusus ini bisa memperpanjang pemakaian daya baterai dengan mengurangi pemakaian CPU, penggunaan jaringan, serta tingkat kecerahan layar. Hingga kini, beberapa vendor smartphone bahkan turut menyediakan power saving mode tambahan yang bisa menghemat baterai lebih jauh lagi, yaitu dengan mematikan hampir semua fungsi perangkat kecuali yang paling dasar, yaitu telepon dan SMS.

Nah, semoga cara ini bisa dicoba supaya aktivitas digital Mama menggunakan handphone berjalan lancar. Selamat mencoba!

 

One thought on “Cara Menghemat Baterai HP, Lakukan 5 Langkah Mudah Ini

  1. Pingback: 10 Cara Merawat HP Supaya Awet - digitalMamaID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *