Fitur Live Shopping Bikin Belanja Makin Sering

Ilustrasi fitur live shopping. Foto: KCKATE/Jookiko
Share

digitalMamaID – Siapa yang sudah pernah coba belanja menggunakan fitur live shopping atau live streaming? Seru, lho! Apalagi belanja di “tanggal kembar”, banyak diskon menarik hingga harga miring. Alhasil semua barang yang ada di keranjang di-checkout. Akibatnya, pusing sendiri deh!

Live streaming shopping merupakan tren belanja online di e-commerce. Industri ini berlomba-lomba menghadirkan fitur live streaming yang digadang-gadangkan akan menjadi masa depan tren belanja online.

Pandemi Covid 19 lalu berperan besar mengubah cara belanja masyarakat Indonesia. Dari yang semula offline menjadi online, lalu berkembang menjadi belanja online dengan live streaming atau live shopping. Menurut Jet Commerce, antara periode Maret 2020 hingga Juli 2021, pembelian dari live streaming di seluruh dunia meningkat sebesar 76%.

Perkembangan konsep live shopping 

Konsep live shopping sebetulnya bukanlah fenomena baru. Mungkin masih ingat sebelumnya sudah pernah ada live shopping di televisi, dimana pembeli dapat berinteraksi langsung dengan penjual via telepon yang disiarkan langsung di televisi.  Konsep live shopping ini merupakan salah satu strategi dari shoppertainment.

Ketika live shopping berlangsung, penjual atau host akan menjelaskan setiap produk yang ada di etalase, tentu dengan gaya yang atraktif. Penjual memajang fisik produk sehingga pembeli dapat melihat secara langsung seperti layaknya berbelanja langsung di toko konvensional. Pembeli juga dapat  berinteraksi dengan penjual atau host siaran, bahkan pembeli dapat bertanya mengenai produk lain yang tidak ada di etalase.

Keuntungan live shopping

Bagian yang paling seru live shopping adalah banyaknya promo menarik. Mulai dari diskon khusus yang membuat harga miring, cashback, sampai dengan gratis ongkos kirim. Pembeli jadi mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah dari biasanya.

Live shopping semakin seru dengan kehadiran host yang sangat persuasif. “Silakan lihat di etalase nomor sekian kakak,” demikian salah satu ungkapan yang paling sering digunakan oleh host. Ada juga yang sering mendorong pembeli untuk segera bertransaksi, “Yang sudah checkout segera payment ya, Kak.”

Tips belanja aman di live shopping

Beberapa e-commerce favorit yang memiliki fitur live shopping adalah:

  1. Shopee, memiliki fitur Shopee Live. Beberapa keuntungan belanja di Shopee Live meliputi gratis ongkir dan diskon toko atau produk
  2. TikTok, juga memiliki fitur belanja melalui live stream shop. Produk yang dijual biasanya ditampilkan dalam jendela kecil di pojok kanan bawah.
  3. Tokopedia, menyediakan fitur belanja live bernama Tokopedia Play

Hasil survei JakPat periode Juni 2022 menunjukkan, sebagian besar atau 55% responden  mengatakan pernah belanja menggunakan fitur live shopping. Sementara itu, 45% di antaranya belum pernah. Tercatat pengguna live shopping shopee terbanyak di Indonesia, yaitu 83.4%, Tiktok 42.2%, dan Tokopedia 30.4%.

Untuk persiapan live shopping di tanggal kembar mendatang, berikut tips berbelanja aman:

  1. Pilih penjual terpercaya, belanja dari penjual yang memiliki reputasi baik. Cek ulasan dan feedback dari pembeli sebelumnya. Pastikan memiliki kebijakan pengembalian yang jelas.
  2. Hindari platform tidak terdaftar, jangan belanja di platform live shopping yang tidak terdaftar atau kurang dikenal.
  3. Periksa kualitas produk, tanyakan tentang material produk. Pastikan memahami apa yang akan dibeli sebelum melakukan pembayaran.
  4. Perhatikan diskon dan penawaran. Tidak usah terburu-buru membeli hanya karena ada diskon. Bandingkan harga terlebih dahulu dan memastikan diskon tersebut nyata.
  5. Ikuti live shopping dengan teliti. Jangan ragu untuk bertanya sebelum memutuskan membeli.
  6. Perhatikan detail link pembelian. Periksa link website pembelian secara detail. Pastikan sudah sesuai dan tidak mengarah ke situs palsu
  7. Transaksi di platform e-commerce terpercaya, yang memiliki sistem keamanan yang baik

Jangan sampai keseruan live shopping bikin kantong jebol ya, Mama! [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *