Tips Jadi Ibu Berdaya Agar Tak Kendor di Tengah Jalan

Ilustrasi ibu berdaya
Share

digitalMamaID – Menjadi ibu berdaya perlu diperjuangkan. Ada beberapa tips yang bisa Mama lakukan agar perjalanan menjadi ibu berdaya tidak kendor di tengah jalan.

Dosen dan Business Incubator Director SBM ITB Dinna Dellyana mengatakan, ibu yang berdaya harus dimulai dari diri sendiri dan rumah dengan membuat perencanaan tujuan. “Saya terbiasa membuat goal setting setiap hari. Tidak hanya terkait pekerjaan kantor, tetapi urusan rumah dan diri sendiri juga memerlukan perencanaan tujuan, dimulai dari yang sederhana,” kata Dina saat menjadi  pembicara di sesi Materclass, Festival Mimpi Ibu yang diselenggarakan oleh Komunitas Ibu Punya Mimpi secara daring, Minggu, 10 Desember 2023. Sesi Masterclass ini mengangkat tema “Scaling Up: Strategies for Sustainable Growth.”

Anggota band pop elektronik HMGNC ini menganjurkan agar seorang ibu memiliki penghasilan mandiri, meskipun dalam jumlah kecil. Penghasilan mandiri ini menjadi kunci agar seorang ibu tetap mandiri dan terus belajar, tidak bergantung sepenuhnya pada orang lain. “Saat menikah, jangan hanya bercita-cita untuk hidup bergantung kepada suami 100%. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, seperti misalnya terkena musibah,” kata ibu dari satu anak ini.

Keberadaan lingkungan positif juga diakui sebagai kunci bagi ibu berdaya. Berada dalam lingkaran pertemanan yang penuh pencapaian cenderung mendorong perkembangan diri ibu. Melihat teman-teman yang sukses dapat memberikan motivasi untuk menjadi lebih baik dan semangat dalam mencapai tujuan masing-masing. FOMO (Fear of Missing Out) dalam hal positif sangat disarankan untuk pertumbuhan pribadi.

Ibu seringkali merasa lelah, baik secara emosional maupun fisik, karena rutinitas yang tak pernah berakhir. Ini menjadi lebih menantang jika ibu juga bekerja di rumah. Oleh karena itu, memiliki hobi dan memberikan penghargaan diri sendiri untuk meningkatkan mood sangat disarankan. “Saya sendiri biasanya bermain musik, setelah bermain musik rasanya mood kembali naik,” kata Dina.

Jeda karir

Tahun 2020 menjadi tonggak awal lahirnya Komunitas Ibu Punya Mimpi, sebuah wadah pemberdayaan bagi para ibu yang berkomitmen mewujudkan impian mereka. Kembali menggelar Festival Mimpi Ibu pada November dan Desember 2023, komunitas ini mengangkat tema “Merayakan Transformasi Ibu.” Sebuah undangan bagi para ibu untuk merayakan semangat dan ketekunan mereka dalam mewujudkan mimpi-mimpi yang terpendam.

Dalam mengatasi istilah jeda karir, Ibu Punya Mimpi mendorong para ibu untuk mengaktifkan kembali potensi diri dengan bekerja dari rumah, menjalankan profesi-profesi yang dapat dilaksanakan tanpa meninggalkan rumah. Pemberdayaan diri ini dimulai dengan dorongan kepada para ibu untuk terus belajar dan mengeksplorasi hal-hal baru.

Menjadi seorang ibu adalah perjalanan seumur hidup. Banyak ibu merasa dunianya berhenti saat memiliki anak. Namun, memilih memberikan jeda untuk memprioritaskan keluarga bukanlah keputusan yang salah, selama kita siap kembali berdaya, meneruskan mimpi, atau menemukan mimpi baru.

Dina Dellyana menutup Masterclass di Festival Mimpi Ibu dengan kata-kata yang menyentuh, “Kalau ibu tidak berkembang, bagaimana kita bisa memiliki hubungan yang lebih hangat dengan suami, anak-anak yang lebih bahagia, dan keluarga yang lebih harmonis?” Jadi, tunggu apa lagi, Mama? Saatnya merayakan transformasi diri dan mewujudkan mimpi-mimpi kita! [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *