Mendadak Viral, Cari Tahu Tentang Aplikasi Discord di Sini!

Ilustrasi Aplikasi Discord
Share

digitalMamaID – Aplikasi Discord mendadak menjadi buah bibir warganet usai seorang selebgram membeberkan perselingkuhan suaminya yang menggunakan Discord sebagai platform komunikasi. Apa sebenarnya aplikasi Discord?

Dikutip dari Common Sense, Discord adalah aplikasi gratis pada gawai seluler dan PC yang dapat memfasilitasi penggunanya berkomunikasi melalui teks, suara, atau video secara real time. Diluncurkan pada tahun 2015, awalnya aplikasi ini digunakan oleh para gamers untuk berkomunikasi selama bermain game. Melalui Discord, para gamers dapat saling mengirim pesan teks atau suara tanpa mengganggu permainan.

Seiring perkembangannya, penggunaan Discord meluas menjadi situs jejaring sosial yang digunakan oleh berbagai komunitas. Discord digunakan sehari-hari untuk membicarakan berbagai hal oleh komunitas atau kelompok yang memiliki hobi dan minat yang sama. Bahkan, Discord juga digunakan untuk kelas atau pelatihan.

Saat ini pengguna Discord menyentuh angka seratus lima puluh juta users. “Orang-orang menyukai Discord karena dapat memilih dengan siapa dan topik apa yang akan dibicarakan di dalamnya,” tulis Discord di situs resminya.

Fitur Discord

Sebelum menggunakan Discord, kita perlu mengenal beberapa fitur utama  agar dapat memaksimalkan penggunaannya. Berikut fitur Discord yang perlu diketahui:

Server

Server adalah tempat yang dapat diciptakan oleh pengguna Discord untuk berinteraksi dengan orang lain. Biasanya server dibuat berdasarkan interest tertentu.

Para pengguna bisa membuat server sendiri atau bergabung dengan server lain yang sesuai dengan minat mereka. Kemudian, di dalam server, pengguna dapat membuat berbagai channel sebagai ruang obrolan yang lebih spesifik.

Channel

Channel merupakan ruang obrolan di dalam server dengan topik yang lebih spesifik. Ada dua jenis channel, yaitu channel teks dan suara.

Channel teks untuk mengirimkan pesan teks, gambar, atau video. Sedangkan melalui channel suara, para pengguna dapat berbicara secara langsung melalui mikrofon.

Voice chat dan video call

Salah satu fitur yang sangat terkenal di Discord adalah voice chat dan video call. Pengguna dapat membuat saluran tersendiri untuk melakukan keduanya secara real time. Pengguna dapat langsung berbicara tanpa harus menekan tombol push and talk.

Screen sharing

Ingin melakukan presentasi atau pelatihan melalui Discord? Fitur screen sharing dapat menunjang pengguna untuk melakukannya. Discord menawarkan fitur screen sharing yang berguna untuk membagikan layar desktop kepada siapa saja yang ada di dalam obrolan.

Bot interaktif

Ini menjadi salah satu fitur berbeda yang dimiliki oleh Discord. Bot ini dapat membantu pengguna dalam mengatur server yang telah dibuat. Mulai dari pengaturan peran, pembatasan akses, bahkan memberikan role pada anggota yang baru bergabung dalam server. Menariknya lagi, bot juga berguna untuk memutarkan lagu-lagu kesukaan pengguna selama mengobrol atau berinteraksi di Discord.

Integrasi dengan aplikasi lain

Discord telah terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain seperti Spotify, Youtube, Github dan Twitch. Hal ini memungkinkan para pengguna mendengarkan musik atau video kesukaannya tanpa harus keluar dari Discord.

Selain itu, bagi para gamers atau konten creator, fitur ini dapat membantu untuk mempromosikan kontennya secara luas.

Batas usia pengguna Discord

Sesuai dengan syarat dan ketentuan, Discord membatasi aplikasinya digunakan oleh usia 13 tahun ke atas, meskipun tidak ada verifikasi usia pada saat sign up. Common Sense Media juga merekomendasikan agar pengguna Discord berusia minimal 13 tahun karena fitur obrolannya yang bersifat terbuka.

Pengaturan privasi Discord memberikan ruang kepada pengguna untuk memilih dan mengontrol siapa saja yang dapat mengirimkan direct messages atau pesan langsung dan menambahkan mereka sebagai teman. Dengan fitur Safe Direct Messaging, pesan langsung yang berisi konten tidak pantas akan otomatis dipindai dan dihapus. Namun, fitur ini tidak dapat diterapkan dalam ruang obrolan.

Sedangkan, aktivitas yang bersifat user-generated atau dibuat oleh para pengguna sendiri, memungkinkan banyak konten tidak pantas dapat tersebar melalui ruang obrolan Discord. Discord juga memiliki server  yang mewajibkan penggunanya berusia 18 tahun ke atas. Sayangnya, verifikasi untuk masuk ke dalam server tersebut dapat dilakukan dengan mudah oleh siapapun.

Fitur Family Center pada Discord

Discord mempunyai fitur Family Center yang membantu anggota keluarga untuk memantau aktivitas anggota keluarga lainnya di aplikasi ini. Misalnya, orangtua dapat mengetahui server yang diikuti anak, orang yang mengirimkan pesan kepada anak, serta siapa saja pengguna yang terhubung dengan mereka. Orangtua dapat mengecek langkah yang perlu dilakukan untuk mengakses fitur ini melalui situs resmi Discord.

Sayangnya fitur ini hanya terbatas untuk melacak dan memantau tanpa adanya fungsi kontrol. Orangtua dapat melihat nama pengguna dan nama server yang berinteraksi dengan anak-anak, namun mereka tidak memiliki akses ke konten dan obrolan yang mereka bicarakan di dalam aplikasi.

Meskipun begitu, informasi yang ditawarkan Family Center adalah cara terbaik untuk memantau perubahan perilaku atau interaksi yang mungkin mencurigakan dalam penggunaan Discord. Untuk orangtua, fitur ini juga dapat memfasilitasi percakapan antara orangtua dan anak tentang kebiasaan digital mereka.

Hal-hal di atas dapat menjadi pertimbangan sebelum mengizinkan anak untuk bergabung di aplikasi Discord. Kekurangan dan kelebihan fitur-fiturnya dapat memberikan gambaran langkah apa yang harus dilakukan agar aplikasi ini tidak  disalahgunakan baik oleh pasangan atau anak-anak, ya! [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *