Ide Buku Cerita Anak untuk Merayakan Hari Ibu

Ilustrasi merayakan Hari Ibu
Share

digitalMamaID – Merayakan Hari Ibu, Mama bisa memilihkan buku bacaan bertema peran ibu dalam keluarga, lho! Selain menjalin kedekatan dengan anak, juga bisa mengajarkan empati akan kehadiran mama dalam keluarga.

Membacakan buku cerita dengan suara nyaring (read aloud) merupakan sarana untuk membangun kedekatan (bonding) antara orangtua dan anak. Menggunakan waktu bersama menjelajahi buku bisa memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Kegiatan sederhana ini bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun oleh orangtua dan anak untuk menciptakan kenangan indah bersama

Untuk merayakan Hari Ibu ini, digitalmamaID memberikan rekomendasi buku cerita anak yang mengangkat tema tentang peran dan sosok mama dalam kehidupan sehari-hari. Kisah yang ringan, lucu, haru dan menggemaskan serta relate dengan keseharian para mama. Juga bisa menambah  pengetahuan empati anak tentang kehadiran mama dalam keluarga.

Ini dia rekomendasi buku cerita anak bertema ibu yang bisa dinikmati versi cetak maupun daring di website literacycloud.org:

Rambut Panjang Alika

Kres! Kres! Alika memotong sendiri rambutnya. Akan tetapi, setelah melihat kaca, dia merasa menyesal. Dia sangat ingin rambut panjangnya kembali. Apa yang dilakukan Alika kemudian, ya?
Penulis: Dewi Rieka

Ilustrator: Fatimah Zahra

Penerbit: DAR! Mizan

Mama merupakan idola pertama setiap anak. Model kebanggaan yang menjadi inspirasi anak melakukan banyak hal. Seperti Alika yang menyukai gaya rambut mamanya saat muda, sehingga dia menggunting rambutnya sendiri. Namun, ternyata hasil potongannya mengejutkan. Sehingga Alika mencari cara untuk mengembalikan rambutnya dengan mencoba benda-benda yang ada di sekitar. Khas banget ya dengan rasa penasarannya anak-anak di rumah.
Hal yang menarik dalam buku ini adalah ide kreatif Alika untuk membuat rambutnya kembali panjang dengan mencoba ragam jenis sayuran. Ekspresi lucu Alika saat melihat model rambut eksprimennya itu digambarkan secara pas oleh ilustrator. Buku cerita anak ini bisa menyentil orangtua juga lho, Ma. Secara tidak langsung sebagai orangtua kita diingatkan oleh respon Mama Alika saat menyikapi keunikan Alika tersebut. Mama yang tidak langsung memberikan penilaian maupun hukuman, melainkan mama yang mengamati dahulu  serta memberikan kesempatan  terhadap anak untuk mencoba solusinya sendiri. Baca di sini ya, Mama!

Kring! Kring!

Lagi-lagi Ibu terlambat menjemput Momo di sekolah. Ibu harus berjalan kaki, karena Ibu tidak bisa naik sepeda. Kini Ibu ingin belajar naik sepeda. Namun, Ibu harus menemukan sepeda yang cocok untuknya. Apakah Ibu berhasil?

Penulis: Nurhayati Pujiastuti, Room to Read

Illustrator: Adrinalia Nila

Penerbit: Yayasan Litara

Mama selalu berusaha dan memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Begitu pula yang diceritakan buku Kring! Kring! melalui sosok mama beruang. Mama beruang selalu terlambat ketika antar-jemput anaknya sekolah dengan berjalan kaki. Kemudian memutuskan untuk belajar naik sepeda seperti mama-mama hewan lainnya. Ia pun pergi menemui beberapa mama hewan lain dan mencoba menggunakan sepedanya satu per satu hingga menemukan sepeda yang pas sesuai ukuran badan mama beruang. Namun, ternyata sulit sekali mencari sepeda yang cocok. Mama beruang pun terus mencari.

Cerita fabel yang disajikan dalam buku ini sangat seru dibacakan untuk anak-anak. Ilustrasinya penuh warna menunjukkan kesan ceria yang dipadu dengan cerita berima. Mengenalkan jenis-jenis hewan dan bunyi suara serta konsep ukuran besar, kecil, tinggi, rendah dan lain-lain. Buku ini bisa dibaca sambil melakukan aneka kegiatan aktivasi buku bersama-sama.  Yuk, bantu mama beruang mencari sepeda di sini!

Lihat! Lihat!

Uma harus menjaga adik saat Ibu pergi membeli makanan. Namun, adik terus rewel. Mengapa Adik terus menangis? Bagaimana Uma menghiburnya?

Penulis: Aniek Wijaya

Illustrator: EorG

Penerbit: Yayasan Litara

Sebagai sosok yang penyayang, mama berperan memenuhi kebutuhan penting anak sebagai penyedia makanan. Ternyata, makanan yang kita anggap sebagai kebutuhan biasa setiap hari merupakan hal mewah dan menakjubkan yang jarang didapati oleh orang lain. Buku Lihat! Lihat! ini dapat menjadi pengantar diskusi bersama si kecil mengenai nilai-nilai kehidupan: tentang kebahagiaan, rasa syukur serta harapan dan impian. Cerita penuh makna yang tetap disajikan khas anak-anak ini juga bisa memantik empati si kecil. Paduan ilustrasi hitam putih dan penuh warna ini menjadikan pembaca hanyut dalam imajinasi ceritanya. Kisah yang agak bikin mata berair ini bisa dibaca di sini ya, Mama!

Mantel Emas

Mantel Emas kecil dan Ibunya tinggal di hutan Papua bersama banyak hewan dan tanaman menakjubkan. Sebagaimana kanguru lain, waktu kecil Mantel Emas tidur di kantong Bunda, ibunya. Mantel Emas juga mengumpulkan benda-benda cantik dari hutan dan menyimpannya di kantong Bunda. Suatu hari, Bunda melarang Mantel Emas tidur di kantongnya. Mantel Emas sedih. Kenapa dia tidak boleh lagi tidur di kantong Bunda?

Penulis: Evi Z. Indriani

Illustrator: Aaron Randy

Penerbit: Yayasan Litara

Rasa kasih sayang kepada sesama adalah buah cinta yang mama berikan untuk anak-anak. Salah satunya dengan memastikan anak mendapat perhatian untuk menyiapkan diri dengan kehadiran saudara barunya. Mantel Emas bercerita tentang proses mama kanguru menemani kanguru kecil yang akan segera memiliki adik. Cerita dengan latar belakang petualangan di hutan Papua ini mengenalkan ketulusan, berbagi dan kasih sayang  yang dibumbui tema keanekaragaman hayati.

Selain belajar mengenal hubungan kekeluargaan, Mantel Emas juga memberikan pengetahuan pada anak mengenai tanaman dan satwa liar endemik yang hanya ada di Indonesia. Seperti ekidna, burung cenderawasih, kupu-kupu raksasa hingga buah matoa. Buku ini bisa juga direkomendasikan untuk mama dan kakak yang sedang menunggu kelahiran adik. Sila berselancar ke sini untuk membacanya, Mama!

Semoga rekomendasi buku ini bisa memberi ide mengisi waktu berkualitas bersama sikecil setiap hari, tidak hanya di Hari Ibu. Buku-buku tersebut tersedia secara cetak dan digital, ya! Mama yang senang membacakan buku dengan media cetak bisa mencarinya di penerbit dan toko buku anak kesayangan. Tapi kalau Mama lebih senang dengan buku elektronik bisa mengakses platform penyedia buku bacaan anak Literacycloud. Apapun medianya, menikmati aktivitas membaca bersama yang utama.  Selamat merayakan Hari Ibu! [*]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *