Pentingnya Pengasuhan Positif di Periode Emas Si Kecil

Kegiatan sensory play untuk mengasah kemampuan sensori anak.
Share

digitalMamaID – Pengasuhan positif sangat penting pada periode emas anak. Dukungan sosial diperlukan untuk membangun kepercayaan diri ibu saat mengasuh buah hati.

Pengalaman menjadi ibu baru bisa menjadi hal yang membahagiakan namun penuh tantangan. Kepercayaan diri ibu yang rendah usai melahirkan, gejala depresi, dan stres diidentifikasi sebagai aspek yang dapat berpengaruh terhadap pola asuh. Selain itu, hubungan ibu-bayi pada tahap awal pertumbuhan juga bisa terpengaruh. Pada akhirnya hal-hal itu bisa berdampak pada kesehatan bayi di masa depan.

Dokter Spesialis Anak Mesty Ariotedjo menjelaskan, ada keterhubungan antara tingkat kepercayaan diri ibu terhadap pola asuh anak. “Kurangnya rasa percaya diri seorang ibu tidak hanya memengaruhi konsep diri dan kesehatan fisik serta mentalnya sendiri, tetapi juga bisa membuat ibu kurang peka terhadap peran sebagai orang tua. Bahkan, dapat berakibat mencederai hubungan orang tua-anak di kemudian hari,” katanya saat menjadi pembicara di kelas Self Development as Momfluencer Class. Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye edukasi tahunan #MYBABYMomversity yang digelar di Jakarta, Sabtu, 28 Januari 2023.

Mesty mengatakan, pengasuhan positif merupakan hal yang sangat krusial. Utamanya saat anak berada pada periode emasnya yaitu 720 hari pertama sejak dilahirkan. “Dukungan sosial (social support system) berupa komunitas yang diwadahi pada event Momversity ini merupakan salah satu elemen penting. Serta bisa memberi pengaruh positif dalam membangun kepercayaan diri ibu” jelasnya.

Pengasuhan positif merupakan pola asuh yang berdasarkan pada kasih sayang, saling menghargai, pemenuhan dan pelindungan hak anak. Pola pengasuhan ini dipercaya mampu membangun hubungan yang hangat, bersahabat, dan ramah antara anak dan orang tua. Selain itu, pola pengasuhan ini juga mampu menstimulasi tumbuh kembang anak, agar optimal.

Berdasarkan data yang dikutip dari Profil Anak Indonesia Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2021, jumlah anak Indonesia berusia 0 hingga 17 tahun yang harus dipenuhi hak-haknya dan diberikan perlindungan secara khusus melalui pengasuhan positif adalah 79,7 juta jiwa. Sementara itu, sebanyak 3,69% balita diketahui mendapat pengasuhan tidak layak (berdasarkan Susenas Modul Sosial Budaya dan Pendidikan (MSBP) 2021).  

MY BABY turut serta menyertai perjalanan ibu dalam mewujudkan positive parenting. Tahun ini #MYBABYMomversity menghadirkan sejumlah kelas inspiratif yang seru dan penuh ilmu. Ada kelas Self Development as Momfluencer Class bersama dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A yang sekaligus juga founder Tentang Anak Official, Sensory Play Class bersama Buumi Playscape, dan Cooking Class bersama Chef Devina Hermawan.

General Manager Communication and Content MY BABY Melani Dwi Astuti mengatakan, #MYBABYMomversity yang digelar secara berkelanjutan setiap tahun merupakan salah satu wadah edukasi bagi komunitas bagi para ibu untuk saling terhubung, bertukar informasi, dan saling memberikan dukungan. “Tahun ini MY BABY juga telah memilih 20 orang Mom yang kreatif dan inspiratif untuk tergabung dalam MY BABY Momunity 2022 sebagai perpanjangan tangan yang membawa semangat Momversity bagi para ibu di sekitarnya agar lebih percaya diri,” katanya. [*]

One thought on “Pentingnya Pengasuhan Positif di Periode Emas Si Kecil

  1. Pingback: IMOBY 2023 Hadir di Bandung, Dapatkan Tiketnya Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *