Filter AI Manga TikTok Bisa Deteksi Hantu? Jangan Percaya!

Ilustrasi fitur AI Manga TikTok

digitalMamaID – Filter AI Manga TikTok membuat heboh netizen. Banyak orang percaya bahwa filter ini bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan hantu. Ah, masa sih? Mari bertanya pada ahlinya!

Filter AI Manga TikTok ini bisa membuat obyek yang tertangkap kamera handphone kita berubah menjadi tampilan manga. Jadi seperti anime gitu, Mama! Ada yang sudah coba? Nah, yang bikin heboh adalah saat obyek yang ditangkap layar tidak ada manusianya, akan tetapi setelah dipasang filter justru ada gambar manusianya. Yang bikin seram, kadang gambar manganya menyerupai hantu!

Ini yang membuat pengguna jadi ragu. Bahkan, yang tadinya tidak percaya jadi oleng! Jangan-jangan memang filter AI Manga TikTok ini bisa mendeteksi keberadaan hantu!

Fitur AI Manga TikTok
Fitur AI Manga TikTok

Bagaimana filter AI Manga TikTok bekerja?

Praktisi Informasi dan Teknologi (IT) Adi Sumaryadi menjelaskan, artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI) pada filter manga ini berbeda dengan filter Instagram yang memroses foto. AI pada filter manga ini bekerja untuk menghasilkan output baru dari pola gambar yang ada.

“Saat menampilkan output baru inilah AI akan bekerja untuk menghasilkan sesuatu yang lebih manarik dengan menambahkan obyek seperti bunga dan aksesoris lainnya,” kata CTO Kawatama (HotelMu) ini.

Itu sebabnya, sangat mungkin menghadirkan obyek-obyek baru yang pada gambar obyek yang dikirim tidak ada. Jangan heran kalau setelah menggunakan filter AI Manga TikTok lalu muncul gambar orang atau bahkan sosok aneh seperti hantu. Itu semua dibuat oleh AI.

“AI itu bagaimanapun adalah program yang bisa diperintahkan dan diarahkan,” ujar Adi.

Penambahan obyek pada output, kata Adi, tidak lepas dari upaya agar filter ini menarik dan jadi perbincangan warganet. Betul saja, filter ini sukses membuat heboh dunia maya. Sisi baiknya, banyak orang jadi tertarik dengan dunia AI yang makin berkembang.

AI terus berkembang. Teknologi ini dibuat untuk membangun sebuah sistem yang pintar karena bisa menyelesaikan masalah.

Salah satu cabang AI yang populer di masyarakat ialah machine learning. Teknologi ini membuat mesin atau sistem yang bisa belajar seperti manusia. Bagaimana bisa begitu? Seperti manusia yang bisa pintar karena belajar, mesin juga demikian. Semakin banyak data dan informasi yang disimpan oleh sistem, semakin pintar pula mesin tersebut. Contohnya, saran pencarian di Google, rekomendasi di marketplace, juga face ID pada iPhone.

Membangun sistem cerdas

Eh, soal AI ini pernah dijelaskan secara mudah oleh Nam Do San kepada Seo Dal Mi di drakor Start-Up. Mama Masih ingat?

Nam Do San menggunakan analogi Tarzan dan Jane untuk menjelaskan AI. Anggaplah komputer tersebut adalah Tarzan yang tinggal di pulau tidak berpenghuni. Ia tidak pernah melihat perempuan. Itu sebabnya ia tidak tahu apa-apa soal perempuan. Lalu kemudian Jane datang ke pulau itu.

Tarzan memberi Jane batu, tapi Jane tidak suka. Saat Tarzan memberinya bunga, Jane menyukainya. Tarzan kemudian mencoba memberikan berbagai hal pada Jane dan melihat responnya. Kalau tidak suka, Jane teriak. Kalau suka, tersenyum.

Dari sana Tarzan mengumpulkan semua informasi. Sehingga ia tahu apa yang membuat Jane senang dan sebaliknya. Informasi itu yang digunakan Tarzan untuk mengambil hati Jane. Tonton sendiri deh bagaimana saat Nam Do San menjelaskan soal AI kepada Dal Mi. Wah nonton drakor banyak ilmunya ya hehehe

Jadi, filter AI Manga Tiktok tidak bisa mendeteksi hantu ya, Mama. Tapi harus diakui, filter ini meraup sukses besar. Selain dari jumlah pengguna yang tinggi, filter ini bikin kita lebih mengenal teknologi AI. [*]

One thought on “Filter AI Manga TikTok Bisa Deteksi Hantu? Jangan Percaya!

  1. Pingback: Mulai Berjualan di TikTok, Kenapa Tidak? - digitalMamaID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *