Cara Membuat Google Form dari Handphone

Ilustrasi cara membuat Google Form dari handphone

Google Form merupakan salah satu layanan Google yang sekarang makin sering digunakan. Mama sudah tahu bagaimana cara membuat Google Form dari handphone? Baca sampai habis, ya!

Pada situasi tertentu, kita perlu mengumpulkan informasi dari orang lain. Misalnya kita perlu menyebarkan kuesioner untuk mengetahui pendapat orang lain, perlu mengumpulkan data-data untuk keperluan registrasi kegiatan, atau meminta evaluasi atau masukan untuk kegiatan yang baru saja dilaksanakan, atau untuk keperluan lain yang sifatnya meminta tanggapan atau jawaban dari orang lain secara digital. Semua itu bisa dilakukan dengan mudah melalui Google Form. Kita tinggal membagikan link atau tautannya untuk diisi. Kita bisa mengumpulkan jawabannya dengan mudah.

Google Form bisa digunakan untuk keperluan pendidikan, bisnis, bahakan perorangan juga, Mama! Kita bisa mengumpulkan data dan informasi yang kita perlukan dengan biaya yang hemat karena tidak perlu menggunakan kertas dan menggandakannya. Selain itu, pengumpulan datanya bisa menghemat waktu karena tidak perlu bertanya kepada masing-masing orang secara langsung.

Kalau semua pertanyaan sudah dituliskan di Google Form, Mama bisa tetap beraktivitas lainnya sambil menunggu responden mengisi dan mengumpulkannya.

Selain membuat untuk me mbuat formulir, Google Form bisa digunakan untuk melakukan survei bahkan dimanfaatkan untuk membuat kuis juga, lho!

Kapan kita butuh Google Form?

Ada beberapa kebutuhan yang bisa dipenuhi dengan menggunakan Google Form. Misalnya saja membuat absensi. Absensi dengan Google Form menjadi populer saat pandemi. Banyak pertemuan virtual yang bersifat resmi, misalnya kegiatan belajar mengajar sekolah/kampus, rapat perusahaan atau instansi, workshop atau webinar dan sebagainya. Absensi bisa dibuat menggunakan Google Form.

Google Form juga bisa membantu bisnis Mama juga, nih! Layanan pembuatan formulir online milik Google ini bisa dimanfaatkan untuk merapikan sistem dokumentasi bisnis secara gratis. Entrepreneurcamp.id menuliskan, Google Form bisa juga dimanfaatkan untuk mengumpulkan data saat mengadakan program khusus seperti giveaway atau lainnya.

Bagi Mama yang ingin menerapkan bisnis yang ramah lingkungan atau go green, Google Form bisa digunakan untuk mendukung konsep ini. Tidak ada kertas yang digunakan dan kemudian terbuang sia-sia. Di beberapa perusahaan bahkan menggunakan Google Form untuk pendaftaran kerja karena lebih praktis dan hemat biaya juga waktu.

Kelemahan Google Form

Meski dibuat oleh Google, perusahaan raksasa di bidang teknologi, Google Form tetap saja punya kelemahan. Seperti yang ditulis oleh Nitrotekno.com, ada beberapa kekurangan Google Form. Salah satunya dari segi tampilannya. Desain yang disediakan terbatas. Meskipun ada opsi kustomisasi, pilihan desainnya terbatas. Font yang tersedia sangat sedikit. Sehingga cukup sulit untuk mengkreasikan tampilan Google Form ini.

Kelemahan lainnya, Google form hanya menyediakan opsi ekspor yang terbatas, yaitu ke google sheets dan pdf. Sampai saat ini, google form belum menyediakan fitur untuk mengubah google form menjadi file word (docx). Kalau bisa fitur ekspor menjadi word bisa diakukan, tampaknya akan semakin memudahkan pengguna ya?

Secara default, saat ada responden yang mengisi Google Form yang kita buat, kita tidak menerima notifikasi di email. Jika ingin mendapat notifikasi, pengguna perlu mengaktifkannya secara manual di tab response. Caranya, pilih tanda titik tiga (di atas menu accepting responses) kemudian pilih get email notifications for new responses.

Google Form bisa bertahan selama 30 hari sejak dibuat. Artinya, jika Mama tidak dapat melengkapi formulir atau perlu beralih perangkat, Mama tidak perlu memulai dari awal saat membuka formulir lagi. Sayangnya, tidak tersedia riwayat pengeditan. Ini akan menyulitkan jika formulir yang dibuat dikelola bersama oleh bebera orang. Kita tidak tahu pengeditan apa saja yang sudah dilakukan di formulir tersebut.

Cara membuat Google Form dari handphone, ikuti langkah-langkahnya!

Google Form bisa dibuat dengan mudah, bahkan cukup menggunakan ponsel pintar Mama! Ikuti langkah-langkah ini:

  1. Langkah pertama Mama bisa membuka browser web seperti chrome di ponsel.
  2. Kemudian, pada chrome Mama bisa langsung membuka situs forms.google.com.
  3. Setelah langkah tersebut dilakukan, Mama terlebih dulu akan diarahkan untuk membuka email.
  4. Lalu, formulir baru pun akan secara otomatis terbuka. Mama bisa langsung menggunakannya.
  5. Untuk membuat berbagai pertanyaan atau kuis dan lainnya, Mama bisa mulai dengan membuat judul pada formulir tersebut.
  6. Mama juga bisa membuat beberapa pertanyaan dengan menekan ikon + pada layar ponsel Mama. Ikon + berguna untuk menambahkan beberapa pertanyaan baru yang akan dibuat.
  7. Sementara, untuk membuat berbagai jawabannya Mama bisa menekan ikon yang ada dibawah pertanyaan Mama. Misalnya, Mama ingin membuat jawaban pilihan ganda, kotak centang atau yang lainnya. Kemudian, teman opsi di layar ponsel jika ingin menambahkan beberapa jawaban.
  8. Langkah terakhir, Mama bisa langsung mengirim formulir tersebut dengan menekan ikon share yang ada di layar ponsel Mama. Formulir tersebut bisa dikirim melalui email atau WhatsApp sesuai keinginan Mama.

Kemudian, jika Mama ingin membuat kuis yang biasanya digunakan oleh guru atau dosen bisa langsung menekan setelan lalu klik jadikan ini sebagai kuis.

Kalau biasanya Mama menjadi responden yang mengisi Google Form, sekarang Mama bisa membuat formulir sendiri, nih! Jika ada tutorial yang Mama butuhkan, kami bisa membuatkannya. Kirim permintaan tutorial tersebut melalui email redaksi@digitalmama.id. Kami tunggu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *