digitalMamaID – Gelaran pertemuan media startup skala internasional, Splice Beta 2024 baru selesai dilaksanakan. Acara yang dihadiri oleh lebih dari 200 insan media dari berbagai negara ini dilaksanakan pada 5-7 November 2024 di Chiang Mai, Thailand.
Tahun ini, Splice Beta mengusung tema “hospitality” yang menyamakan bisnis media sebagai bisnis perjamuan, seperti restoran ataupun hotel. Harapannya, pelaku media bisa hadir dan memberikan “service” yang diinginkan target audiensnya.
Untuk memberikan bekal kepada para peserta, Splice Beta mengundang sejumlah ahli dari berbagai bidang, tak hanya jurnalistik. Para pakar ini membagikan pengalamannya lewat kelas-kelas berdurasi 45 menit yang bisa dipilih oleh peserta.
Media harus memahami komunitasnya
Tema “perjamuan” yang diangkat tahun ini sangat ketara dalam berbagai sesi yang disuguhkan. Sebagian besar topik yang diangkat berhubungan dengan bagaimana mengembangkan komunitas yang sudah dibangun hingga bisa mengembangkan bisnis media itu sendiri.
Alan Soon, salah satu pendiri Splice Beta menegaskan, media yang baik adalah yang mengerti keinginan setiap orang yang ada di komunitasnya.
“Yang harus dipikirkan media adalah bukan memberikan sesuatu yang dibutuhkan semua orang, tapi media harus bisa menyajikan “hidangan” yang sesuai dengan selera setiap individu,” tuturnya pada pembukaan Splice Beta 2024, Selasa, 5 November 2024.
Menyelaraskan kebutuhan setiap individu dalam komunitas hanya bisa didapatkan dengan mengenal lebih dekat mereka. Caranya bisa didapat dengan melakukan survei secara berkala, ataupun mengenal mereka secara personal.
“Fokus pada page views, engagement, ataupun jumlah penonton konten, memang bagus, tapi akan lebih berarti ketika kita membuat konten personal dan membuat dampak pada hidup seseorang,” kata Alan.
Era baru media: Bukan hanya tentang jurnalistik
Satu hal yang menarik dari acara yang sudah berlangsung selama 5 kali ini, adalah media yang ikut serta tak hanya mereka yang hanya menjalani bisnis di industri jurnalistik. Splice Beta ingin menekankan bahwa di era baru, definisi media sudah sangat berkembang.
“Mereka yang membuat konten apapun bentuknya, entah itu media mainstream, ataupun individual, adalah era baru media, yang tak hanya fokus pada karya jurnalistik semata,” jelas Rishad Patel, yang juga sendiri Splice Beta.
Bisnis media kini sudah sangat luas, tak hanya berpatokan pada iklan ataupun sponsor semata. Segala bentuk revenue stream mesti dicoba untuk melebarkan sayap di era digital ini.
“Ada yang model bisnisnya dari donatur, ada yang bekerjasama dengan influencer, ada pula yang memanfaatkan AI (Artificial Intelligence),” kata Rishad menambahkan.
Untuk itu, Splice mengundang berbagai pegiat media yang berhasil membuat era baru teknologi ini menjadi peluang bisnis. Beberapa di antara mereka adalah Yalling Ling, pendiri bisnis newsletter di China, Xin Feng, pembuat sumber berita personal, juga Vandara Sing, yang meraup keuntungan dengan membuat pelatihan untuk para influencer.
Tentunya, dengan menampilkan bisnis media di era baru ini, para peserta mendapatkan pandangan tentang strategi untuk mengembangkan komunitasnya masing-masing. Bagaimana pun juga, media tentu harus punya banyak jalur penghasilan untuk bertahan di tengah persaingan yang sangat ketat.
digitalMamaID turut hadir dengan dukungan dari IMS
Tahun ini, digitalMamaID juga berkesempatan untuk menjadi salah satu peserta di perhelatan yang diadakan di Chiang Mai University ini. Keikutsertaan digitalMamaID ini didukung penuh oleh International Media Support (IMS). Tahun lalu digitalMamaID juga hadir dan memenangkan Startup Pitch Stage 2023 lewat ide pembuatan layanan Screen Score.
Salah satu program yang menarik di perhelatan 3 hari ini ialah clinic, sebuah sesi one-on-one dengan tema khusus. Beberapa sesi clinic itu antara lain Filip Shen dari Google, Carmen Nicoara dari climateXchange, dan Mili Semlani dari Planet Splice.
Setelah rangakaian Splice Beta 2024, digitalMamaID mengikuti Asia Media Startups Networks Workshop yang diselenggarakan oleh IMS. Workshop tahun ini berfokus pada digital newsroom management. [*]