5 Aplikasi AI Populer yang Wajib Mama Coba

Ilustrasi aplikasi AI
Share

digitalMamaID – Rilisnya ChatGPT pada November 2022 membuat masyarakat banyak memperbincangkan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. Banyak aplikasi dengan basis AI bermunculan di Play Store dan Apple Store. Padahal, sebenarnya kita sudah cukup lama dilingkupi aplikasi AI di keseharian kita.

Dari sekian banyak aplikasi AI, terdapat aplikasi Siri dari Apple dan Google Assistant yang sudah umum kita pakai di ponsel. Asisten virtual ini dapat membantu kita melakukan banyak hal di ponsel. Misalnya membantu kita membuka chat, menyetel alarm, dan lainnya hanya dengan perintah suara. Atau penggunaan Netflix dan Spotify yang dapat mempelajari perilaku pengguna dalam pemilihan rekomendasi film atau lagu.

Selain contoh di atas, masih banyak rekomendasi aplikasi AI yang bisa Mama coba. Berikut adalah 5 aplikasi berbasis AI terpopuler yang mungkin banyak Mama butuhkan.

1. ChatGPT

Pengembang : OpenAI
Rating : 4.7 (Play Store), 4.9 (App Store)
Target usia : 12 tahun ke atas
Unduhan : 50 juta+
Bahasa : Bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, Italia, Portugis,
Belanda, Rusia, Cina (Sederhana dan Tradisional), Jepang, Korea, Arab, Turki, Hindi,
Bahasa Indonesia, Bahasa Malaysia, Vietnam, Thailand.

ChatGPT atau Chat Generative Pre-trained Transformer adalah chatbot dengan AI yang bekerja seperti percakapan yang pertama kali diluncurkan sebagai prototipe pada 30 November 2022.  Teknologi ini dikembangkan oleh OpenAI yang berpusat di Ohio, Amerika Serikat.

ChatGPT dapat digunakan untuk membantu kegiatan Mama seperti berdiskusi, membuat tulisan dengan berbagai tingkat kesulitan. Bahkan, aplikasi ini bisa memeberi masukan-masukan profesional untuk pekerjaan sampai membuat coding. ChatGPT-3,5 bisa Mama gunakan di website secara gratis.

ChatGPT juga dapat mengindikasi perintah atau permintaan yang kurang pantas dengan memberikan penjelasan yang cukup objektif. Seperti AI pada umumnya, ChatGPT harus banyak dilatih oleh pengguna dengan mengajaknya banyak berkomunikasi agar berfungsi lebih baik.

Di antara kelebihannya, ChatGPT juga memiliki kekurangan yaitu hanya memiliki data  sampai Januari 2022 untuk versi gratis di website. Sedangkan untuk fitur pencarian real time, pengguna harus melakukan pembelian ChatGPT Plus untuk fitur GPT-4, DALL-E sampai analisi data. ChatGPT dapat digunakan secara personal maupun grup.

2. Bing: Chat with AI & GPT-4 atau Copilot

Pengembang : Microsoft Corporation
Rating : 4.6 (Play Store), 4.9 (App Store)
Target usia : 12 tahun ke atas
Unduhan : 50 juta+
Bahasa : Inggris, Arab, Bengali, Bulgaria, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Ibrani, Hindi, Hongaria, Islandia, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Latvia, Marathi, Bokmål Norwegia, Persia , Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Serbia, Tionghoa Sederhana, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Telugu, Thai, Tionghoa Tradisional, Turki, Ukraina, Vietnam.

   

Bing Chat yang saat ini sudah beralih nama menjadi Microsoft Copilot pada akhir 2023 kemarin adalah chatbot milik Microsoft. Berawal dari search engine Bing yang beralih nama beberapa kali dari MSN Search, Windows Live Search dan Live Search. Pada awal 2023 Bing mulai menambah fitur chatbot dengan teknologi terkini milik OpenAI yaitu GPT-4.

Secara umum, fitur-fitur yang dimiliki Bing kurang lebih sama dengan ChatGPT seperti menulis e-mail, membuat rencana perjalanan, membuat berbagai jenis tulisan. Tapi, tampaknya Bing selangkah lebih unggul karena ia memiliki fitur image generator secara gratis dan informasi real time dengan koneksi ke search engine Bing. Visual yang dimiliki Bing pun tampak lebih baik daripada ChatGPT.

Dengan sederet kelebihan itu, Bing tetap saja memiliki kekurangan. Sama dengan ChatGPT, Bing merupakan chatbot yang hanya mengumpulkan info secara online. Pengguna tidak bisa mentah-mentah mempercayainya. Tetap dibutuhkan verifikasi pengguna atas jawaban-jawaban yang diberikan dua chatbot ini. Hindari memberikan info-info pribadi untuk perlindungan data.

3. Canva: Design, Photo & Video

Pengembang : Canva Pty Ltd
Rating : 4.8 (Play Store), 3.6 (App Store)
Target usia : 4 tahun ke atas
Unduhan : 10 juta+
Bahasa : Inggris, Afrikaans, Amharik, Arab, Bengali, Bulgaria, Katalan, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Estonia, Filipina, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Gujarati, Ibrani, Hindi, Hongaria, Indonesia, Italia, Jepang, Kannada, Korea, Latvia, Lituania, Melayu, Malayalam, Marathi, Bokmål Norwegia, Persia, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Serbia, Tionghoa Sederhana, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swahili, Swedia, Tamil, Telugu, Thai, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Turki , Ukraina, Urdu, Vietnam.

Canva adalah aplikasi desain grafis online yang pertama kali diluncurkan tahun 2013 di Australia oleh Melanie Perkins. Sejak pertama kemunculannya, Canva sangat mencuri perhatian karena berhasil mendobrak habit desain yang identik dengan software rumit seperti Adobe atau Photoshop. Ini memungkinkan siapa saja menggunakan aplikasi ini, termasuk Mama!

Canva bisa digunakan secara personal atau grup. Untuk fitur yang lebih baik, Canva menyediakan Canva Pro dengan biaya tertentu. Fitur-fitur Canva di antaranya adalah membuat logo, desain kaos, poster, feed Instagram, header blog, kartu nama dan lainnya.

Pada 2023, Canva mengintegrasikan AI pada teknologinya untuk membantu pengguna dalam membuat desain yang bernama Magic Studio.

4. Remini – AI Photo Enhancer

Pengembang : Bending Spoons
Rating : 4.0 (Play Store), 4.6 (App Store)
Target usia : 12 tahun ke atas
Unduhan : 100 juta+
Bahasa : Inggris, Prancis, Jerman, Hindi, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Melayu, Portugis, Rusia, Tionghoa Sederhana, Spanyol, Thai, Tionghoa Tradisional, Turki, Vietnam.


Remini adalah aplikasi untuk memperbaiki dan memulihkan foto atau video menggunakan teknologi AI. Aplikasi ini dikenal karena kemampuannya memulihkan foto dengan kualitas rendah menjadi HD.

Remini banyak membuat tren yang dipakai pengguna media sosial seperti video timelapse usia menggunakan foto. Saat ini Remini bisa dipakai gratis tapi memuat iklan yang cukup mengganggu. Untuk pengalaman yang lebih baik, pengguna bisa berlangganan baik bulanan atau tahunan.

5. Notion – notes, docs, tasks

Pengembang : Notion Labs, Inc.
Rating : 4.7 (Play Store), 4.6 (App Store)
Unduhan : 10 juta+
Target usia : 4 tahun ke atas
Bahasa : Inggris, Dansk, Belanda, Suomi, Perancis, Jerman, Jepang, Korea, Bokmål Norwegia, Portugis, Spanyol, Swedia

Notion adalah aplikasi catatan digital atau ruang kerja yang bisa digunakan secara personal atau grup untuk meningkatkan produktivitas. Aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan dengan e-mail atau Google Calendar. Tampilannya yang cukup memuat banyak fitur membuat pengguna membutuhkan waktu untuk menguliknya. Notion sangat cocok dengan pekerja Work From Anywhere (WFA).

Notion sudah banyak dipakai merek besar seperti Pixar, Nike dan Amazon. Untuk pemakaian pribadi misalnya dengan keluarga, Mama bisa menggunakannya secara gratis. Dan untuk pemakaian besar seperti perusahaan akan dikenakan biaya berlangganan yang memuat fitur lebih banyak.

Tidak bisa dimungkiri, aplikasi AI semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Kehadirannya membawa manfaat yang nyata dalam hal efisiensi, personalisasi, dan kemudahan penggunaan. Dengan terus berkembangnya teknologi AI, kita dapat menantikan inovasi lebih lanjut yang akan membentuk masa depan aplikasi yang lebih cerdas dan bermanfaat. Apakah Mama siap? [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *