Selamat Datang Robot Domestik, Selamat Tinggal Pekerjaan Rumah!

Dari semua aktivitas domestik yang harus dilakukan di rumah, pekerjaan yang paling tidak saya suka adalah menyetrika. Gerah dan super membosankan, itulah kesan utama saya tentang menyetrika, sehingga saya sedapat mungkin menghindarinya. Bagaimana dengan Mama, pekerjaan domestik apa yang paling ingin Mama hindari? Tentu menyenangkan ya, kalau kita bisa menyerahkan pekerjaan-pekerjaan ini kepada pihak lain. Karena itulah, kali ini kami ingin mengajak Mama berkenalan dengan berbagai robot rumah tangga yang dapat membantu kita menyelesaikan berbagai pekerjaan di rumah. Penasaran?

Robot domestik atau robot rumah tangga pada dasarnya adalah komputer yang terintegrasi dengan mesin bertenaga listrik untuk melakukan perkerjaan rumah tangga. Apa bedanya robot domestik dengan peralatan-peralatan elektronik seperti mesin cuci? Robot domestik biasanya memiliki kemampuan untuk menggerakkan suatu objek atau dirinya sendiri, serta dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Selain itu, tidak seperti mesin cuci yang dibuat hanya untuk memudahkan pekerjaan, robot domestik didesain untuk melakukan pekerjaan rumah secara mandiri tanpa campur tangan kita. Apa saja robot domestik yang telah tersedia di pasaran? Berikut beberapa di antaranya.

Robot Pembersih Lantai

Robot vacuum cleaner, yang juga dikenal sebagai robovac, saat ini adalah robot domestik paling populer di pasaran. Robot ini dilengkapi dengan berbagai sensor yang membuatnya mampu membersihkan lantai sendiri tanpa bantuan manusia. Dari tahun ke tahun, model dan kemampuannya terus berkembang. Model-model terbaru dapat berjalan sendiri menuju stasiun pengisian listrik ketika baterainya menipis, mengenali bagian lantai yang lebih kotor, juga memetakan ruangan-ruangan yang dibersihkannya.

robovacs
Robovac sedang beraksi membersihkan lantai

Ada juga robot-robot yang bekerja untuk mengepel lantai. Memiliki bentuk dan sistem yang serupa dengan robovac, robot pengepel lantai dilengkapi dengan wadah penyimpanan air dan bekerja seperti halnya alat pel dan seember air. Hanya saja Mama tak perlu lagi turut mengerjakannya.

Robot Pemotong Rumput

Punya halaman berumput di rumah? Robot yang satu ini bisa Mama pekerjakan untuk menjaga rumput di halaman tetap pendek dan rapi sepanjang waktu. Berbentuk mirip seperti saudara dekatnya, si robovac, robot pemotong rumput dilengkapi dengan pisau pemotong dan akan bergerak otomatis menyusuri halaman untuk merapikan rumputnya.

Automower_Solar_Hybrid.jpg
Robot pemotong rumput model ini menggunakan tenaga surya.

Robot Pembersih Kolam Renang

Jika Mama punya kolam renang pribadi di rumah, robot ini tentu sangat membantu. Ia didesain untuk membersihkan lantai, dinding, serta tangga kolam renang tanpa bantuan manusia. Beberapa model juga dilengkapi filter berukuran mikro untuk menyaring debu atau ganggang yang mengotori air kolam.

robotic-pool-cleaner-on-stairs
Robot pembersih kolam renang sedang menuruni tangga. [Sumber: roboticpoolcleanerscompared.com]

Robot Pembersih Grill

Siapa doyan membuat barbeque? Salah satu hal yang paling menyebalkan dari kegiatan barbeque adalah keharusan membersihkan alat pemanggangnya (grill) setelah selesai memasak. Jangan khawatir, pekerjaan ini sekarang juga bisa dikerjakan oleh robot. Robot ini dilengkapi dengan sikat yang kaku dan akan membersihkan alat pemanggang dari lemak dan kotoran yang menempel.

grillbot.jpg
Robot pembersih grill sedang beraksi [Sumber: YouTube]

Robot Pembersih Talang

Apakah talang di atap rumah Mama sering tersumbat daun kering dan kotoran? Tenang saja, kini ada robot yang bisa membersihkannya untuk Mama! Sayangnya, kita masih perlu memanjat tangga untuk meletakkannya sendiri di dalam talang di atap rumah.

gutter cleaner.jpg
Robot pembersih talang [Sumber: Pocket-lint]

Robot Penyiram Tanaman

Robot ini sangat berguna jika Mama memiliki halaman yang luas dan dipenuhi aneka tanaman. Robot penyiram tanaman berbeda dengan sprinkler otomatis biasa. Ia bisa berkeliling menyusuri halaman dan mengenali area mana yang ditumbuhi tanman dan perlu disiram. Model terbaru bahkan dapat menyesuaikan pemberian air dengan jenis tanaman, kondisi tanah, juga cuaca. Dengan begitu, air tidak akan terbuang percuma.

droplet
Robot penyiram sedang mengarahkan air menuju tanaman [Sumber: CNET]

Robot Litter Box

Punya kucing peliharaan di rumah? Robot yang satu ini berfungsi sebagai tempat buang air untuk binatang kesayangan kita. Dilengkapi dengan sensor gerak dan berat, robot ini akan menunggu hingga kucing kita selesai menunaikan hajatnya, kemudian secara otomatis membuang kotoran ke wadah penampungan dan mengganti serbuk alasnya. Pertanyaannya, kira-kira kucing kita mau masuk ke sana atau tidak, ya?

litterbox.jpg
Betah tidak di dalam sini, Pus?

***

Robot-robot domestik yang telah kami ulas di atas semuanya hanya memiliki satu fungsi. Mama mungkin jadi bertanya-tanya, ada tidak ya, satu robot yang bisa melakukan semuanya? Semacam asisten rumah tangga berupa robot seperti di film-film berlatar futuristik? Sayangnya, robot semacam ini sepertinya baru akan menjadi kenyataan beberapa puluh tahun lagi. Saat ini, robot humanoid (berbentuk seperti manusia) yang di masa depan dapat dijadikan asisten rumah tangga masih perlu banyak penyempurnaan, bahkan untuk mengerjakan hal-hal yang sederhana seperti membersihkan lantai.

Atlas-the-Robot
Robot ATLAS (Boston Dynamics) sedang berlatih membersihkan lantai [Sumber: gadgetify]

Hingga kini, hanya sebagian kecil robot domestik yang telah menjangkau rumah-rumah tangga di Indonesia. Harganya pun masih relatif mahal. Tapi, sebagaimana smartphone yang belasan tahun lalu hanya dimiliki segelintir orang, bukan tidak mungkin penggunaan robot domestik akan semakin meluas di masa yang akan datang. Seandainya robot-robot ini telah beredar di negara kita dengan harga yang terjangkau, akankah Mama tertarik untuk membelinya?

By the way, mana nih robot penyetrika idaman saya? 😁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *