remaja-kecanduan-gadget

Anak Remaja Mama Kecanduan Gadget? Penelitian Terbaru Menunjukkan Dampak Negatifnya

Apakah Mama khawatir dengan efek buruk dari banyaknya waktu yang dihabiskan anak remaja Mama di depan layar komputer atau handphone nya? Kekhawatiran tersebut cukup beralasan loh Ma. Penelitian terbaru yang dilakukan di San Diego State University menunjukkan bahwa remaja yang banyak menghabiskan waktu di depan gadget cenderung kurang bahagia dibandingkan remaja lainnya yang menggunakan lebih banyak waktunya tidak di depan gadget, misalnya dengan aktivitas olahraga, membaca buku atau majalah, dan interaksi sosial secara langsung.

Sebetulnya hal ini tidak mengejutkan bagi para orang tua, namun bisa menjadi pengingat untuk mulai membatasi aktivitas anak remaja di depan gadget, misalnya bermain video game, menggunakan media sosial, chatting, atau video streaming.

Di sisi lain, penelitian ini menunjukkan para remaja yang sama sekali tidak menggunakan media sosial juga tidak terbukti meningkatkan rasa bahagia. Setelah satu jam penggunaan gadget, rasa tidak bahagia meningkat seiring dengan waktu.

Peneliti menyarankan untuk mengakses media digital tidak lebih dari dua jam per hari dan mendorong anak remaja untuk lebih banyak menggunakan waktunya bertemu dengan teman-teman atau berolahraga, dua kegiatan yang dianggap dapat menimbulkan rasa bahagia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *