Membacakan Buku dengan Nyaring Tidak Hanya untuk Balita Lho!

Pasti banyak Mama yang sudah rutin membacakan buku dengan nyaring (reading aloud) untuk anak balita karena mengetahui manfaatnya. Membacakan buku dengan nyaring membantu anak balita untuk membangun kemampuan berbahasa, menambah kosakata dan menggugah daya imajinasi nya. Namun begitu anak-anak mulai mampu membaca di usia 6 tahun banyak orang tua yang mengurangi aktivitas reading aloud bersama anaknya, dan umumnya aktivitas ini makin berkurang seiring pertambahan usia anak.

Menurut survey yang dilakukan oleh Scholastic (Scholastic’s Kids & Family Reading Report), hanya 17% dari orang tua yang memiliki anak 9-11 tahun yang masih membacakan buku dengan nyaring untuk anak-anak mereka. Di sisi lain 87% dari anak-anak berusia 9-11 tahun menyatakan masih menyukai dibacakan buku dengan nyaring oleh orang tua mereka.

Namun tahukah mama bahwa membacakan buku dengan nyaring juga bermanfaat bagi anak usia sekolah yang sudah mampu membaca sendiri, bahkan bagi anak-anak yang lebih besar hingga usia remaja? Berikut adalah beberapa manfaat membacakan buku dengan nyaring untuk anak-anak usia lebih besar

Meningkatkan Minat Membaca hingga Usia Dewasa

Tujuan jangka panjang untuk aktvitas reading aloud adalah agar anak-anak terus membawa kebiasaan dan minat membaca hingga usia dewasa. Anak-anak yang baru bisa membaca umumnya masih merasa kesulitan untuk membaca buku dengan kalimat-kalimat sulit atau panjang seperti dalam chapter book (novel), dengan aktivitas reading-aloud mereka dapat menikmati cerita tanpa merasa frustasi karena kesulitan membaca.

Sebagai Waktu untuk Menjalin Kedekatan Orang Tua dan Anak

Mengacu pada survey yang sama, orang tua dan anak menyatakan bahwa waktu membaca bersama merupakan waktu spesial bagi mereka. Anak-anak akan memiliki kenangan indah ketika membaca buku di pangkuan atau di pelukan orang tua, dan kenangan ini juga yang akan menimbulkan kecintaan anak-anak membaca di usia dewasanya nanti.

Penulis noven T.C. Boyle pernah menyampaikan bahwa dia belajar membaca bukan di sekolah, namun dari ibunya yang sering membacakan cerita untuknya. Dan ketika ia membaca buku sekarang, ia masih seperti mendengar suara ibunya yang membacakan untuknya.

Memperkenalkan anak pada pengarang dan genre cerita baru

Dengan reading aloud orang tua dapat memperkenalkan berbagai jenis genre cerita maupun pengarang-pengarang baru sehingga memperluas paparan anak terhadap berbagai jenis cerita. Jika seorang anak sudah mulai menyukai buku seri tertentu atau pengarang tertentu, biasanya mereka akan tertarik untuk membaca sendiri buku-buku lengkapnya.

Meningkatkan kemampuan mendengar dan pemahaman anak

Kemampuan membaca anak biasanya lebih dulu tumbuh dibanding kemampuan mendengar dan memahami bacaan. Sangat mungkin anak mampu membaca chapter books dengan lancar namun tidak sepenuhnya memahami isi dan konteksinya. Dengan reading aloud, Mama dapat membuat cerita lebih mudah dipahami anak dan juga dapat menyisipkan berbagai diskusi sehingga dapat membantu anak memahami isi ceritanya

Mungkin Mama belum mempunyai gambaran mengenai jenis buku apa saja yang bisa Mama bacakan sesuai dengan usia anak. Simak beberapa link berikut untuk mendapatkan rekomendasi buku dengan range usia anak.

Amazing Read Aloud Books for Older Kids
50 Books All Kids Should Read Before They’re 12
Read Aloud America Composite Book List

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *