Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

Melihat layar elektronik dalam jangka waktu yang lama diketahui dapat menyebabkan gangguan pada mata dan penglihatan kita. Jika Mama tidak sering bekerja di depan komputer, jangan lupakan bahwa menggunakan smartphone terlalu lama juga tidak baik bagi mata kita. Dalam dunia kesehatan, gangguan mata dan penglihatan yang disebabkan karena paparan layar disebut sebagai digital eye strain atau computer vision syndrome (CVS). Beberapa gejala CVS yang dapat dialami seseorang antara lain:

  • mata kering atau merah
  • mata iritasi
  • penglihatan kabur atau rangkap
  • sakit kepala
  • sakit leher, bahu atau punggung

Apakah Mama pernah mengalami gejala di atas setelah menggunakan layar digital? CVS biasanya akan hilang dengan sendirinya beberapa lama setelah kita selesai menggunakan perangkat. Namun, jika hal ini terjadi terus menerus dan berulang setiap hari, dikhawatirkan dapat timbul gangguan yang lebih permanen pada mata kita.

Tips Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

Jika Mama sering menggunakan perangkat digital sehari-hari, berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah CVS dan menjaga kesehatan mata.

1. Hindari pantulan cahaya dari layar

Layar perangkat dapat memantulkan cahaya matahari atau lampu yang menyilaukan dan kurang baik bagi mata. Sebaiknya kita memposisikan perangkat tidak menghadap langsung ke sumber cahaya. Jika tidak memungkinkan, atur pencahayaan ruangan dengan memasang kerai pada jendela atau mengurangi watt lampu. Sebagai langkah terakhir, kita juga dapat menggunakan lapisan pelindung layar yang bersifat mengurangi pantulan (anti-glare).

2. Atur setting layar

Sesuaikan kecerahan (brightness) dan kontras (contrast) layar dengan kondisi pencahayaan ruangan hingga terasa nyaman di mata. Pilih juga ukuran huruf yang cukup besar untuk dapat kita baca dengan jelas. Disamping itu, jangan gunakan wallpaper layar atau app dengan motif yang terlalu rumit yang dapat menyulitkan mata untuk fokus pada konten utama.

3. Jaga jarak dan posisi antara layar dengan mata

Ketika membeli perangkat digital termasuk televisi, seringkali orang beranggapan the bigger the better. Padahal, layar yang lebih besar membutuhkan jarak pandang yang lebih lebar pula. Pastikan jarak antara layar dan mata tidak terlalu dekat, dan posisikan layar komputer dan smartphone sedikit di bawah mata.

4. Istirahatkan mata secara berkala

Salah satu tips yang dapat kita gunakan untuk mencegah mata lelah adalah mengikuti aturan 20-20-20: setiap 20 menit, lihatlah benda sejauh 20 kaki (±6 meter) selama 20 detik. Jika kita sering lupa untuk mengistirahatkan mata, ada beberapa software dan apps yang dapat dipasang di perangkat untuk mengingatkan kita secara periodic seperti Workrave (Windows/Linux) atau EyeCare (Android).

5. Berkedip lebih sering

Mengedipkan mata dapat menjaga kelembaban mata. Berkedip lebih sering ketika menggunakan perangkat digital dalam jangka waktu lama dapat mencegah agar mata kita tidak kering.

Tidak hanya orang dewasa yang dapat mengalami gangguan CVS. Anak-anak yang sering menggunakan laptop atau tablet pun juga dapat mengalaminya. Jangan lupakan untuk mengoreksi postur anak-anak kita, menyesuaikan pencahayaan ruangan dan ketinggian layar ketika mereka sedang menggunakan perangkat digital. Yuk, jaga mata agar tetap sehat di era digital!

Sumber:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *