Be Internet Awesome. Panduan untuk Mempersiapkan Anak Mengarungi Dunia Maya

Mama mungkin sudah merasakan betapa hadirnya teknologi informasi mempermudah kegiatan sehari-hari Mama, dari mulai kesempatan untuk bekerja dari rumah, komunikasi tatap muka dengan rekan kerja maupun keluarga yang terpisah jarak, membayar tagihan melalui internet banking, hingga membeli makanan ketika tidak sempat memasak atau keluar rumah. Namun di sisi lain, Mama juga merasakan adanya hal-hal yang perlu diwaspadai misalnya sering munculnya berita palsu (hoax), terjadinya pencurian akun yang menyebabkan kerugian, maupun perilaku tidak pantas yang sering muncul di dunia maya, seperti komentar menggunakan kata-kata kasar.

Sebagai orang tua tentunya Mama ingin agar anak-anak lebih siap dalam mengarungi dunia maya, dalam artian mampu mendapat manfaat maksimal dari teknologi digital namun tidak mendapatkan dampak negatifnya.

Mengajarkan membaca atau menulis pada anak, relatif mudah bagi Mama, karena Mama sendiri sudah begitu fasih dalam membaca atau menulis. Selain itu juga panduan maupun alat bantu untuk mengajarkannya mudah sekali didapat. Namun bagaimana dengan mengajarkan kemampuan dalam dunia digital? Banyak Mama yang tidak memiliki gambaran mengenai apa saja yang harus diajarkan pada anak maupun metode yang dapat digunakan.

Be Internet Awesome merupakan program yang diluncurkan Google bekerja sama dengan iKeepSafe, ConnectSafely, dan The Family Online Safety Institute dengan tujuan agar anak dapat memanfaatkan teknologi digital dengan percaya diri dan aman. Be Internet awesome menyediakan kurikulum yang berisi lesson plan, aktivitas, worksheet dan resources berupa video dan game online interaktif yang dapat dimainkan anak.

Berikut adalah lima topik utama dari program Be Internet Awesome, beserta sedikit cuplikan dari kurikulum Be Internet Awesome sebagai panduan bagi Mama

Be Internet Smart: Share with care

Berita baik maupun buruk dengan mudah dan cepat dapat tersebar di dunia maya. Anak-anak bisa jadi belum paham bahwa apa yang mereka bagikan di dunia maya bersifat permanen, artinya apa yang mereka bagikan sekarang bisa memiliki konsekuensi negatif bukan pada saat ini, tapi di waktu mendatang.

Anak-anak perlu memiliki pemahaman dan mengerti cara untuk menjaga reputasi online mereka dengan memilah hal-hal yang bisa mereka bagikan di dunia maya dan hal yang harusnya menjadi konsumsi pribadi.

Hal yang perlu diperkenalkan:

    • Digital footprint
      Semua hal di internet yang pernah kita unggah, termasuk foto, video, dan komentar yang kita tinggalkan. Mama juga dapat membaca artikel kami mengenai digital footprint di sini
    • Personal information
      Informasi pribadi memiliki beberapa kategori, ada yang sifatnya privat maupun publik. Simak artikel kami mengenai infomasi pribadi di sini
    • Settings
      Aplikasi umumnya menyediakan pengaturan terkait akun dimana kita bisa menentukan
  • Boundary
    Batasan mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, termasuk bagaimana berkomunikasi dengan baik di dunia maya

Be Internet Alert: Don’t fall for fake

Penting untuk anak menyadari bahwa tidak semua di dunia maya itu memang benar adanya, misalnya mengenai kebenaran berita atau pesan yang ia baca, ataupun orang yang memperkenalkan diri sebagai teman sebayannya bisa jadi seseorang yang sama sekali berbeda. Upaya penipuan juga tidak jarang terjadi untuk mendapatkan informasi tertentu melalui dunia maya.

Oleh karena itu anak perlu mempelajari bagaimana untuk membedakan informasi yang benar maupun tidak, dan juga bagaimana melindungi diri dari berbagai penipuan yang mungkin dilakukan melalui dunia maya.

Hal yang perlu diperkenalkan antara lain

    • Phishing
      Phishing terjadi ketika seseorang berupaya untuk mendapatkan informasi pribadi dengan cara melakukan penipuan. Phishing dapat dilakukan melalui email palsu yang meminta akun dan password kita, iklan, maupun situs palsu yang dibuat menyerupai situs yang biasa kita kunjungi
    • Scam
      Upaya penipuan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan finansial
    • Verifiable
      Hal yang dapat dibuktikan kebenarannya. Beberapa situs memberikan tanda verified yang artinya informasi atau akun tertentu sudah dibuktikan kebenarannya.
  • Firewall
    Program yang dapat digunakan pada perangkat komputer untuk melindungi dari scam, virus yang dapat merugikan

Be Internet Strong: Secure your secrets

Anak perlu mengetahui apa saja hal yang dapat dilakukan untuk mengamankan informasi pribadi yang sifatnya tidak boleh diketahui publik, dan juga memahami apa saja dampak yang mungkin timbul jika informasi tersebut diketahui oleh orang lain

Hal-hal yang perlu diperkenalkan antara lain

    • Strong Password
      Panduan untuk membuat kombinasi password yang kuat sehingga tidak mudah untuk ditebak
  • Important Tools
    Tools yang bisa digunakan untuk memastikan keamanan akun maupun informasi pribadi, misalnya two-factor authentication dimana ketika login selain mengisi akun dan password juga akan ada verifikasi via perangkat lain seperti sms atau email; penggunaan token; penggunaan aplikasi password management untuk mempermudah pengelolaan password

Be Internet Kind: It’s cool to be kind

Dunia maya memberikan tantangan yang baru  bagi anak anak, hal positif maupun negatif mudah sekali menyebar dengan cepat, dan meninggalkan digital footprint yang sifatnya permanen. Anak-anak harus diarahkan dan di-encourage untuk menggunakan empati dan bersikap positif dengan prinsip “perlakukan orang lain seperti bagaimana kita ingin diperlakukan” seperti halnya di dunia nyata.

Pengetahuan mengenai cyberbullying dan bagaimana untuk menghindari dan mengatasinya juga perlu diketahui oleh anak-anak.


Be Internet Brave: When in doubt, talk it out

Orang tua perlu menyediakan lingkungan di mana anak merasa aman dan terbuka untuk berkomunikasi, sehingga ketika mereka ragu untuk bertindak atau menemukan hal yang tidak mereka mengerti di dunia maya, mereka tidak ragu untuk bercerita pada Orang tua.

Beberapa situasi dimana anak perlu didorong untuk bercerita pada Orang tua atau orang dewasa yang mereka percayai, antara lain:

  • Jika mereka mencurigai ada yang mengetahui akun dan password yang mereka gunakan
  • Jika mereka tidak yakin apakah informasi yang mereka dapatkan adalah scam, atau ketika mereka telah mengalami penipuan
  • Jika ada seseorang yang mengirimkan pesan yang membuat mereka tidak nyaman
  • Jika mereka dihubungi oleh orang yang tidak dikenal dan dicurigai mempunyai niatan tidak baik
  • Jika mereka khawatir telah mengupload informasi yang seharusnya sifatnya untuk konsumsi pribadi

Be Internet Awesome juga menyediakan worksheet dan activity yang dapat digunakan untuk mulai memperkenalkan hal-hal di atas pada anak. Namun tentunya Mama perlu menyesuaikan dengan perkembangan dan usia anak-anak Mama. Dan yang utama, Mama perlu membekali diri terlebih dahulu agar bisa memandu anak-anak untuk mengarungi dunia maya dengan aman dan percaya diri.

Smart Mama. Smart Children!

Sumber: https://beinternetawesome.withgoogle.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *