Ebook Cerita untuk Anak Beragam Tema yang Bisa Diunduh Gratis!

Ilustrasi ebook cerita untuk anak

digitalMamaID – Kegiatan membaca buku di era digital juga bisa dinikmati oleh anak-anak. Ebook cerita untuk anak kini tersedia dengan tema yang sangat beragam. Mama bisa mengunduhnya secara gratis dan membacakannya untuk anak-anak!

Membacakan cerita kepada anak adalah salah satu cara efektif yang bisa memperkuat bonding antara orangtua dan anak. Sebuah cara sederhana di mana ibu atau ayah membacakan ulang teks dalam buku dengan suara jelas sambil memainkan intonasi suara disambung dengan mimik wajah yang ekspresif. Cara ini dikenal dengan read aloud (membaca nyaring).

Kegiatan membacakan buku secara nyaring di era digital saat ini sudah semakin variatif. Bukan hanya versi cetak saja, tapi buku elektonik atau ebook (electronic book) pun menjadi alternatif penunjang kegiatan literasi. Berbagai organisasi dan kororasi pun mulai giat melakukan kampanye ramah anak dengan menyediakan kolom khusus cerita anak di website resminya. Berbagai isu penting dikemas menjadi cerita anak yang edukatif serta dipercantik dengan ilustrasi yang menarik.

Selain bekerjasama dengan penulis dan illustrator buku anak, sejumlah lembaga juga memberi wadah bagi para penulis dan ilustrator pemula untuk menerbitkan karyanya secara daring. Ini dia beberapa rekomendasi ebook cerita untuk anak yang bisa diunduh gratis. Buku-buku ini bisa menambah wawasan anak-anak terhadap isu-isu tematik yang ada di Indonesia. Mama bisa memanfaatkan media edukasi digital ini sebagai sarana mengenalkan tema-tema tertentu kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Simak yuk, Mama!

Perlindungan Diri dari Kekerasan Seksual

Ebook Saat Tiara dalam Bahaya terbitan The Body Shop
Ebook “Saat Tiara dalam Bahaya” terbitan The Body Shop

Dalam upaya mendukung edukasi perlindungan diri dan pencegahan kekerasan seksual bagi anak, The Body Shop bekerja sama dengan Yayasan Pulih serta Plan Indonesia menyajikan cerita anak  berjudul Saat Tiara dalam Bahaya dengan format buku digital atau ebook yang bisa diakses di laman www.tbsfightforsisterhood.co.id.

Ebook “Saat Tiara dalam Bahaya” ditulis oleh penulis buku senior Watiek Ideo bersama anaknya Zahara Keisha. Ilustrasinya dibuat oleh Alnurul Gheulia dan Laura Lesmana Wijaya sebagai konsultan bahasa isyarat. Ebook tersebut menceritakan tentang seorang anak perempuan penyandang tunarungu bernama Tiara yang menggunakan bahasa isyarat dalam berkomunikasi sehari-hari. Saat sedang bermain Tiara mendapat perlakukan tidak menyenangkan dari anak-anak lain.  Kemudian dua orang temannya, Sita dan Bima datang membantu Tiara dari bahaya.

Cerita ini dikemas dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Terdapat pula penjelasan penting mengenai jenis-jenis kekerasan, pengenalan bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain, kondisi bahaya yang perlu dihindari oleh anak-anak serta langkah-langkah untuk menghindari bahaya itu sendiri.  Melalui cerita tersebut diharapkan anak-anak tahu apa yang bisa dilakukan untuk menjaga diri saat berada dalam kondisi rawan kekerasan seksual atau saat orang lain menjadi korban. Sebab kekerasan seksual bisa terjadi di mana saja dan oleh siapa saja. Tidak ada ruang aman bagi korban kekerasan seksual, tetapi selalu ada langkah untuk turut mencegahnya terjadi. Salah satunya dengan membacakan cerita ini kepada anak-anak.

Nilai-nilai Integritas

Buku cerita anak yang dibuat KPK
Buku cerita anak yang dibuat KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seperti Mama tahu, merupakan lembaga yang gencar menanamkan nilai-nilai antikorupsi, moral dan integritas sejak dini. Sejak awal berdirinya, secara bertahap KPK konsisten dengan program mewujudkan buku cerita anak antikorupsi. Untuk itu, KPK mengadakan pelatihan bagi penulis dan ilustrator serta bekerjasama dengan penerbit-penerbit lokal Indonesia. Tujuannya agar menghasilkan picture book yang ramah anak dan kaya akan nilai-nilai integritas.

Beberapa buku cerita anak KPK seri terdahulu yang telah terbit yaitu serial Tunas Integritas. Seri ini berisi beberapa cerita tentang usaha anak-anak untuk berani berbuat jujur, bertanggung jawab, dan disiplin. Kemudian cerita fabel dalam serial si Kumbi Aku Anak Jujur. Isinya tentang pengalaman Kumbi seekor kumbang dan temannya Osyi kelinci, Tupi tupai, Bimo beruang, dan Ayi ayam. Mereka bermain dan berpetualang bersama sambil menerapkan kejujuran di kehidupan sehari-harinya.  Dalam seri Kumbi dikenalkan juga satwa khas Indonesia lain sebagai tokoh tambahan. Judul-judul tersebut bisa diakses di portal Pusat Edukasi Antikorupsi https://aclc.kpk.go.id/pustaka/pendidikan# dengan mengetik judul ‘Kumbi’ untuk mempermudah pencarian.

Seiring dengan perkembangan arus digitalisasi, KPK juga bergerak cepat mengupgrade laman buku digitalnya untuk mempermudah pembaca dari semua usia. Lewat portal terbarunya https://bukudigital.kpk.go.id/ KPK menyediakan berbagai jenis buku antikorupsi mulai dari cerita bergambar untuk anak-anak, dunia usaha, panduan pendidikan antikorupsi, hingga politik, dan umum. Laman ini lebih mudah akses membaca dan unduhnya, lho! Direkomendasikan untuk pembaca dari semua kalangan.

Dalam kolom buku antikorupsi untuk anak terdapat  serial terbaru dari KPK yaitu Seri Anak Jujur yang berisi ragam judul dengan tema yang variatif, mulai dari fabel hingga mengenalkan kebudayaan Indonesia. Salah satu cerita berjudul “Batik Rilo”. Cerita ini berisi tentang  seorang anak bernama Rilo yang penasaran ingin mencoba belajar membatik menggunakan kain dan canting milik ayahnya. Hingga tak sengaja Rilo menumpahkan malam ke kain batik  Ayah yang akan ditampilkan dalam sebuah pameran. Akankan Rilo mengaku pada ayahnya?

Mama bisa membaca dan mengunduh cerita pilihan untuk anak-anak lewat dua portal tersebut. Buku ini mengenalkan nilai-nilai antikorupsi lewat cerita bergambar. Kalau mau yang lebih nyaman dibaca dan mudah unduhnya, Mama bisa langsung akses buku digital antikorupsi anak dengan klik https://bukudigital.kpk.go.id/kategori/Anak

Mengenal Rempah Nusantara

Buku Rempah Nusantara
Buku Rempah Nusantara

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Komite Jalur Rempah juga menyajikan platform digital laman Jalur Rempah yang dibuat sebagai media informasi dan pendidikan mengenalkan budaya rempah Nusantara kepada masyarakat. Dengan mengklik laman https://jalurrempah.kemdikbud.go.id/ Mama dapat mengakses kolom-kolom pilihan yang memperlihatkan jalur-jalur budaya rempah, jejak interaksi budaya masa lampau hingga upaya pelestariannya untuk masa depan.

Menyasar generasi muda, situs Jalur Rempah dirancang dalam berbagai bahasa dan dikemas secara menarik. Di dalamnya ada berbagai konten yang meliputi sejarah dan seluk-beluk rempah Nusantara dengan format tulisan, foto, video dan cerita bergambar untuk usia anak dan remaja. Pada kolom ‘Konten > Publikasi’ terdapat berbagai artikel, poster, animasi, cerita bergambar dan komik yang dibuat oleh para pemenang Lomba Karya Budaya Rempah Nusantara. Mengusung tema kekinian supaya mudah dipahami oleh anak-anak hingga orang dewasa situs ini juga menjadi jembatan para kreator muda untuk dapat menerbitkan karyanya secara daring. Karena konten di dalamnya merupakan karya dari para kontributor-kontributor inspiratif Indonesia.

Untuk kategori anak-anak terdapat tiga cerita utama sebagai pemenang dan sepuluh cerita apresiasi yang keseluruhannya dikemas dengan secara ringan dan ilustrasi yang memanjakan mata. Salah satu cerita berjudul “Sultan Kecil Mencari Rempah” berkisah tentang penjelajahan sultan kecil asal Pulau Sumatera berkeliling pulau di Indonesia untuk mencari rempah-rempah sebagai bahan baku membuat Martabak Har yang akan dihidangkan untuk rakyatnya.

Ada juga “Ramuan Mbok Darmi” tentang penelusuran seorang gadis kecil bernama Nilam mencari tahu asal-usul ramuan ‘mencurigakan’ yang selalu dibeli orangtuanya dari seorang nenek bernama Mbok Darmi. Nilam penasaran dengan ramuan rahasia tersebut hingga ia menemukan kebenaran yang membuatnya takjub. Selain itu juga terdapat belasan cerita bergambar lain untuk kategori remaja dengan format komik yang bisa dinikmati mandiri oleh pembaca lanjutan hingga orangtua. Situs cerita bergambar  ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana interaksi orangtua dan media belajar anak-anak mengenal rempah-rempah Indonesia. Cara sederhana melestarikan rempah Indonesia untuk generasi selanjutnya.

Nah, bagaimana Mama? Apa cukup menambah referensi judul cerita tematik untuk anak? Silakan dibaca dan diunduh ya Mama, gratis! Jangan lupa selalu dampingi anak saat mengakses buku digital. Selamat membaca bersama si kecil! [*]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *